Apa Itu Coworking Space dan Manfaatnya Lengkap

Tahukah Anda apa itu Coworking Space? Atau Anda baru saja mendengar istilah ini? Sebagai seorang pebisnis, Anda wajib mengetahui istilah ini bahkan sebisa mungkin harus memilikinya.

Di era teknologi yang maju seperti saat ini, Coworking Space mulai berkembang pesat di seluruh belahan dunia. Tak terkecuali untuk wilayah Asia, yang mana pada tahun 2017 industri Coworking Space tumbuh sekitar 15%.

Kini Coworking Space banyak digunakan oleh para enterpreneur dan juga startup untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan bisnis. Untuk mengetahui lebih jauh tentang Coworking Space, mari simak konten ini hingga selesai.

 

Apa Itu Coworking Space?

Apa Itu Coworking Space dan Manfaatnya Lengkap 1

Coworking Space berasal dari bahasa Inggris yang artinya ‘ruang kerja bersama’. Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan ruang bekerja yang dapat digunakan bersama-sama.

Konsep Coworking Space open space atau transparency, membuat setiap individu yang ada di dalamnya bisa lebih aktif dalam berinteraksi. Selain itu fasilitasnya juga sangat mendukung produktivitas kerja sehingga siapapun tidak pernah bosan bekerja dari tempat ini.

Coworking Space adalah tempat terbaik untuk bekerjasama dan berkolaborasi. Tak harus startup atau perusahaan yang menggunakan Coworking Space, seorang freelancer pun bisa memakainya jika membutuhkannya untuk melakukan kerjasama dengan freelancer yang lainnya.

Biasanya fasilitas Coworking Space yang wajib ada antara lain yaitu kantor pribadi, ruang rapat, ruang acara, ruang komunal, pantry, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semakin lengkap fasilitasnya tentu semakin bagus karena dapat menunjang keberhasilan bisnis atau pekerjaan seseorang.

 

Sejarah Coworking Space

Sejarah Coworking Space
Schraubenfabrik, Coworking Space pertama di dunia

Coworking Space pertama kali hadir di dunia berada di Wina, Austria dengan nama Schraubenfabrik. Coworking tersebut didirikan oleh Stefan Leitner-Sidl dan Michael Pöll pada tahun 2002.

Karena hal itulah, membuat Coworking buatan Stefan dan Michael ini disebut sebagai Mother of Coworking Space.

Sementara itu, di Indonesia tidak diketahui secara pasti kapan pertama kali Coworking Space dibuat. Namun kuat dugaan, pertama kali ada di Bandung pada tahun 2010, dan lama kelamaan Coworking Space mulai tumbuh menjamur dan digunakan oleh para enterpreneur, freelancer, maupun investor Indonesia.

Saat ini, hampir di setiap provinsi sudah memiliki Coworking Space yang bisa Anda sewa sesuai dengan kebutuhan.

 

Baca itu : apa itu virtual office dan manfaatnya.

 

Manfaat Coworking Space

Apa Itu Coworking Space dan Manfaatnya Lengkap 2

Hadirnya Coworking Space memberikan banyak benefit bagi siapapun yang menggunakannya. Bukan hanya sebagai tempat untuk bekerja saja, berikut ini manfaat lain dari Coworking Space

 

Menambah Relasi

Pada dasarnya, Coworking Space tidak harus dipakai kelompok dalam satu organisasi atau satu komunitas saja, tetapi bisa juga digunakan beberapa komunitas secara bersamaan. Ini menjadi langkah awal bagi Anda untuk meningkatkan relasi atau pertemanan.

Karena bagaimanapun juga, dalam hidup punya banyak relasi sangat menguntungkan. Anda bisa mudah mendapatkan pekerjaan atau mengembangkan bisnis menjadi lebih maju.

Selain itu, Anda juga bisa bertukar pikiran sehingga pengetahuan dan wawasan bisa terupgrade dengan sendirinya melalui diskusi-diskusi yang sehat.

Tak hanya itu saja, pertemuan-pertemuan yang terjadi bukan tidak mungkin bisa menghasilkan ide-ide cemerlang yang berhubungan dengan bisnis ataupun hal lainnya.

 

Baca juga : kekurangan Coworking Space.

 

Lebih Hemat Biaya

Dibandingkan sewa kantor untuk keperluan rapat atau sekedar diskusi, lebih baik sewa Coworking Space saja karena tarifnya yang jauh lebih mudah. Biasanya, tarifnya hanya 1,5 juta hingga 1,6 juta saja per bulannya.

Tentu pengeluaran ini bisa menghemat bagi Anda yang ingin membangun usaha. Membuat modal yang dikeluarkan bisa diminimalisir sehingga keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar.

 

Bekerja Lebih Nyaman

Teruntuk Anda yang memakai Coworking Space untuk bekerja, jelas sekali tempat ini membuat Anda bekerja lebih nyaman. Tidak seperti saat bekerja di kantor yang harus berdesakan dengan karyawan lainnya.

Di Coworking Space, jumlah pekerja biasanya tidak terlalu banyak. Selain itu, fasilitas dan suasananya yang apik membuat siapapun tidak pernah merasa bosan bekerja dalam waktu lama di sana.

 

Baca juga : jasa pendirian perusahaan terbaik dan terpercaya.

 

Demikian penjelasan lengkap mengenai apa itu Coworking Space dan manfaatnya bagi para penggunanya. Semoga bermanfaat dan bisa meningkatkan pengetahuan Anda.

Tinggalkan komentar