Link Banner

Cara Ganti Kartu ATM BRI Chip 2021 + Syarat Lengkap

Sekarang coba cek ATM BRI Anda. Apakah masih menggunakan yang magnetic stripe? ATM Magnetic Stripe adalah kartu ATM lama yang harus segera Anda ganti dengan kartu ATM berchip.

Dasar hukum pergantian ini adalah Surat Edaran BI No.17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang Diterbitkan di Indonesia.

 

Memang Apa Perbedaan ATM Magnetic Stripe dan ATM Chip?

Cara Ganti Kartu ATM BRI Chip 2021 + Syarat Lengkap 1
Kiri : kartu ATM BRI Magnetic Stripe, kanan : kartu ATM BRI Chip. Sumber gambar : kompas.com

Dilansir dari Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia, berikut perbedaan keduanya yang telah saya sajikan dalam bentuk tabel.

Kartu ATM Magnetic Stripe Kartu ATM Chip
Data mudah digandakanData tidak mudah digandakan karena tersimpan dalam chip
Terminal dan bank host tidak bisa memastikan keaslian kartu yang digunakan  saat transaksi.Keaslian kartu dapat dipastikan dengan metode online CAM dan offline CAM.
Satu kartu hanya menampung satu aplikasi.Satu kartu dapat berisi lebih dari satu aplikasi.
Harga kartu lebih murah.Harga kartu lebih mahal.
Tidak ada chip Ada chip

 

Syarat Ganti Kartu ATM BRI Chip

Berikut ini beberapa dokumen persyaratan yang harus Anda penuhi ketika Anda hendak mengganti kartu ATM BRI yang lama ke kartu ATM BRI Chip Terbaru :

 

Kartu Identitas

Pertama, yang perlu dipersiapkan adalah kartu identitas untuk proses verifikasi. Adapun yang dimaksud dengan kartu identitas adalah E-KTP atau Kartu Tanda Penduduk yang Anda miliki.

Cukup bawa KTP asli saja, tidak perlu membawa fotocopy KTP. Dokumen ini dibutuhkan untuk memastikan data yang ada di rekening bank BRI cocok dengan data identitas Anda.

 

Kartu ATM Magnetic Stripe BRI

Dokumen persyaratan kedua yang wajib untuk Anda bawa adalah kartu ATM BRI lama Anda yang masih magenetic stripe. Jangan sampai kartu ini ketinggalan, karena kartu itulah yang nantinya bakalan diganti.

 

Cara Ganti Kartu ATM BRI Chip 2021

Cara Ganti Kartu ATM BRI Chip 2021 + Syarat Lengkap 2

Berikut ini tahapan-tahapan pergantian kartu ATM BRI magnetic stripe menjadi kartu ATM BRI chip :

  • Siapkan terlebih dahulu dokumen persyaratan seperti yang sudah dijelaskan di atas. (Pastikan tidak ada satu pun yang tertinggal).
  • Silakan pergi ke kantor cabang BRI terdekat. Jangan lupa pakai masker dan tetap mengikuti protokol kesehatan.
  • Sesampainya di kantor cabang BRI, Anda wajib mengikuti prokes terlebih dahulu yaitu pemeriksaan suhu tubuh dan pemberian handsanitizer.
  • Selanjutnya silakan ambil nomor antrian dan silakan tunggu panggilan dari customer service.
  • Jika nama Anda sudah dipanggil, langsung saja menuju salah satu CS tersebut dan sampaikan keinginan Anda untuk mengganti kartu ATM BRI.
  • Customer Service bakal meminta KTP dan kartu ATM BRI Anda.
  • Anda diminta untuk memasukkan PIN ATM selama beberapa kali yang dipakai untuk kartu ATM baru.
  • Ada juga sesi foto tanpa masker untuk proses verifikasi dan juga pengisian data-data diri.
  • Proses pergantian tidak membutuhkan waktu lama. Berdasarkan pengalaman pribadi, hanya membutuhkan kurang dari 10 menit saya pun mendapatkan kartu ATM BRI yang baru yaitu kartu ATM BRI Chip Britama.

 

Baca juga : cara cetak rekening koran BRI.

 

FAQ Cara Ganti Kartu ATM BRI Chip 2021

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban seputar pergantian kartu ATM BRI Magnetic Stripe ke Chip.

 

Berapa Biayanya?

Berbeda dengan biaya ganti kartu ATM BRI yang kadaluarsa, diblokir, atau rusak memang dikenakan biaya, namun untuk pergantian kartu ATM Chip ini tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis!

 

Bisakah Ganti Kartu BRI di Cabang Lain?

Ganti kartu BRI bisa dilakukan di kantor BRI cabang mana saja. Yang paling penting bawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

 

Kapan Batas Akhiri Pergantian Kartu ATM BRI Lama ke Baru?

Berdasarkan pernyataan dari Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunart, batas akhir penukaran kartu ATM BRI magnetic stripe menjadi berbasis chip yaitu  sampai 31 Desember 2021.

Memang masih lama, tapi tidak ada salahnya jika ganti mulai sekarang biar tidak kebingungan nantinya.

 

Bagaimana Jika Tidak Ganti Kartu ATM BRI Magnetic Stripe Menjadi Chip Sampai 31 Desember 2021?

Kartu ATM BRI Magnetic Stripe tetap bisa digunakan namun dengan pembatasan. Hanya bisa digunakan untuk transaksi pada rekening yang diperjanjikan bersaldo maksimal Rp 5 juta saja.

Apabila telah jatuh tempo masa aktifnya, maka kartu ATM BRI lama Anda benar-benar tidak bisa digunakan.

 

Baca juga : cara mengunakan ATM link.

 

Oh ya, perubahan kartu ATM Magnetic Stripe ke Kartu ATM Chip ini tidak hanya berlaku untuk Bank BRI saja ya, tetapi juga berlaku untuk Bank lainnya di Indonesia. Syarat, biaya, dan cara pergantiannya kurang lebih sama seperti cara di atas.

Sekian pembahasan mengenai cara ganti kartu ATM BRI Chip 2021. Ayo segera ganti kartu ATM BRI Anda demi transaksi yang lebih aman dan nyaman.

Tinggalkan komentar