11 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Jangan Ketipu Lagi!

Madu adalah makanan sehat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Akan tetapi, pastikan terlebih dahulu jenis madu yang Anda konsumsi adalah madu asli bukan madu palsu.

Adapun yang dimaksud madu asli adalah madu yang memang murni berasal dari lebah tanpa ada campuran bahan lainnya. Sedangkan yang dimaksud madu palsu adalah madu yang ditambahkan atau dioplos dengan bahan tambahan lainnya.

Di pasaran memang banyak sekali orang yang menjual madu, namun sayangnya tidak semuanya asli. Banyak yang mengaku-ngaku jual madu asli tapi nyatanya yang dijual madu asli.

Mungkin Anda pernah menjadi salah satu korbannya. Secara sekilas, memang seperti tak ada bedanya mana madu asli dan mana madu oplosan.

 

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

11 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Jangan Ketipu Lagi! 1

Maka dari itu, supaya Anda tidak gampang tertipu oleh pedagang madu nakal pada kesempatan ini Firdaus Artikel akan memberikan tips sederhana bagaimana menguji keaslian madu dengan berbagai cara. Apa sajakah itu?

 

Dibakar

Cara membedakan madu asli dan palsu dengan cara dibakar dilakukan dengan menghidupkan korek api batang yang ujungnya (yang berwarna cokelat) dan sudah dioleskan dengan madu sebelumnya.

Nah, kalau ujung korek api itu bisa mengeluarkan api secara normal maka dipastikan 100% asli sedangkan jika tidak bisa keluar api maka madu tersebut adalah palsu.

 

Tes Dengan Air

Untuk menguji keaslian madu, cobalah tuangkan madu ke dalam gelas berisi air kemudian aduk hingga merata. Apabila madu menjadi gumpalan dan mengendap di bagian bawah gelas maka madu tersebut adalah madu asli.

Sementara itu kalau madu larut di dalam air justru itu adalah madu KW alias palsu.

 

Dipanaskan

Cara membedakan madu asli dan palsu selanjutnya adalah dengan memanaskannya. Madu akan berubah menjadi karamel dan tidak berbusa jika memang itu adalah madu asli.

Sedangkan jika tidak terjadi perubahan tekstur dapat disimpulkan madu tersebut adalah palsu.

 

Masukkan Ke Dalam Kulkas

Coba untuk menaruh madu ke dalam kelas untuk menguji keorisinalitasnya. Adapun ciri madu asli dalam kulkas adalah mengental, tidak membeku.

Jika madu yang Anda masukkan ke dalam kulkas membeku, menandakan madu tersebut telah bercampur dengan air.

 

Tes dengan Tisu

Tisu juga bisa menjadi media penguji keaslian makanan asal lebah ini. Cara mengetahui madu asli dengan tisu yaitu dengan menuangkannya ke tisu (bisa juga diganti kertas) dan jika menyerap menandakan madu tersebut palsu.

Sedangkan madu ori tidak akan menyerap ke dalam tisu atau kertas tersebut.

 

Tes Roti

Oleskan madu di atas sepotong roti tawar. Tunggu selama beberapa menit, harusnya madu ori akan membuat roti menjadi renyah.

Sedangkan apabila roti menjadi lembek berarti madu palsu. Hal ini disebabkan karena adanya tambahan air pada madu.

 

Taruh di Lantai

Apakah madu asli dikerumuni semut? Ternyata tidak, sebab madu dan gula itu berbeda. Meskipun rasanya sama-sama manis, tetapi semut maupun serangga lainnya tidak menyukainya karena baunya yang khas dan menyengat.

Jadi, apabila Anda menaruh madu di lantai dan tidak ada semut yang mengerubungi maka madu tersebut adalah asli.

 

Mencium Aromanya

Cara membedakan madu asli dan palsu berikutnya adalah mencium aroma madu tersebut. Biasanya madu asli memiliki bau khas bunga yang dijadikan  bahan nektar, seperti bunga rambutan, kapuk, kelengkeng, atau akasia.

Sedangkan tanpa ada aroma khas bunga menandakan madu itu adalah madu yang tidak asli.

 

Uji Buih

Pengujian keaslian madu dengan cara ini dilakukan dengan cara memasukkan 30 ml madu ked dalam botol atau gelas kecil. Selanjutnya kocok madu tersebut sebanyak 10 – 15 menit lalu diamkan selama 5 menit.

Apabila ada buih-buih kecil dan tidak cepat hilang, maka madu tersebut dianggap asli. Sedangkan, jika buih-buih besar dan cepat hilang maka madu tersebut palsu.

 

Uji Keruh

Cara membedakan madu asli dan palsu juga bisa diketahui jika Anda melakukan uji keruh. Caranya yaitu dengan mencampur 30 ml madu dengan 200 ml ke dalam gelas kaca bening lalu aduk hingga merata.

Selanjutnya amati yang terjadi selanjutnya. Taruh kertas putih di belakang gelas supaya lebh mudah diamati.

Apabila warna larutan keruh, tandanya madu asli. Sedangkan jika larutan bening maka madu palsu.

 

 

Tuangkan Ke Atas Piring

Cara terakhir untuk mengetahui asli tidaknya madu secara sederhana adalah dengan menuangkan madu ke atas piring lalu tuangkan air juga ke piring tersebut. Selanjutnya, coba goyangan searah jarum jam.

Madu asli akan membentuk seperti sarang lebah, sedangkan madu palsu akan menyebar dan bercampur dengan air tersebut.

 

Perlu untuk Anda ketahui, semua cara yang saya sebutkan di atas bukanlah cara paling akurat untuk menguji keaslian madu. Cara paling akurat adalah dengan mengujinya di laboratorium.

Tapi, masalahnya tidak sembarangan orang bisa menggunakan laboratorium kimia. Jadi, cara di atas yang paling mungkin diterapkan masyarakat umum dengan tingkat akurasi 80% – 90%.

Itulah dia beberapa cara membedakan madu asli dan palsu dengan beragam motode pengujian. Teruntuk Anda yang ingin madu asli, Anda bisa membeli Madu Al Khaf asli dari hutan.

Tinggalkan komentar