7+ Aplikasi Belajar Coding Gratis di Android

Untuk belajar coding, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Biasanya, orang yang baru lulus sekolah akan mendaftar kuliah jurusan teknik informatika atau sistem informasi untuk belajar coding.

Akan tetapi, namanya juga daftar kuliah pasti ada seleksinya dan belum tentu diterima. Dari sekian banyak calon mahasiswa mendaftar, biasanya hanya sedikit yang diterima.

Nah bagi kamu yang ingin belajar pemrograman lewat perguruan tinggi gagal karena tak lolos seleksi, tidak perlu berkecil hati. Karena masih banyak jalan lain untuk mendapatkan ilmu ini, salah satunya dengan cara otodidak.

 

Aplikasi Belajar Coding Gratis di Android

7+ Aplikasi Belajar Coding Gratis di Android 1
Ilustrasi coding

Untuk mempelajari pemrograman atau coding, kamu bisa melakukannya dari mana saja termasuk di rumah. Hanya berbekal smartphone dan kuota internet saja, kamu bisa langsung belajar tanpa ada biaya langganan.

Caranya yaitu menggunakan aplikasi belajar coding di android yang akan aku rekomendasikan berikut ini. Yuk, disimak

 

Mimo

7+ Aplikasi Belajar Coding Gratis di Android 2
Sumber gambar : channel youtube Mimo

Mimo adalah sebuah aplikasi coding di HP yang bisa dipelajari oleh seorang pelajar. Beberapa bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari lewat aplikasi ini adalah Python, JavaScript, dan HTML.

Mimo telah digunakan oleh jutaan pelajar dan pernah mendapatkan penghargaan dari google play sebagai aplikasi peningkatan diri terbaik tahun 2018. Tak masalah kalau kamu sangat pemula di bidang ini, karena pada dasarnya aplikasi ini cocok dipakai semua orang termasuk yang tidak berpengalaman sekalipun.

Selain bisa belajar dan latihan, lewat aplikasi ini kamu bisa mendapatkan sertifikat sebagai bukti keahlian. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat bertemu dengan komunitas sehingga memperluas jaringan.

 

Programming Hub

7+ Aplikasi Belajar Coding Gratis di Android 3

Aplikasi belajar coding gratis selanjutnya adalah Programming Hub. Melalui aplikasi ini, HTML, JavaScript, C, C++, C#, Java, dan pemrograman lainnya bisa kamu pelajari secara gratis.

Programming Hub adalah aplikasi coding terbaik. Sudah diakui oleh aselerator dan launchpad Google. Dan pembuatannya memang didasarkan pada hasil penelitian dan kolaborasi dengan pakar Google, sehingga menghasilkan aplikasi yang sangat berguna.

Ada lebih dari 5000 contoh program yang bisa dipelajari. Semua kode-kode tersebut langsung dapat dipelajari dalam satu genggaman saja.

Kalau kamu tertarik, tersedia juga versi premiumnya. Belajar pemrograman tidak lagi membutuhkan data internet dan tidak ada iklan yang mengganggu.

 

Coding.ID

7+ Aplikasi Belajar Coding Gratis di Android 4

Ingin belajar coding dengan cara seru? Jawabannya adalah Coding.ID. Karena lewat aplikasi ini, kamu bisa langsung belajar bareng ahli dan pecinta teknologi yang lainnya.

Bukan hanya belajar saja, bahkan kamu bisa mengikuti event-event tertentu untuk meningkatkan ilmu, wawasan, dan juga pendapatan.

Coding.ID  bukan hanya tempat belajar coding saja, melainkan kamu juga bisa memperoleh pundi-pundi uang. Caranya yaitu dengan menyebarkan referal supaya orang lain belajar juga lewat aplikasi ini.

 

CuriousJr

7+ Aplikasi Belajar Coding Gratis di Android 5

CuriousJr adalah aplikasi belajar coding untuk anak. Lebih khususnya, ditujukan kepada anak-anak yang saat ini masih duduk di bangku kelas 6 sampai kelas 12.

Karena ini untuk anak, tentu saja sangat mudah dipelajari. CuriousJR benar-benar mengajarkannya dari dasar sehingga anak-anak mudah memahaminya.

Anak dapat mempelajari konsep pemrograman melalui video animasi sehingga lebih menarik. Selain tersedia di smartphone, aplikasi ini juga tersedia di iPhone.

 

Baca juga : aplikasi belajar nulis untuk anak.

 

Sololearn

7+ Aplikasi Belajar Coding Gratis di Android 6

Salah satu aplikasi belajar coding gratis yang cukup populer adalah Sololearn. Melalui aplikasi yang satu ini, kamu bisa mempelajari berbagai bahasa pemrograman populer seperti Python, SQL, Go, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sololearn telah meraih banyak sekali aplikasi salah satunya adalah pemenang Pendidikan Tinggi Teknologi dan Pembelajaran 2021. Tak cukup sampai di situ saja, aplikasi ini juga menjadi salah salah pilihan editor google play 2018.

Siapapun bisa belajar code lewat Sololearn. Tak peduli itu pemula maupun profesional dan yang pasti kamu tidak dipungut biaya sepeserpun.

 

DataCamp

7+ Aplikasi Belajar Coding Gratis di Android 7

Datacamp, salah satu pilihan terbaik untukmu belajar berbagai pengkodean (Pthon, SQL, R, dan sebagainya). Bahkan juga termasuk ilmu data dan analitik.

Ukuran aplikasi ini sangat ringan yaitu hanya 8,9 MB saja. Dirancang khusus di seluler untuk memberikan pengalaman terbaik bagi siapapun yang menggunakannya.

Kamu yang ingin belajar coding dengan materi berkualitas namun tetap menyenangkan? DataCamp adalah jawabannya. Selain itu ada juga fitur latihan untuk menguji kemampuan coding kamu.

 

Grasshopper

7+ Aplikasi Belajar Coding Gratis di Android 8

Aplikasi belajar code yang satu ini adalah buatan google dan telah diunduh lebih dari lima juta pengguna di google play store. Setiap harinya selama lima menit, kamu dapat belajar coding secara gratis.

Jangan salah, meski hanya belajar 5 menit dalam sehari saja dengan metode pembelajaran yang menarik membuatmu jadi lebih mudah dalam mempelajarinya. Ada sedikit permainan teka teki visual yang dapat melatih keterampilan dan pemecahan masalah mengenai pengkodean.

Aplikasi Grasshopper pernah mendapatkan penghargaan sebagai aplikasi kategori Edtech (edukasi teknologi) terbaik tahun 2018. Jadi, kamu wajib mencobanya.

 

Programming Hero

7+ Aplikasi Belajar Coding Gratis di Android 9

Programming Hero juga merupakan aplikasi belajar coding gratis di android yang sangat menyenangkan digunakan oleh semua orang. Pasalnya lewat aplikasi ini, kamu tidak hanya bisa ngoding saja, tetapi juga bermain game coding sehingga memberikan keseruan tersendiri.

Game coding bisa melatih sekaligus meningkatkan kemampuan kamu dalam memahami kode-kode pemrograman. Bukan hanya game, Programming Hero juga menyediakan kuis menyenangkan juga untuk meningkatkan kemampuan coding kamu.

Tak cukup sampai disitu saja, kamu juga dapat mengembangkan proyek seperti website bahkan tanpa terhubung dengan koneksi internet alias secara offline.

 

Baca juga : aplikasi belajar berhitung. 

 

Itulah dia berbagai rekomendasi aplikasi belajar coding di android yang bisa kamu gunakan. Aplikasi-aplikasi di atas sangat cocok bagi kamu yang niat belajar pemrograman tapi belum punya laptop atau komputer. Sekian dan semoga bermanfaat

11 pemikiran pada “7+ Aplikasi Belajar Coding Gratis di Android”

  1. Wah baru tahu saya ada beberapa aplikasi yang bisa bikin kita belajar coding secara mandiri. Andai saya punya banyak waktu senggang, kayaknya kepengen coba juga.

  2. Dari list di atas hanya tau M1M0 dan Grashhopper nya Google. Menarik banget, jadi pengen lebih mendalami kembali hal-hal yang berbau Coding, sepertinya menarik dan kini jauh lebih mudah karena sudah banyak aplikas mobile yang bisa membantu dan mengakomodir Kita

    Terimakasih banyak untuk sharing informasinya

  3. Programming Hub itu adik aku pernah coba belajar, kurang tahu perkembangannya kayak apa sekarang. Katanya cukup mudah diikuti. Aku tim yang belajar di Grashoper tapi masih enggak konsisten dan enggak paham-paham 😭

  4. Keren ini! Aplikasi2 belajar coding yang seru dan ada latihan2nya juga. AKu pun memang belum mengerti coding beginian hihihi 😀 Padahal kalau ada niat dan waktu luang bisa kita manfaatkan untuk menambah ilmu ya. Makasih infonya, nanti ceki2 lebih lanjut.

  5. Seru juga ya belajar coding dulu pernah belajar dan dijadwalkan padat merayap, kepala jadi berasap heheh semoga nanti makin enjoy ikut ini

  6. aku sendiri masih agak belum paham kalo mau belajar coding nih.. kayaknya kurang besar niatnya haha tapi kalo ada aplikasi belajar gratis gini pasti memudahkan banget yaa buat temen2 yang minat belajar terutama buat pemula

Tinggalkan komentar