15+ Alat Transportasi Tradisional + Modern Lengkap

Berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya adalah suatu kegiatan yang sudah menjadi sifat dari manusia dari zaman dulu. Baik untuk bertahan hidup, melakukan migrasi, maupun hanya sekedar melindungi diri dari serangan musuh.

Zaman dulu, alat transportasi manusia untuk berpindah ke tempat lain hanya dengan berjalan kaki saja. Berjalan kaki tentu akan menempuh perjalanan yang sangat lama dan letih.

Namun dengan perkembangan zaman, manusia saat ini telah menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Manusia membuat sebuah kendaraan yang tentunya mobilitas dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya lebih mudah dan tentunya memiliki waktu tempuh yang lebih cepat.

Berikut ini adalah contoh beberapa alat transportasi baik tradisional maupun modern yang umum digunakan.

 

Alat Transportasi Tradisional

Alat transportasi tradisional merupakan alat transportasi yang lebih banyak ditemukan di pedesaan. Namun di perkotaan juga ada walau tak sebanyak di perkotaan.

Banyak yang mengira jika di Indonesia sudah tidak ada lagi transportasi tradisional seiring dengan peningkatan teknologi yang semakin pesat. Padahal, pada kenyataannya sampai saat ini sebagian kendaraan masih ada dan kerap digunakan masyarakat di daerah tertentu. Apa saja itu?

 

Becak

Alat transportasi tradisional becak

Becak adalah kendaraan tradisional yang sudah menjadi ciri khas di beberapa daerah di Indonesia. Asal mula nama becak berasal dari bahasa Hokkian be chia yang memiliki arti kereta kuda.

Namun di Indonesia sendiri becak digerakan oleh manusia dengan memiliki 2 roda di bagian depan dan 1 roda di bagian belakang. Becak memiliki kapasitas penumpang maksimal 2 orang dewasa.

 

Helicak

Helicak
Sumber gambar : detik.com

Menurut situs iqbalproject.com, Helicak menjadi salah satu kendaraan yang sering digunakan di Jakarta sekitar tahun 1970-an. Sesuai dengan namanya, helicak adalah gabungan dari kata helikopter dan becak karena bentuknya yang mirip dengan gabungan kedua kendaraan tersebut. Kendaraan ini berjalan dengan sebuah mesin skuter vespa.

Baca juga :  7+ Tips Membeli Mobil Bekas agar Tidak Rugi

 

Bentor

Gambar alat transportasi tradisional bentor

Becak adalah kendaraan modifikasi dari yang merupakan gabungan dari becak dengan motor. Jika helicak adalah kendaraan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Jakarta pada saat itu.

Berbeda dengan bentor yang hanya dibuat oleh bengkel pribadi. Perbedaan selanjutnya adalah pada mesinnya, jika helicak menggunakan mesin vespa, bentor menggunakan mesin motor Jepang.

 

Sepeda Ontel

Gambar alat transportasi darat tradisional

Sepeda Ontel sudah menjadi salah satu kendaraan utama masyarakat Indonesia sejak jaman penjajahan. Ketika awal penemuannya, sepeda ini belum memiliki pedal dan masih diayun dengan menggunakan kaki.

Untuk saat ini, memang sudah sangat jarang orang yang menggunakan sepeda ontel, tapi kendaraan ini banyak dicari oleh para kolektor barang-barang antik.

 

Delman

15+ Alat Transportasi Tradisional + Modern Lengkap 1

Delman adalah kendaraan berkuda yang banyak ditemukan di wilayah Jawa Timur hingga Jawa Tengah. Delman memiliki roda dua atau tiga yang ditarik oleh seekor kuda. Menurut situs iqbalproject.com, delman diciptakan oleh seorang insinyur dari Belanda yang bernama Charles Theodore Deeleman.

 

Dokar

Seperti halnya delman, dokar adalah salah satu kendaraan yang dibantu oleh seekor kuda untuk menjalankannya. Walaupun memiliki kemiripan dengan delman, dokar memiliki perbedaan pada ukuran bentuk ruang penumpangnya. Dokar memiliki kapasitas angkut penumpang yang lebih lebar dibandingkan dengan delman.

 

Andong

15+ Alat Transportasi Tradisional + Modern Lengkap 2
Sumber gambar : youtube.com

Andong adalah salah satu alat transportasi pada zaman dulu yang menjadi ciri khas kerajaan Jawa, khususnya pada Yogyakarta dan Solo. Perbedaan andong dengan delman atau dokar terdapat pada banyak rodanya.

Jika delman atau dokar hanya memiliki 2 roda saja, andong memiliki 4 roda pada bagian penumpangnnya. Andong pun biasanya menggunakan 2 ekor kuda untuk menjalankannya.

 

Cidomo

15+ Alat Transportasi Tradisional + Modern Lengkap 3

Cidomo adalah kendaraan khas pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat yang menggabungkan antara kereta kuda dan ban mobil. Cidomo sendiri adalah singkatan dari 3 kendaraan lainnya, yaitu cikar (kereta), dokar (kereta kuda), dan motor (mobil).

 

Pedati

Pedati
Sumber gambar : detiktravel

Pedati adalah sebuah kendaraan yang berbentuk gerobak yang dijalankan oleh seekor kuda, kambing, hingga sapi. Di Indonesia sendiri, pedati banyak digunakan untuk mengangkut bahan-bahan pertanian seperti padi, kelapa sawit, dan masih banyak lagi.

Baca juga :  Bukan Cuma Soal Gaya, Berikut 6 Manfaat Potong Rambut Kepala

 

Rakit

15+ Alat Transportasi Tradisional + Modern Lengkap 4

Rakit adalah kendaraan tradisional yang tersusun dari beberapa bambu atau kayu untuk digunakan menyeberangi sungai. Kendaraan ini masih banyak ditemukan di pedesaan yang masih memiliki sungai dan belum ada akses jalan yang memadai. Untuk mengendalikan kendaraan ini, anda harus menggunakan tongkat kayu yang cukup panjang dan kuat.

 

Alat Transportasi Modern

Sementara itu alat transportasi modern, sudah pasti sering anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk sepeda motor atau mobil yang anda gunakan saat ini juga termasuk golongan alat transportasi berbasis modern.

Alat transportasi yang satu ada di darat, laut, maupun udara. Berikut ini beberapa contoh yang sering kita temukan dan sering menggunakannya sehari-hari.

 

Sepeda Motor

Alat transportasi modern sepeda motor

Sepeda motor pertama kali dibuat di Jerman pada tahun 1885 oleh seorang ahli mesin, yaitu Gottlieb Daimler. Menurut situs mantabz.com, pada awalnya sepeda motor memiliki 4 roda penggerak seperti halnya roda sepeda pada anak-anak.

Seiring perkembangan zaman, bentuk dari sepeda motor menjadi lebih ramping dengan menggunakan 2 roda saja. Ada banyak macam-macam sepeda motor yang biasa kita temukan, salah satunya adalah motor vespa.

 

Mobil

Alat transportasi modern mobil

Mobil adalah perkembangan dari kendaraan beroda sebelumnya, yaitu sepeda motor. Mobil memiliki tenaga mesin yang lebih besar dan dapat ditumpangi oleh lebih banyak penumpang.

Mobil pun memiliki atap untuk tempat berlindung dari cuaca ekstrim. Untuk menjalankannya, mobil membutuhkan bensin atau solar sebagai bahan bakar minyak nya.

 

Baca juga : tempat beli mobil terpercaya.

 

Kereta Api

15+ Alat Transportasi Tradisional + Modern Lengkap 5

Walaupun telah digunakan dari zaman dulu, kereta api termasuk dalam kendaraan modern, terlebih saat ini kereta api menjadi salah satu kendaraan transportasi massal yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk bepergian jarak jauh maupun dekat. Namun, Kereta api harus memiliki rel sebagai media media menjalankannya yang membuat kendaraan ini tidak fleksibel.

 

Pesawat Terbang

15+ Alat Transportasi Tradisional + Modern Lengkap 6
dok.pribadi

Dibuat oleh Orville Wright dan Wilbur Wright pada tahun 1903, saat ini pesawat terbang telah menjadi salah satu kendaraan modern yang paling banyak digunakan oleh semua orang di seluruh dunia untuk bepergian jarak jauh. Dengan menggunakan pesawat bahkan anda bisa pergi ke belahan dunia lainnya.

Baca juga :  Apa Itu Vespa dan Penjelasan Lengkap

 

Bus

15+ Alat Transportasi Tradisional + Modern Lengkap 7
Gambar via inews

Bus menjadi alternatif kendaraan untuk bepergian jarak jauh karena memiliki biasa yang lebih murah dibandingkan dengan pesawat. Walaupun memiliki waktu tempuh yang lebih lama, bus tetap menjadi salah satu kendaraan modern yang paling banyak digunakan. Tidak hanya untuk bepergian jarak jauh, bus pun dapat digunakan untuk jarak dekat, seperti bus kota.

 

Kapal Laut

15+ Alat Transportasi Tradisional + Modern Lengkap 8

Untuk transportasi yang menyebrangi pulau-pulau, kapal laut menjadi salah satu pilihannya. Zaman dulu, kapal laut hanya dapat menyeberangi beberapa pulau saja dan hanya melayani jarak dekat saja. Namun saat ini kapal laut menjadi lebih modern dan dapat menempuh jarak jauh, bahkan dapat menyebrangi benua.

 

Helikopter

15+ Alat Transportasi Tradisional + Modern Lengkap 9

Menurut situs wikipedia, helikopter terbang pertama kali pada tahun 1907 dan orang pertama yang menerbangkannya adalah Breguet-Richet. Helikopter memiliki cara kerja seperti pesawat dengan memanfaatkan baling-baling sebagai alat untuk menerbangkannya.

Perbedaanya, helikopter memiliki baling-baling yang terdapat di bagian atas dan ruang penumpangnya pun lebih kecil.

 

Scooter

Scooter adalah bentuk modifikasi yang lebih modern dari sepeda motor. Scooter memiliki ukuran yang lebih simpel dan memiliki mesin yang terletak di bagian belakang kendaraan.

Berbeda dengan sepeda motor konvensional yang letak mesinnya pada bagian tengah. Scooter pun memiliki ukuran roda yang lebih kecil dibandingkan dengan sepeda motor, yaitu 16 inci.

 

Sepeda Listrik

Sepeda listrik adalah yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang karena ramah lingkungan dan terdapat motor listrik sebagai alat bantu geraknya. Walaupun memiliki motor listrik sebagai alat penggeraknya, seperti halnya sepeda kendaraan ini pun menyediakan pedal sebagai alternatif alat penggeraknya.

 

Dengan perkembangan zaman tentunya alat transportasi pun terus akan berkembang mengikuti tuntutan manusia. Jika anda lahir pada awal tahun 90an, pasti merasakan perubahan yang cukup drastis dari beberapa kendaraan dari segi fasilitas maupun fungsinya.

Tinggalkan komentar