Apa Itu Virtual Office dan Manfaatnya yang Luar Biasa

Bagi setiap pebisnis, sudah barang tentu sangat menginginkan bisnisnya bisa sukses dan berkembang. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan membangun perusahaan.

Namun masalahnya, tidak adanya kantor atau tempat yang dijadikan tempat bekerja menjadi penghalang tersendiri. Padahal, kantor merupakan salah satu prasyarat penting untuk bisa mengajukan legalitas perusahaan.

Dan hal itu juga menjadi sesuatu yang mematahkan semangat pebisnis untuk bisa jauh lebih berkembang. Bahkan stagnan sampai di situ-situ saja.

Sebenernya tanpa punya kantor fisik pun, Anda sangat memungkinkan untuk mendirikan perusahaan. Salah satunya adalah dengan menyewa virtual office yang nantinya akan saya bahas pada konten berikut ini

 

Apa Itu Virtual Office?

Apa Itu Virtual Office dan Manfaatnya yang Luar Biasa 1

Virtual Office atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kantor virtual merupakan sebuah kantor yang tidak memerlukan tempat fisik, tetapi juga bisa berada di dunia maya.

Atau dalam arti lain, seseorang bisa bekerja di mana saja secara daring. Bahkan hanya dari dalam rumah saja, asal memiliki peralatan seperti laptop ataupun komputer.

Kantor virtual diciptakan untuk tujuan efesiensi kerja dan pengurangan biaya terutama biaya pembangunan bangunan kantor yang tentu akan menelan banyak biaya. Dan saat ini, sudah mulai banyak perusahaan startup menerapkan

Tak hanya startup saja, pelaku UKM dan UMKM juga sangat terbantu dengan adanya teknologi virtual office ini. Bekerja mudah dan nyaman dari mana aja.

 

Cara Kerja Virtual Office

Cara kerja virtual office

Pada dasarnya, virtual office adalah kantor hanya saja tidak nyata dan dapat digunakan oleh siapa saja. Kantor virtual itu bisa Anda buat sendiri di rumah atau menyewanya di tempat-tempat tertentu.

Tentu Anda tidak bisa sembarangan menyewa, ada durasi waktu yang harus diikuti karena harus bergantian dengan penyewa lainnya. Biasanya ruangan yang bisa disewa adalah ruang aula karena cukup luas.

Selain itu, tempat juga harus memiliki banyak meja, kursi, colokan listrik, serta koneksi internet yang memadai. Akan lebih baik lagi jika virtual office yang Anda sewa punya mesin printer, mesin fotocopy, hingga proyektor

Jadi, kalau Anda butuh virtual office bisa dengan menyewa atau membuat kantor virtual sendiri di dalam rumah untuk menghemat biaya.

 

Manfaat Virtual Office Bagi Pebisnis Maupun Karyawan

Apa Itu Virtual Office dan Manfaatnya yang Luar Biasa 2

Bagi seorang pengusaha atau pebisnis, sudah pasti kehadiran kantor virtual mendatangkan banyak sekali benefit. Tak hanya itu, karyawan pun juga bisa merasakan manfaatnya.

Apa saja itu? Berikut penjelasan selengkapnya untuk Anda

 

Menciptakan Lingkungan yang Bersih

Tidak ada lagi cerita kantor yang penuh dengan sampah. Karena bos maupun karyawan tidak perlu datang ke kantor yang sangat mungkin kotor karena hal-hal tertentu.

Tak hanya itu saja, adanya virtual office juga dapat meminimalisir polusi udara. Pasalnya, Anda tak perlu keluar naik kendaraan pribadi untuk pergi ke kantor. Kualitas udara pun jadi lebih sehat.

 

Waktu dan Tempat yang Fleksibel

Keuntungan virtual office lainnya adalah penggunaan waktu dan tempat yang jauh lebih fleksibel. Anda bisa memangkas waktu perjalanan sehingga bisa langsung fokus bekerja secara virtual.

Anda bisa bekerja kapan pun dan dimana pun tanpa harus bingung terjebak kemacetan jalanan. Berbekal adanya virtual office, melakukan pekerjaan kantor juga bisa sambil melakukan pekerjaan lainnya. Menarik bukan?

 

Menghemat Pengeluaran

Manfaat kantor virtual berikutnya yaitu dapat menghemat pengeluaran. Salah satu yang paling terasa adalah pengeluaran untuk sewa bangunan atau mendirikan bangunan.

Jelas, harga laptop atau komputer jauh lebih terjangkau dibandingkan jika Anda harus menyewa bangunan untuk kebutuhan kantor. Apalagi membangun dari 0, biaya yang harus digelontorkan jauh lebih besar.

Saat ini, banyak sekali jasa sewa virtual office di Indonesia. Tentu saja, tarifnya berbeda dengan sewa kantor fisik yang jauh lebih murah namun Anda bisa mendapatkan fasilitas yang premium.

 

Meningkatkan Kepercayaan

Jangan salah, meski Anda tidak memiliki kantor maupun perusahaan sendiri bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan kepercayaan dari calon klien. Asal mempunyai virtual office, kepercayaan atas bisnis Anda juga bisa meningkat.

Apalagi di zaman sekarang, virtual office bukanlah sesuatu yang asing. Jadi, bukan sesuatu yang mustahil calon klien bakal melirik dan siap bekerja sama dengan Anda.

 

Baca juga : kekurangan virtual office.

 

Demikian penjelasan lengkap mengenai apa itu virtual office, cara kerjanya, dan manfaatnya bagi pebisnis. Sekarang berbisnis dan bekerja tak perlu bingung tempat lain, semua bisa dikerjakan dari mana saja sesuka hati.

Tinggalkan komentar