6 Aplikasi Belajar Sejarah Indonesia dan Dunia Lengkap

Ada suatu ungkapan yang menyatakan “Jas Merah”, Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah. Apalagi melupakan perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Saking pentingnya sejarah, membuatnya dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran di tingkat SMA. Bagi pelajar jurusan IPS, pasti mendapatkan jam pelajaran sejarah yang lebih banyak daripada anak IPA.

Belajar sejarah mau tidak mau membuatmu harus rajin membaca supaya bisa memahami seluruh materi yang ada di dalamnya. Namun namanya pelajar Indonesia, mayoritas dari mereka kurang suka membaca sehingga tetap saja kesulitan menangkap materi yang ada di buku sejarah.

Selain matematika, pelajar Indonesia kurang suka dengan pelajaran sejarah. Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matraji mengungkapkan bahwa siswa Indonesia kurang minat dengan mata pelajaran ini karena dianggap kurang penting dan tidak menentukan kelulusan.

Selain itu, buku-buku sejarah Indonesia memang kurang menarik. Sedikit gambar dan terlalu banyak tulisan sehingga memaksa siswa harus membaca tulisan dalam jumlah banyak untuk mempelajarinya.

 

Aplikasi Belajar Sejarah Terbaik

6 Aplikasi Belajar Sejarah Indonesia dan Dunia Lengkap 1

Belajar sejarah kini tak melulu lewat buku saja. Kamu juga bisa mempelajarinya lewat android yang lebih mudah digenggam dan dibawa kemana-mana.

Belajar jadi lebih menyenangkan karena di dalam aplikasi, materi yang disampaikan tersaji secara lebih menanti dan tidak membosankan. Langsung saja, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk belajar sejarah yang dapat kamu gunakan :

 

Sejarah Indonesia

6 Aplikasi Belajar Sejarah Indonesia dan Dunia Lengkap 2

Belajar sejarah Indonesia bisa kamu lakukan via aplikasi buatan Gogoindo ini. Ukurannya sangat ringan hanya 3,4 MB saja sehingga tidak terlalu memakan ruang penyimpanan ponsel pintar kamu.

Isi materi terbagi menjadi beberapa bagian. Mulai dari masa pra sejarah, perang kemerdekaan, hingga terbentuknya pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Aplikasi Sejarah Indonesia sampai saat ini telah diunduh lebih dari 50 pengguna melalui google play store.

 

Rangkuman Sejarah Indonesia

6 Aplikasi Belajar Sejarah Indonesia dan Dunia Lengkap 3

Materi sejarah Indonesia juga bisa kamu pelajari melalui aplikasi “Rangkuman Sejarah Indonesia” dari Amarcokolatos. Sama seperti sebelumnya, ukuran aplikasi ini tergolong sangat ringan yang hanya 5,2 MB saja.

Aplikasi satu ini memiliki desain yang simpel namun tetap menarik. Perpaduan warna yang cerah memanjakan mata sehingga kamu tidak akan pernah bosan untuk membacanya.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa belajar beragam materi sejarah Indonesia mulai dari masa pra sejarah hingga masa perjuangan pembebasan Irian Barat. Terdapat menu kategori yang mempermudahmu dalam mencari materi yang dibutuhkan.

Dan keuntungan lainnya, kamu dapat belajar secara offline. Tanpa perlu menghidupkan data internet sama sekali!

 

Sejarah SMA Kelas 10 Kurikulum 2013

6 Aplikasi Belajar Sejarah Indonesia dan Dunia Lengkap 4

Aplikasi Sejarah Indonesia Kelas 10 ini dirancang sesuai dengan kurikulum 2013 yang berlaku saat ini. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang hanya dikhususkan untuk siswa siswi SMA/MA kelas 10 saja.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa mempermudahmu mencari materi sejarah di dalamnya. Beberapa diantaranya yaitu pencarian halaman, zoom ini zoom out, link antar bab, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Aplikasi satu ini memiliki tampilan responsive yang bisa dengan mudah diperbesar. Selain itu, juga memiliki tampilan landscape yang minimalis.

Aplikasi Sejarah SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 memiliki ukuran 21 MB dan memiliki rating 4,6. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna via google play store.

 

Baca juga : aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik.

 

Sejarah Agama Islam Lengkap

6 Aplikasi Belajar Sejarah Indonesia dan Dunia Lengkap 5

Apabila kamu ingin belajar tentang sejarah agama Islam, bisa mempelajarinya melalui aplikasi sejarah Islam yang satu ini. Buku elektronik yang menyajikan materi lengkap mengenai sejarah wali songo, perkembangan Islam dunia, penyebaran Islam di Indonesia, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tenang saja, kamu tidak akan menghabiskan banyak kuota kok. Belajar sejarah lewat aplikasi ini bisa dilakukan secara offline tanpa harus menghidupkan data internet.

Aplikasi hasil pengembangan Hijrah Dev ini berukuran 20 MB dan sudah diunduh lebih dari 10 ribu pengguna lewat google play store. Ratingnya juga cukup tinggi yaitu 4,7.

 

Quiz Sejarah Indonesia

6 Aplikasi Belajar Sejarah Indonesia dan Dunia Lengkap 6

Aplikasi belajar sejarah berikutnya adalah Quiz Sejarah Indonesia. Aplikasi ini bukanlah buku elektronik, melainkan permainan seru dan edukatif yang membuatmu lebih mengenali sejarah dan kebudayaan Indonesia.

Dalam game, kamu diharuskan untuk menebak tokoh-tokoh yang terlibat langsung ke dalam sejarah dan budaya Indonesia. Kamu bisa mulai dari level newbie dulu, kalau makin jago bisa terus naik level hingga master. Pokoknya benar-benar seru!

Jangan sampai kamu kelewatan bermain game edukasi ini. Aplikasi buatan JFS Studio ini memiliki ukuran 4,3 MB ini sudah didownload lebih dari 100 ribu pengguna.

 

Baca juga : aplikasi belajar akuntansi terbaik.

 

History Timeline

6 Aplikasi Belajar Sejarah Indonesia dan Dunia Lengkap 7

Aplikasi History Timeline merupakan aplikasi perincian waktu sejaran dunia. Membahas sejarah lengkap mulai dari sejarah sains, sejarah seni, sejarah sastra, sejarah musik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ukurannya juga sangat ringan, bahkan kurang dari 2 MB dan aplikasi memiliki pengguna lebih dari 100 ribu orang.

 

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi belajar sejarah Indonesia dan dunia terbaik untuk kamu pelajari. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuatmu tidak melupakan sejarah penting yang terjadi di negeri ini.

Tinggalkan komentar