Cara Membuka Rekening BRI di Luar Domisili KTP (Panduan Lengkap)

Cara membuka rekening BRI

Cara membuka rekening BRI sangatlah mudah dilakukan, sama halnya ketika kita membuka rekening di bank-bank yang lainnya. Baik itu bank BUMN seperti BTN, BNI, dan Mandiri ataupun bank swasta seperti BCA. Sejumlah dokumen harus anda persiapkan + uang deposit jika ingin membuka rekening baru.

Di zaman serba modern seperti saat ini, mayoritas orang menabung tak lagi melalui celengan. Tetapi sudah melalui bank yang secara keamanan sudah tak diperlukan lagi kualitasnya. Uang anda pasti akan lebih aman berada di sana daripada di bawah bantal tidur anda.

Menabung di bank juga terlindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Semua bank yang ada di Indonesia, baik bank BUMN maupun swasta sudah banyak yang dilindungi oleh lembaga ini dengan penjaminan 100%. Jadi, anda tak perlu khawatir kehilangan uang.

 

Pilihan Tabungan Bank Rakyat Indonesia

Sebelum saya menjelaskan lebih jauh mengenai bagaimana cara membuka rekening BRI, terlebih dahulu saya sampaikan informasi beberapa pilihan simpanan BRI yang bisa anda pilih. Baik itu pelajar, mahasiswa, atau orang yang sudah bekerja semua berhak untuk memiliki salah satu pilihan tabungan berikut ini :

1. Simpedes

Dengan setoran awal 100 ribu, anda bisa membuka rekening di seluruh cabang unit BRI seluruh Indonesia. Jumlah dan frekuensi setoran/pengambilan tidak ada batasan, sepanjang nasabah mengikuti peraturan yang berlaku.

Tak hanya itu saja, dengan memiliki tabungan Simpedes maka anda juga akan mendapatkan BRI Card. Fungsinya dapat digunakan sebagai kartu ATM ataupun kartu debit dengan fitur transaksi yang sangat lengkap.

 

2. Britama

Deposit pertama jenis tabungan ini adalah sebesar 250 ribu. Anda akan mendapatkan buku tabungan dan juga kartu ATM. Tabungan Britama menyediakan layanan e-banking sehingga memudahkan transaksi kapan pun dan dimana pun.

Anda bisa menggunakan layanan kartu ATM BRI Britama di jaringan BRI, ATM Bersama, Prima, Cirrus, Maestro, Link dan MasterCard baik di dalam maupun luar negeri. Tak hanya itu saja, anda juga akan mendapatkan gratis asuransi kecelakaan hingga 150 juta rupiah.

Baca juga  6 Keunggulan Ovo Sebagai Aplikasi Dompet Digital + Ulasan Lengkap

Transaksi real time daring dapat dilakukan di lebih dari sepuluh ribu Unit Kerja BRI dan 23 ribu ATM BRI seluruh Indonesia. Saya sendiri memakai jenis simpanan yang satu ini.

 

3. Britama Bisnis

Britama Bisnis merupakan gabungan yang cocok digunakan untuk anda para pebisnis. Dengan segala fitur-fitur yang ada membuat anda bisa leluasa bertransaksi dan banyak mendapatkan keuntungan.

Britama Bisnis gratis biaya administrasi saldo bulanan bilamana anda memiliki rata-rata saldo bulanan minimal 5 juta rupiah. Dengan deposit 1 juta rupiah anda sudah mendapatkan banyak layanan seperti internet banking, kartu ATM, asuransi kecelakaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

4. BritamaX

BritamaX adalah tabungan yang cocok digunakan oleh anak muda. Dengan desain kartu debit/AYAM yang elegan membuat orang tertarik untuk memilikinya. Ditambah lagi dengan kemudahan transaksi semakin menambah nilai lebih dari tabungan yang satu ini.

Tabungan ini hanya bisa digunakan oleh anak muda berusia 17 hingga 35 tahun. Dengan setoran awal 100 ribu saja, anda sudah mendapatkan banyak sekali fasilitas seperti kartu ATM, layanan internet banking, asuransi kecelakaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

5. Simpedes TKI

Sesuai dengan namanya, tabungan yang satu ini hanya digunakan oleh Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri. Berfungsi untuk mempermudah transaksi dan menampung gaji TKI tersebut. Setoran awalnya hanya 10 ribu.

 

6. Tabungan Haji

Tabungan ini dikhususkan untuk perorangan yang akan mempersiapkan diri untuk Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Tabungan Haji gratis administrasi bulanan dan juga mendapatkan gratis asuransi kecelakaan dan asuransi jiwa dengan maksimum cover mencapai 120% dari saldo Akhir maksimal 50 juta rupiah.

Deposit minimal adalah 50 ribu dengan saldo maksimal mencapai 25 juta rupiah. Penarikan tidak dibatasi asalkan memenuhi batas saldo minimum dan anda juga akan diberikan souvenir ibadah haji.

 

7. Britama Rencana

Britama Rencana merupakan jenis tabungan investasi yang dimiliki oleh BRI. Tabungan satu ini  memiliki fasilitas perlindungan asuransi bagi para nasabahnya. Terdiri atas 2 jenis yaitu Britama Rencana Plan A dan Britama Rencana Plan B.

Baca juga  Cara Menggunakan ATM Link, Kamu Harus Tau!

Keduanya mempunyai bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan pada umumnya. Nasabah bebas menentukan setoran tetap bulanan. Minimum 100 ribu dan maksimum 5 juta rupiah.

Tabungan Britama Rencana bebas biaya administrasi dan nasabah bebas menentukan jangka waktu tabungan dari satu tahun hingga 20 tahun. Tak hanya itu, anda juga mendapatkan asuransi jiwa hingga 1 milyar.

 

8. Britama Valas

Bagi anda yang ingin memiliki tabungan dengan mata uang asing, Britama Valas adalah pilihannya. Tabungan satu ini hadir dengan kemudahan transaksi dan nilai mata uang yang kompetitif. Tersedia lebih dari 10 jenis criptocurrency.

Penyetoran maupun penarikan dapat dilakukan baik dalam mata uang rupiah maupun dalam mata uang asing sesuai dengan yang tersedia pada kantor cabang BRI. Selain itu pemilik tabungan ini juga mendapatkan gratis cover asuransi kecelakaan diri hingga 150 juta rupiah.

 

9. BRI Junio

Tabungan ini dikhususkan untuk anak-anak dengan segala fasilitas yang menarik untuk anak. Setoran awal 150 ribu dan harus memiliki kartu pelajar bila ingin membuka tabungan BRI Junio.

Nasabah akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM atau Debit berkarakter khusus. Tak hanya itu saja, nasabah juga memperoleh gratis cover asuransi kecelakaan diri dengan JUP hingga 150 juta.

 

10. BRI Simple

Tabungan BRI Simple ditujukan para siswa/pelajar dengan persyaratan mudah dan fasilitas yang menarik. Setoran awal Tabungan yang satu ini minimum 5 ribu rupiah saja dan siswa bisa menabung di bank ataupun sekolah bila telah menjalin kerjasama dengan Bank BRI.

Keuntungan lainnya adalah adalah tanpa biaya administrasi bulanan gratis. Setoran lanjutannya juga murah sehingga tidak memberatkan bagi para pelajar.

 

Persyaratan untuk Membuka Rekening BRI

Untuk membuka rekening BRI, terutama untuk tabungan Britama dan anda sedang berada di luar wilayah domisili KTP anda maka persiapkanlah beberapa dokumen yang dibutuhkan. Berikut ini syarat buka rekening BRI 2019 :

  • Usia minimal 17 tahun
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Surat Keterangan Domisili dari kelurahan atau desa
  • Uang setoran minimal 250 ribu rupiah
  • NPWP (jika punya)
  • Jika Warga Negara Asing harus menyerahkan dokumen passport dan KIMS/KITAP/KITAS.
Baca juga  Terlengkap, Berikut Cara Cetak Rekening Koran BRI + Persyaratannya

 

Cara Membuka Rekening BRI Britama di Luar Domisili KTP

Cara Membuka Rekening BRI di Luar Domisili KTP (Panduan Lengkap) 1

Pada dasarnya, tidak ada perbedaan terlalu jauh cara buka rekening BRI Britama, Simpedes, Junior, Haji, dan lain sebagainya. Hanya saja yang membedakan hanya jumlah setoran awal yang berbeda-beda sesuai apa yang sudah saya terangkan di atas.

Oh ya, bisa ga sih kita buka rekening dimana saja? Apakah harus di alamat domisili KTP? Bagaimana dengan pelajar, mahasiswa, atau pekerja yang merantau keluar kota? Mengenai hal tersebut anda tak perlu khawatir. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, membuka rekening tabungan bisa dilakukan dimana saja.

Apalagi sekelas Bank BRI yang cabangnya sudah ada di hampir seluruh kota di Indonesia. Untuk tata caranya, mari simak panduannya berikut ini :

  1. Persiapkan terlebih dahulu semua berkas yang diperlukan (KTP, NPWP, Surat Domisili dari kelurahan atau desa). Surat Domisili ini mutlak harus dibawa ke bank sebagai bukti otentik bahwa anda sebagai warga di daerah tersebut.
  2. Datang ke kantor cabang Bank BRI yang terdapat di wilayah anda. Usahakan datang pagi agar mendapatkan antrian terlebih dahulu.
  3. Saat tiba di bank, anda akan disambut oleh satpam yang berjaga. Sampaikan keinginan anda untuk membuka rekening baru. Berikutnya satpam akan memberikan nomor antrian untuk anda.
  4. Tunggu saja hingga nama anda dipanggil oleh customer service.
  5. Isi formulir dan serahkan semua dokumen yang sudah anda persiapkan + uang setoran awal. Bila tidak memiliki NPWP, pihak CS akan menyuruh anda mengisi form pernyataan.
  6. Selanjutnya customer service juga menawarkan apakah calon nasabahnya ingin menggunakan layanan internet banking, SMS Banking, SMS notifikasi, atau mobile banking. Anda bisa menyetujuinya ataupun menolaknya. Tidak ada biaya administrasi tambahan berkaitan dengan layanan tersebut.
  7. Rekening Tabungan BRI siap digunakan dan anda diberi dua dokumen yakni buku tabungan dan kartu ATM

 

Prosesnya begitu mudah dan cepat untuk memiliki rekening sendiri. Anda tak perlu jauh-jauh pulang kembali ke kampung halaman hanya untuk melakukan hal seperti ini. Demikian cara membuka rekening BRI di luar domisili KTP, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan tulisan ini

Tinggalkan komentar