2 Cara Download Video IGTV [Tanpa Aplikasi]

IGTV merupakan salah satu fitur baru yang dimiliki oleh instagram. Dengan fitur ini, pengguna dapat menonton film/video berdurasi singkat. Selain dapat menonton, pengguna (user) juga bisa mengupload video dengan durasi yang lebih panjang.

Untuk pengguna biasa, durasi berbagi video di IGTV maksimal adalah 10 menit. Sementara itu untuk pabrik figur boleh lebih dari 1 jam. Sementara itu, jika sebagai penonton anda bisa melihat, menyimpan, sekaligus membagikan video singkat tersebut.

Pengguna cukup menekan ikon gambar TV yang ada di sebelah kiri Direct Message (DM), apabila ingin menonton video dari IGTV. Diakui bahwasanya fitur baru ini dibuat untuk menyaingi platform youtube.

Fitur Instagram TV dapat dimanfaatkan oleh influencer, brand, atau siapapun pengguna Instagram yang membuat video untuk pengikut mereka. IGTV terlihat mirip seperti instagram stories, namun sebenarnya keduanya memang berbeda.

 

Sekilas Perbedaan IGTV dan Instagram Stories

IGTV dan instagram stories adalah dua fitur instagram yang berbeda. Instagram stories hadir terlebih dahulu sekitar tahun 2016, baru kemudian tahun 2018 Instagram merilis fitur Instagram TV. Selain itu, perbedaan lainnya dari kedua fitur ini yaitu :

 

Durasi Video

Durasi Video IGTV jauh lebih panjang daripada instagram stories. IGTV memungkinkan pemakai Instagram untuk membuat konten video berdurasi hingga 1 jam lamanya. Sementara itu, untuk Instagram stories hanya 1 menit saja.

 

Baca juga : aplikasi editor video android

 

IGTV Bisa Lompati Durasi Video

Di IGTV, anda bisa melompati durasi video. Misalnya langsung menonton dari menit 2.00 atau kurang dari waktu tersebut. Berbeda halnya dengan Instagram stories hal tersebut tidak dapat dilakukan. Durasi video yang sangat singkat mungkin jadi penyebab mengapa pengguna tidak bisa melompati durasi video dari insta story.

 

Masa Tayang

Konten video yang tayang di IGTV tidak dibatasi oleh waktu. Berbeda dengan video di Instagram Stories yang hanya dapat dilihat selama 24 jam saja. Namun  beruntung, pada instagram stories terdapat fitur Highlights dan Stories Archives sehingga anda bisa menyimpan video tersebut dan melihatnya lagi di lain kesempatan.

 

Edit Video

Anda tidak bisa mengedit video untuk IGTV langsung dari aplikasi Instagram, anda harus menggunakan aplikasi edit video dari pihak ketiga. Sementara itu, pada instagram stories anda bisa menambahkan teks, stiker, dan berbagi hal lainnya sebelum dipublikasikan.

 

Cara Download Video IGTV Tanpa Aplikasi

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan download video Instagram TV bahkan hanya dari smartphone saja tanpa harus mendownload aplikasi tambahan sehingga tidak akan mengurangi banyak kuota internet anda.

Ada beberapa website atau tools yang bisa anda manfaatkan, dua diantaranya yaitu saveigtv dan juga forhub.io, berikut adalah panduan lengkapnya :

 

Cara Download Video IGTV Melalui saveigtv

Cara download IGTV Instagram via saveigtv

  • Pertama-tama, silakan buka terlebih dahulu video Instagram TV yang ingin anda download.
  • Klik tanda titik tiga lalu pilih salin tautan.
  • Selanjutnya, silakan buka website https://saveigtv.com
  • Tempelkan url yang tadi sudah anda salin kemudian klik enter atau klik tombol “download now” yang sudah tersedia di sana.
  • Prosesnya sudah hampir selesai. Sekarang, anda hanya tinggal klik tanda titik tiga pada gambar preview video hasil generate tadi. Setelah itu, klik download.
  • Kini, anda sedang didownload dan tunggu saja prosesnya hingga selesai. Lamanya waktu download bergantung dari durasi video itu sendiri, semakin besar tentunya membutuhkan waktu sedikit lebih lama.
  • Selesai, sekarang video IGTV tersebut sudah ada pada memori penyimpanan ponsel anda. Video yang tersimpan berformat mp4.

 

Baca juga : cara menggunakan sidik jari whatsapp

 

Cara Download Video IGTV Via ForHub.Io

2 Cara Download Video IGTV [Tanpa Aplikasi] 1

  • Sama seperti cara pertama, langkah pertama yang harus anda lakukan dengan membuka video Instagram TV yang ingin diunduh.
  • Klik tanda titik tiga kemudian klik salin tautan.
  • Sekarang silakan buka website forhub.io
  • Paste url video yang tadi sudah anda salin dari aplikasi Instagram.
  • Klik tombol download dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Sekarang tinggal menyimpan saja di memori internal smartphone anda. Caranya klik tombol download berwarna ungu dan dalam waktu beberapa saat video tersebut akan tersimpan dalam format mp4.

 

Tutor lainnya : cara membuat katalog di whatsapp

 

Bagaimana? Tidak sulit bukan? Buat anda yang masih bingung bagaimana cara mengunduh video dari IGTV, lakukan saja salah satu dari cara di atas dan anda sudah menemukan solusinya. Sekian dan semoga tutorial ini bermanfaat bagi semua.

Satu pemikiran pada “2 Cara Download Video IGTV [Tanpa Aplikasi]”

Tinggalkan komentar