5 Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 10, Sangat Mudah

Ketika Anda pertama kali membeli laptop, wajib rasanya untuk memeriksa spesifikasi laptopya. Berapa RAM dan ROMnya? Prosesor apa yang digunakan? Windows berapa yang digunakan? Hal ini untuk memastikan toko komputer tidak berbohong kepada Anda.

Pasalnya saat ini banyak penjual-penjual nakal yang membohongi pembelinya demi keuntungan mereka semata. Sebagai contoh, ada orang yang ingin mencari laptop untuk tugas sekolah tetapi malah diberi laptop gaming dengan spek besar dan harga yang tentunya jauh lebih mahal.

Selain itu spesifikasi laptop perlu diketahui agar Anda bisa lebih bijak dalam menggunakannya. Misal, tidak mendownload software yang berat-berat pada laptop berspesifikasi rendah. Jika itu sampai terjadi, tentu bakal mempengaruhi performa laptop yang Anda miliki.

 

Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 10

Masalahnya, masih banyak pengguna laptop ataupun komputer yang belum tau bagaimana cara mengecek spek laptop yang ia miliki. Terkait hal ini, Anda tak perlu khawatir karena Firdaus Artikel akan memberikan panduannya langsung lengkap dengan gambar.

Langsung saja mari disimak cara cek spesifikasi laptop windows 10 yang bisa Anda lakukan :

 

Melalui Settings

5 Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 10, Sangat Mudah 1

Cara pertama untuk melihat spesifikasi laptop pada windows 10 adalah melalui settings atau pengaturan. Lewat metode ini, Anda bisa mengetahui secara langsung nama device, RAM, system tipe, dan spesifikasi windows yang digunakan.

Bagaimana caranya?

  • Pertama, silakan klik start lalu pilih settings.

5 Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 10, Sangat Mudah 2

  • Selanjutnya, pada kolom “find a settings” silakan ketik “about your PC” maka Anda akan menemukan fitur tersebut. Jangan lupa diklik.

5 Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 10, Sangat Mudah 3

  • Sekarang data spesfikasi laptop sudah bisa Anda lihat secara langsung.

 

Baca juga : cara memeriksa keaslian iphone.

 

Melalui Control Panel

5 Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 10, Sangat Mudah 4

Control panel adalah aplikasi bawaan yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa spesifikasi pada sebuah laptop. Lewat metode ini, Anda bisa mengetahui bagaimana informasi dasar tentang laptop lengkap dengan spesifikasinya.

Ikuti panduan di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara melihat spesifikasi laptop di control panel.

  • Pertama buka terlebih dahulu aplikasi control panel. Kalau Anda tidak mengetahui tempatnya, di kolom pencarian tulis saja “control panel”.

5 Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 10, Sangat Mudah 5

  • Setelah Anda membuka aplikasinya, silakan pilih “system and security”.

5 Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 10, Sangat Mudah 6

  • Kemudian pilih “system”.

5 Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 10, Sangat Mudah 7

  • Sekarang Anda sudah bisa melihat spesfikasinya.

 

Baca juga : cara mengecek IMEI HP.

 

Melalui System Information

5 Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 10, Sangat Mudah 8

Cara selanjutnya untuk mengecek spek sebuah laptop yakni melalui aplikasi “system information”. Tinggal buka saja aplikasinya, Anda bisa langsung mengetahui secara detail laptop yang digunakan.

 

Baca juga : cara cek serial number laptop.

 

Melalui Dxdiag

5 Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 10, Sangat Mudah 9

Dxdiag ini adalah tools untuk memeriksa spesifikasi laptop atau pc yang menampilkan system information, display, sound, dan juga input. Cara melihatnya cukup mudah, tinggal buka saja tools tersebut (kalau belum nemu cari lewat kolom search), buka toolsnya dan tunggu beberapa saat hingga memunculkan data.

 

Baca juga : cara cek garansi laptop.

 

Menggunakan Properties

5 Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 10, Sangat Mudah 10

Cara cek spesifikasi laptop bisa menggunakan properties dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Pertama, silakan buka file explorer terlebih dahulu.

5 Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 10, Sangat Mudah 11

  • Kemudian silakan klik kanan pada “This PC” lalu klik “properties”.

5 Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 10, Sangat Mudah 12

Detail lengkap spesifikasi laptop langsung muncul dan bisa Anda lihat.

 

Sebenarnya masih banyak lagi cara cek spesifikasi laptop yang dapat Anda lakukan, salah satunya adalah dengan memanfatkan aplikasi cek spek laptop dari pihak ketiga. Namun masalahnya, Anda masih harus mendownloadnya terlebih dahulu membuat ribet kalau sampai dilakukan.

Jadi, bagi saya kelima metode tersebut sudah sangat cukup membantu Anda dalam membuktikan seperti apakah spesifikasi laptop yang Anda miliki, khususnya bagi pengguna Windows 10. Cara ini bisa diterapkan ke semua merek laptop baik itu Asus, HP, Lenovo, Teclast, Axioo, maupun yang lainnya.

Untuk pengguna selain windows 10, sebenarnya tidak terlalu berbeda. Tinggal menyesuaikan saja. Sekian dan semoga bermanfaat.

11 pemikiran pada “5 Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 10, Sangat Mudah”

  1. Wah keren, nih
    Jadi paham seluk-beluk cek spesifikasi laptop
    karena selama ini ga terlalu ngeuh
    padahal, sebagai bloger bukanbocahbiasa(dot)com penting banget buat paham ye kan

  2. Wah, senang sekali aku bisa tahu cara cek spesifikasi laptop dari Mas Firdaus nih. Ketika tahun lalu belanja 2 buah laptop buat anak2ku yang ceritanya bakal UN (dulu), kurang paham caranya, jadi dikira2 aja dan banyak bertanya sama mas2 di tokonya. Jadi beli Lenovo deh alhamdulillaah bagus 🙂 Save ah tips ini 😀

  3. kalo cara ngilangin tulisan “activate windows” di kanan bawah itu tau gak? hehe, jgn bilang beli ori ya, itu sih udah tau. haha

  4. Mantab infonya.. rencana mau beli laptop buat kebutuhan editing yapi gatau cara ngecek speknya apakah sesuai atau gak… untung nemu artikel ini..heheh makasih mas

  5. Wah saya baru tahu ternyata begini cara ngecek spek laptop
    Selama ini saya tahunya pakai aja
    Urusan ngecek beginian, bagiannya pak suami hehe

  6. Favorit saya cek spesifikasi pakai properties. Malah baru tau cara-cara lain untuk cek. Maklum hanya sekedar tahu saja 😀

  7. Wah terimakasih ulasannya. Saya pernah nyariin laptop untuk anak saya . Harus muter muter sampai ketemu yang pas. Tulisan ini jadi referensi berikutnya kalau mau beli laptop lagi

  8. Paling KESEEEL sama penjual laptop yang memanfaatkan ketidaktahuan pembeli. Mesti ngajak orang yang paham spek laptop deh biar nggak dikadalin.

Tinggalkan komentar