7+ Aplikasi Edit Background Foto Terbaik 2020

Untuk Anda yang suka tidak puas dengan latar belakang gambar, saat ini sudah ada banyak aplikasi edit background foto yang siap membantu mempercantik hasil gambar yang diambil. Bahkan Anda juga bisa memanipulasi latar belakang agar terlihat seolah-olah berada di kota yang belum pernah dikunjungi.

Misalnya Anda ingin membagikan foto ketika sedang berada di Menara Pisa, tetapi belum punya cukup tabungan untuk biaya liburan. Nah aplikasi edit background gambar, bisa membuat seolah Anda berada di Menara Pisa.

Bukan hanya itu, ketika ada turis yang membuat foto Anda terlihat kurang menarik, aplikasi-aplikasi edit latar belakang foto juga siap menghilangkan objek yang mengganggu tersebut. Sehingga orang-orang hanya akan berkonsentrasi pada Anda yang ada di foto.

 

Aplikasi Edit Background Foto di Android

Tidak perlu perangkat PC atau laptop canggih untuk memanipulasi latar belakang di dalam foto. Sebab sekarang sudah ada banyak aplikasi mengganti latar belakang gambar yang bisa digunakan dalam smartphone. Bahkan tidak sedikit yang kualitas dan hasil editannya sudah bisa bersaing dengan PC.

Oleh karena itu untuk Anda yang menggunakan HP Android, berikut ini adalah daftar aplikasi edit background foto di HP yang bisa digunakan.

 

PicsArt

7+ Aplikasi Edit Background Foto Terbaik 2020 1

Aplikasi edit latar belakang gambar di Android yang pertama adalah PicsArt. Jika Anda suka melihat-lihat atau bergabung ke komunitas fotografer profesional maupun pemula, pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama aplikasi yang satu ini.

Sebab bisa dibilang cara mengganti background foto di Android menggunakan PicsArt adalah yang paling mudah. Karena ada banyak tools yang bisa Anda gunakan mulai dari untuk menghapus latar belakang asli, menempelkan latar belakangan yang baru, hingga mengatur pencahayaan agar objek dari 2 foto yang berbeda bisa seolah menyatu.

Bukan hanya itu, PicsArt juga tersedia gratis. Jadi silahkan langsung download aplikasi edit background foto ini di Google Play Store.

 

PicSay

7+ Aplikasi Edit Background Foto Terbaik 2020 2

PicsArt dan PicSay adalah 2 aplikasi yang cukup mirip. Tetapi aplikasi ini sebenarnya dibuat untuk menggambar digital dibandingkan untuk edit foto.

Tetapi jika HP Anda tidak kuat untuk mengdunduh dan memasang PicsArt, PicSay bisa menjadi pilihan aplikasi edit background foto alternatif. Sebab aplikasi ini memiliki minimal spesifikasi yang lebih rendah dan bisa dipasang di hampir semua HP Android.

PicSay juga tetap punya banyak pilihan tools untuk mengubah dan memanipulasi latar belakang gambar. Tetapi sayangnya aplikasi ini tidak punya banyak pilihan untuk dekorasi seperti stiker, tulisan-tulisan keren, dan lain-lain.

 

Baca juga : aplikasi untuk membuat stiker.

 

Background Eraser

7+ Aplikasi Edit Background Foto Terbaik 2020 3

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dibuat khusus untuk menghapus latar belakang pada foto. Bukan untuk mengedit atau mengubahnya menjadi gambar yang lain.

Tetapi dengan aplikasi Background Eraser ini, hasil foto yang sudah dihapus latar belakangnya akan disimpan ke format PNG.

Artinya hasil gambar yang disimpan akan memiliki latar belakang transparan, bukan putih atau hitam. Dan jika Anda ingin menambahkan latar belakang baru, cukup gunakan kedua aplikasi di atas.

Cara ini memang agak lebih sulit. Namun dibandingkan PicsArt atau PicSay, Background Eraser memiliki tools untuk menghapus latar belakang yang paling mudah dan enak untuk digunakan. Sehingga hasil foto bisa tetap rapih meskipun latar belakang sudah di hapus.

 

TouchRetouch

7+ Aplikasi Edit Background Foto Terbaik 2020 4

Jika Background Eraser digunakan khusus untuk menghapus latar belakang di foto, aplikasi TouchRetouch digunakan untuk menghapus dan menghilangkan objek di dalam foto yang tidak Anda suka.

Misalnya jika ada hewan atau kendaraan di belakang foto Anda yang menghalangi pemandangan, TouchRetouch bisa membantu menghilangkannya.

Atau jika foto Anda jadi terganggu karena adanya kabel listrik di bagian atas, aplikasi ini bisa menghilangkan objek tersebut dari gambar.

Bahkan jika wajah Anda sedang berjerawat dan terlihat jelas di hasil selfie, TouchRetouch siap memanipulasi wajah agar terlihat lebih mulus dengan cara menghilangkan jerawat dan noda hitam di wajah.

Aplikasi TouchRetouch ini tersedia di Google Play Store dan App Store. Tetapi untuk menggunakannya, Anda perlu membayar dengan harga $2 atau sekitar 30 ribu rupiah.

 

Baca juga : aplikasi podcast android.

 

Auto Background Changer

7+ Aplikasi Edit Background Foto Terbaik 2020 5

Jika Anda menjadi aplikasi ganti background foto otomatis, Auto Background Changer ini adalah salah satu pilihannya. Sebab di dalam aplikasi ini, terdapat alat bernama magic tool yang akan menghapus dan mengganti latar belakang di dalam foto secara otomatis.

Walaupun hasilnya belum bisa dibilang sempurna, tetapi sudah cukup bagus. Karena Auto Background Changer akan mengidentifikasi bagaimana kondisi pencahayaan dari objek dan foto yang ada di dalam gambar tersebut.

Kemudian aplikasi akan mencari latar belakang dengan pencahayaan yang serupa yang ada di dalam database mereka.

Dengan begitu, Anda sebagai objek utama yang ada di dalam gambar tersebut akan tetap terlihat menyatu dengan latar belakang buatan yang sudah dimanipulasi.

 

Pixlr

7+ Aplikasi Edit Background Foto Terbaik 2020 6

Aplikasi edit background foto di Android yang berikutnya adalah Pixlr. Hampir mirip dengan PicsArt, aplikasi ini juga dibuat khusus untuk memanipulasi foto. Bukan hanya untuk menghapus dan mengganti latar belakang saja.

Sehingga Anda bisa menghapus objek di dalam latar belakang, mengubah, atau bahkan menghapus seluruh latar belakang dalam satu aplikasi yang sama.

Selain itu, Pixlr juga terkenal akan efek-efek dan filter yang keren. Misalnya menggunakan filter double exposure, glitch atau menggunakan stiker di wajah.

Jadi untuk Anda para influencer di Instagram atau media sosial lainnya yang ingin membuat foto lebih menarik, Pixlr ini adalah salah satu aplikasi yang wajib dimiliki.

 

LightX

7+ Aplikasi Edit Background Foto Terbaik 2020 7

LightX adalah salah satu aplikasi edit background foto yang dibuat khusus untuk mengubah dan memanipulasi suasana yang ada di dalam foto tersebut.

Misalnya jika Anda ingin foto dengan latar pemandangan laut dibuat agar suasananya terasa sedih, gunakanlah LightX untuk mengubah warna-warna dalam foto tersebut menjadi lebih tidak tajam.

Tetapi tidak berhenti sampai situ, Anda juga bisa memasukan foto diri sendiri ke dalam foto pemandangan tersebut dengan fitur crop dan edit yang ada dalam aplikasi ini.

Sehingga seolah-olah gambar yang dihasilkan menceritakan tentang Anda berada di tengah lautan atau pantai dengan suasana sedih.

 

Adobe Photoshop Express

7+ Aplikasi Edit Background Foto Terbaik 2020 8

Aplikasi untuk menghapus dan mengganti latar belakang di Android yang terakhir adalah Adobe Photoshop Express. Aplikasi ini merupakan versi mobile dari program Photoshop yang ada di komputer dan laptop.

Sehingga sudah tidak usah diragukan lagi mengenai kualitas editan yang bisa Anda dapatkan saat memakai aplikasi ini. Walaupun untuk bisa menghasilkan editan latar belakang yang rapih dan terlihat nyata, dibutuhkan skill yang perlu dipelajari dulu.

Adobe Photoshop Express juga memiliki fitur dan alat-alat yang sama dengan versi komputernya, walaupun tidak 100% tools di versi komputer tersedia di versi Android.

Tapi jika hanya akan digunakan untuk menghapus background gambar saja, aplikasi ini sudah lebih dari mumpuni.

 

Baca juga : aplikasi video call terbaik.

 

Aplikasi Edit Background Foto di PC

Sekarang jika Anda ingin hasil edit latar belakang yang terlihat lebih bagus, waktunya coba gunakan aplikasi edit foto dan background di PC. Sebab ada banyak pilihan program yang bisa Anda gunakan di perangkat ini.

 

Agar tidak bingung harus pilih yang mana, berikut ini kami beri rekomendasi aplikasi untuk edit background di PC yang bisa Anda coba.

 

Adobe Photoshop

7+ Aplikasi Edit Background Foto Terbaik 2020 9
Sumber gambar : voi.id

Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi edit foto terbaik dan paling terkenal yang bisa Anda gunakan di perangkat PC. Seperti yang sudah dikatakan tadi, program ini merupakan versi lengkap dari Adobe Photoshop Express yang tersedia di Android.

Kebanyakan dari Anda pastinya sudah tahu jika Adobe Photoshop bisa digunakan untuk mengedit foto dan gambar apapun. Tetapi untuk bisa mengubah latar belakang foto dengan bagus, Anda perlu skill dan pengalaman dalam memanipulasi gambar.

Sebab untuk memanfaatkan seluruh alat dan fitur yang ada dalam program ini, Anda perlu belajar dulu mengenai masing-masing kegunaannya.

Dan jangan lupa, program ini hanya bisa digunakan dengan lancar jika Anda membelinya secara resmi dengan sistem berlangganan.

 

GIMP

7+ Aplikasi Edit Background Foto Terbaik 2020 10
Gambar via gimp.org

Jika Anda masih belajar dan belum paham betul tentang cara memanipulasi foto, kami sarankan menggunakan GIMP dahulu. Sebab aplikasi edit background foto yang satu ini bisa Anda gunakan gratis tanpa ada batasan fitur apapun.

Selain itu, GIMP juga memiliki fitur yang kurang lebih sama dengan Photoshop. Sehingga bisa menjadi program yang tepat untuk belajar gratis.

Untuk menghapus latar belakang foto, GIMP punya fitur selection yang bisa digunakan untuk menentukan mana objek yang ingin dihapus dan mana objek yang ingin dipertahankan.

Selain itu, terdapat pula fitur clone untuk menghapus objek tertentu tanpa meninggalkan bagian transparan atau hitam di dalam gambar.

 

Baca juga : aplikasi radio online terbaik.

 

Krita

7+ Aplikasi Edit Background Foto Terbaik 2020 11
image source : krita.org

Sama dengan GIMP, Krita adalah salah satu aplikasi edit background foto gratis dan open source. Salah satu keunggulan dari Krita adalah memiliki tampilan yang sangat mirip dengan Photoshop.

Selain itu, Krita juga punya banyak pilihan layer yang membuat Anda lebih mudah ketika harus menyesuaikan cahaya pada objek di dalam foto.

Walaupun sama seperti Photoshop, Anda perlu belajar dulu jika ingin menghasilkan editan latar belakang yang keren. Tetapi karena aplikasi ini gratis, jadi tidak perlu ragu dan pikir panjang untuk mencobanya.

 

Corel Draw

7+ Aplikasi Edit Background Foto Terbaik 2020 12
gambar via coreldraw.com

Dan sekarang aplikasi edit latar belakang foto yang terakhir adalah Corel Draw. Beberapa dari Anda mungkin mengenal aplikasi ini untuk membuat desain, banner, brosur, spanduk, poster atau logo. Tapi ternyata, Corel Draw juga bisa digunakan untuk memanipulasi latar belakang gambar.

Corel Draw memiliki sistem program vector, yang mana bisa memperbesar dan memperkecil gambar tanpa merusak pixelnya.

Sehingga bukan hanya menghapus latar belakang, Anda juga bisa menambah objek di background foto tanpa takut objek tersebut menjadi buram.

Selain itu, aplikasi ini juga lebih ringan dan bisa digunakan di komputer dengan spesifikasi rendah sekalipun. Jadi cocok untuk Anda yang hanya punya PC atau laptop yang sudah lama tidak diupgrade.

 

Baca : aplikasi buat logo android + PC.

 

Demikianlah daftar aplikasi edit background foto untuk Android dan komputer. Jika Anda punya rekomendasi aplikasi atau program lain dengan fungsi serupa, jangan ragu untuk membagikannya melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar