Apa Itu Vespa dan Penjelasan Lengkap

Apa itu vespa? Vespa adalah motor berjenis skuter yang berasal dari Italia dengan perusahaan induknya adalah Piaggio. Di Indonesia sendiri, Vespa memiliki kompetitor yang juga memproduksi motor berjenis skuter lainnya, yaitu Lambretta.

Tapi untuk saat ini, Vespa dapat dikatakan sudah menguasai pasar motor skuter di Indonesia karena Lambretta sendiri sudah tidak memproduksi motornya disini.

Walaupun penggunaan motor skuter Vespa saat ini sudah tidak sebanyak zaman dulu ketika awal masuknya di Indonesia, para kolektor motor-motor antik dan penggemar setia Vespa masih mencari untuk sekedar menjadi koleksi.

Untuk memahami lebih jelas apa itu Vespa, berikut adalah beberapa penjelasan dari sejarah hingga cara merawatnya.

 

Baca juga : Jenis-jenis Vespa yang populer.

 

Sejarah Vespa

Sejarah vespa

Awal dari munculnya Vespa dimulai pada tahun 1884 dengan Piaggio sebagai perusahaan yang membuatnya pertama kali. Piaggio sendiri adalah awalnya sebuah perusahaan yang didirikan oleh Rinaldo Piaggio dan berkecimpung di industri peralatan kapal.

Namun semakin berkembangnya perusahaan tersebut, Piaggio juga memproduksi peralatan perang untuk sektor penerbangan dan kereta api. Dan ketika berakhirnya perang dunia, sektor usaha dari perusahaan Piaggio menjadi lesu.

Dan harus menyesuaikan diri terhadap perubahan kondisi ekonomi dan kebutuhan sebagian besar orang di saat masa damai. Saat ini lah Enrico Piaggio, anak dari Rinaldo Piaggio, terjun langsung ke perusahaan untuk membuat sebuah inovasi.

Ia menciptakan sebuah alat transportasi yang dapat digunakan oleh pria maupun wanita dengan harga yang murah dan penggunaan bahan bakar yang irit. Di tahun 1944, engineer dari Piaggio mulai merancang sebuah contoh kendaraan yang dinamakan MP5.

Karena dinilai memiliki bentuk body yang terlalu besar dan cukup berat, D’Ascanio seorang engineer ditugaskan untuk merancang ulang MP5.

Baca juga :  15+ Alat Transportasi Tradisional + Modern Lengkap

Karena kemampuan dasar dari D’Ascanio adalah engineer pesawat terbang, Ia membuat sebuah kendaraan skuter mesin 98 cc dengan frame yang menyatu dengan menggunakan swing arm di bagian depan yang memudahkan penggunanya untuk mengganti ban.

Body dari skuter tersebut terbuat dari bahan metal yang berfungsi untuk melindungi kaki pengemudinya.
Akhirnya D’Ascanio membuat sebuah lanjutan prototype yang dinamakan MP6 di bulan September 1945 dan terus dikembangkan hingga bulan april 1946.

Enrico Piaggio yang saat itu telah menjadi pemimpin dari perusahaan Piaggio sangat senang dengan hasil perkembangan prototype yang dibuatnya. Ia pun akhirnya menamakan prototype nya tersebut dengan nama Vespa yang dalam bahasa Italia artinya “tawon”.

 

Baca juga : model model vespa dari masa ke masa.

 

 

Kelebihan Vespa

Selain karena nilai sejarahnya, Vespa juga memiliki beberapa kelebihan yang menjadi ciri khas dari alat transportasi yang satu ini.

Ciri khas ini menjadi nilai lebih yang menjadi daya tarik sebagian besar orang untuk menggunakan atau saat ini hanya sekedar mengoleksi Vespa sebagai barang antik. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki Vespa.

 

Desain Vespa

Salah satu kelebihan dan telah menjadi ciri khas dari Vespa adalah desain body yang dimilikinya. Jika dibandingkan dengan motor lain, Vespa memiliki desain body yang sangat berbeda dan unik. Vespa memiliki bentuk seperti tawon yang mengecil pada bagian tengah hingga belakang body nya.

Dengan body unik yang dimilikinya ini pun memberikan pengalaman yang berbeda dalam mengemudikan Vespa. Walaupun sebagian besar bikers memilih Vespa karena tertarik dengan performa mesin nya, tidak jarang mereka pun tertarik dengan body khas yang dimiliki oleh Vespa.

 

Baca juga : mengapa harus Vespa?

 

Mesin Vespa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, banyak bikers yang memilih menggunakan Vespa karena performa mesinnya yang menakjubkan. Berbeda dengan motor skuter lain, mesin Vespa memiliki sistem kerja yang cukup sederhana.

Baca juga :  Bukan Cuma Soal Gaya, Berikut 6 Manfaat Potong Rambut Kepala

Jika sudah terbiasa menggunakannya, tidak susah untuk memahami mekanisme cara kerjanya. Selain itu, mesin Vespa pun cukup bandel dan kuat dibandingkan mesin skuter lainnya.

Mesin Vespa pun dikenal memiliki tarikan yang kuat dan juga spontan, membuat kendaraan ini cocok untuk digunakan jalan santai maupun mengebut.

Karena sistem transmisinya yang tanpa rantai, Vespa juga handal dalam melewati tanjakan. Selain itu mesin Vespa juga memiliki sebuah pendingin agar suhu ketika pemakaian lebih stabil.

 

Suku Cadang

Walaupun termasuk dalam kendaraan yang cukup tua, suku cadang Vespa baik yang original maupun yang repro (KW) masih sangat mudah untuk ditemukan. Menurut situs carmudi.co.id, di daerah Bandung suku cadang dengan kondisi repro masih sangat banyak diproduksi.

Namun terdapat beberapa model seperti Corsa atau small frame yang masih sulit untuk didapatkan suku cadang nya yang original maupun yang repro.

 

Kekurangan Vespa

Dibalik kelebihan yang dimilikinya, Vespa pun juga memiliki beberapa kekurangan walaupun tidak memiliki pengaruh yang besar. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang terdapat didalam motor Vespa.

 

Tidak Memiliki Standar Komponen

Berbeda dengan motor jaman sekarang yang memiliki standar di dalam beberapa komponennya, motor Vespa terutama Vespa klasik tidak memilikinya standar-standar tersebut. Contohnya seperti standar pengisian angin di ban.

Contoh lainnya seperti standar sistem pengapian yang terdapat di dalam mesinnya, terutama mesin Vespa yang masih menggunakan platina.

 

Penggantian Kopling

Karena lokasi mangkok kopling berada di dalam ban belakang, ketika ingin mengganti kampas kopling anda harus membuka ban belakang terlebih dahulu. Hal ini tentunya membuat proses penggantian menjadi lebih rumit dan memakan waktu yang lebih lama.

 

Rentan Karat

Karena material body nya yang full dari bahan besi, tentunya akan membuat motor Vespa menjadi rawan berkarat. Vespa yang memiliki karat pada bagian body nya tentu akan merusak tampilan dan mengurangi estetika dari Vespa itu sendiri.

Baca juga :  5+ Keunggulan TV LED daripada TV Lainnya

Walaupun karat pada body dapat diatasi dengan melakukan pengecatan, namun hal ini akan mengubah orisinalitas dari Vespa.

 

Cara Merawat Vespa

Apa Itu Vespa dan Penjelasan Lengkap 1

Setelah anda mengetahui apa itu Vespa dari segi sejarah hingga kelebihan dan kekurangannya, saat ini anda harus memahai cara merawat sebuah Vespa.

Vespa memiliki beberapa trik perawatan agar memiliki umur yang cukup lama dan tetap memiliki performa mesin yang berkualitas. Berikut ini adalah beberapa cara merawat Vespa yang dapat anda lakukan.

 

Menggunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Agar kinerja mesin Vespa tetap terjaga, anda bisa menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan tinggi seperti, pertamax atau Shell Super.

Jika anda menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan rendah, dikhawatirkan akan meninggalkan banyak sisa-sisa komponen pembakaran yang jika menumpuk dalam waktu lama akan mengganggu kinerja mesin.

 

Menggunakan Oli Samping yang Berkualitas

Untuk motor Vespa terutama yang memiliki umur cukup tua, disarankan menggunakan oli samping dengan kualitas bahan aditif yang cukup tinggi. Oli samping yang memiliki bahan aditif rendah akan meninggalkan kerak pada bagian ruang oli samping.

Anda pun harus memahami oli samping yang cocok untuk Vespa anda karena setiap motor vespa memiliki penggunaan oli samping dengan jenis yang berbeda-beda.

 

Merawat accu

Anda perlu untuk melakukan pengecekan kondisi air accu secara rutin minimal sebulan sekali. Pasalnya ketika mesin dinyalakan, suhu air accu akan memanas dan menguap sehingga terjadi penumpukan yang dapat menyebabkan terbentuknya karat.

Untuk merawatnya, anda perlu membersihkan kepala accu sesering mungkin dan jika anda tidak menggunakan Vespa dalam waktu yang lama, lebih baik accu dilepas saja.

 

Setelah memahami Vespa dari sejarah hingga cara merawatnya, diharapkan anda mendapat pengetahuan lebih tentang apa itu Vespa. Vespa jika dirawat dengan baik akan memiliki nilai yang cukup tinggi untuk dijual kembali sebagai barang antik.

Tinggalkan komentar