5+ Cara Mengatasi Gatal di Ketiak paling Ampuh

  • 4 min read
  • Sep 15, 2020
Cara mengatasi gatal di ketiak

Pernah merasakan gatal di ketiak? Tentu sangat mengganggu bukan? Masalah seperti ini bisa terjadi pada pria maupun wanita tanpa terkecuali.

Jelas, gangguan ini dapat menggangu kegiatan sehari-hari dan membuat diri Anda merasa tidak nyaman. Sebenarnya tak hanya di ketiak saja, gatal di bagian tubuh lainnya pun juga pasti yang mengalaminya merasa sangat terganggu.

Perlu untuk Anda ketahui juga, penyebab gatal di ketiak tidak hanya karena bakteri atau kuman saja. Bisa juga disebabkan karena hal-hal yang lainnya.

 

Penyebab Gatal di Ketiak

Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa Anda bisa merasakan gatal pada bagian ketiak :

 

Dermatitis Kontak

Apa itu dermatitis kontak? Dermatitis kontak merupakan munculnya rasa gatal dan biang keringat yang diakibatkan karena ketiak bergesekan dengan benda-benda tertentu seperti deodoran, sabun, minyak wangi, atau zat-zat yang lainnya.

 

Iritasi Kulit

Jika gatal pada ketiak diikuti dengan rasa nyeri, biasanya disebabkan karena iritasi kulit akibat kulit yang terluka. Biasanya terjadi setelah Anda melakukan cukur rambut ketiak.

 

Baca juga : manfaat buah kiwi untuk kecantikan kulit.

 

Folikulitis

Folikulitis merupakan gatal yang disebabkan karena radang pada bulu ketiak yang diakibatkan keringat berlebih, luka cukur, dan penggunaan deodoran.

 

Ruam atau Lecet

Jika ada ruam di ketiak, itu bisa jadi salah satu penyebab mengapa Anda bisa merasakan gatal pada ketiak. Cek ketiak Anda apakah ada lecet atau ruam. Jika ada, segera lakukan tindakan pengobatan.

 

Dermatitis Atopik

Penyebab gatal di ketiak selanjutnya adalah dermatitis atopik. Istilah lainnya yaitu eksim yang merupakan peradangan yang terjadi akibat kulit  kering dan menyebabkan ruam atau kemerahan.

 

Kebersihan Badan yang Tidak Terjaga

Seseorang yang tidak bisa menjaga kebersihan tubuhnya, dapat meningkatkan resiko mengalami gatal-gatal pada bagian tubuh tak terkecuali di ketiak. Untuk itu sangat perlu untuk menjaga kebersihan dengan cara sederhana yaitu mandi setidaknya dua kali dalam sehari.

 

Menggunakan Pakaian yang Terlalu Ketat

Memakai pakaian yang terlalu ketat juga menyebabkan gatal ketiak. Terlebih lagi saat berkeringat dan cuaca panas, rasa gatal itu pasti akan semakin terasa.

 

Tidak Cocok dengan Deodorant

Anda pengguna deodorant tertentu? Jika setelah menggunakan deodorant ketiak Anda gatal maka dapat dipastikan Anda tidak cocok dengan deodorant tersebut. Jangan paksakan untuk memakainya lagi, ganti atau hentikan penggunaannya.

 

Baca juga : rekomendasi deodorant terbaik.

 

Banyaknya Bulu Ketiak

Bagi sebagian orang, mungkin merasa biasa memiliki bulu ketiak yang lebat. Namun Anda harus tau, bahwasanya bulu ketiak yang terlalu libat bisa menyebabkan rasa gatal yang sangat meresahkan.

 

Infeksi Jamur

Ketiak gatal juga bisa disebabkan karena infeksi jamur atau yang dikenal dengan sebutan candidiasis. Tak hanya mengakibatkan gatal saja, infeksi jamur juga membuat ketiak muncul ruam kemerahan.

 

Cara Mengatasi Gatal di Ketiak Paling Ampuh

5+ Cara Mengatasi Gatal di Ketiak paling Ampuh 1
sumber gambar : dove.com

Langsung saja, berikut ini beberapa cara paling efektif untuk mengatasi rasa gatal pada bagian ketiak dan sekitarnya :

 

Menjaga Kebersihan Tubuh

Ini adalah cara paling mudah dan tidak memerlukan biaya yang sangat mahal. Cukup dengan mandi dua kali sehari, maka kecil kemungkinan Anda mengalami gatal-gatal.

Selain itu, ketika mandi disarankan untuk menggosok badan secara halus menggunakan sabun dengan formulasi bahan ringan. Bila sudah selesai mandi, keringkan dengan cara menepuk-nepuk ketiak dengan handuk bersih jangan menggosok terlalu kuat.

 

Rutin Mengganti Baju

Percuma saja mandi dua kali sehari, tapi baju tak pernah sekalipun diganti. Pakaian Anda adalah sarang kuman yang menyebabkan gatal-gatal.

Terlebih lagi jika baju basah karena keringat ataupun hal lainnya, ganti dengan yang baru dan bersih. Mandi dua kali sehari, maka Anda juga harus mengganti pakaian sebanyak dua kali.

 

Kompres Es Batu

Salah satu cara mengatasi gatal di ketiak secara alami adalah dengan mengompres ketiak menggunakan es batu atau air dingin. Efek positifnya, air dingin dapat menghalangi aliran darah ke area yang gatal, menghentikan gatal, serta mengurangi bengkak dan peradangan.

Hindari menempel es batu secara langsung ke ketiak, tetapi es batu harus dibungkus dulu dengan handuk bersih. Tempelkan kantong es ke ketiak selama beberapa menit dan tahan hingga rasa gatal tersebut hilang atau berkurang.

 

Baca juga : cara mengatasi keputihan secara alami.

 

Rajin-rajin Membersihkan Bulu Ketiak

Sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan tadi, salah satu penyebab ketiak gatal adalah banyaknya bulu atau rambut ketiak. Untuk itu, Anda harus rajin-rajin membersihkannya.

Namun mencukurnya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Disarankan untuk memakai shaving cream tanpa pengawai sintetis dan pilih yang mengandung moisturizer supaya tidak melukai kulit.

 

Menggunakan Krim Antijamur

Apabila rasa gatal yang Anda rasakan disebabkan karena infeksi jamur, bisa menggunakan krim antijamur sesuai dengan resep dokter seperti krim hidrokortison, nystatin, clorimazole, calamyne atau salep antijamur lainnya.

Obat-obatan tersebut cukup efektif untuk mengurangi rasa gatal dan memberikan sensasi dingin pada ketiak. Ingat, menggunakan krim tersebut harus sesuai dengan petunjuk dokter ya.

 

Menggunakan Irisan Lemon

Selain es batu, cara mengatasi gatal di ketiak dengan metode alami yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan irisan lemon. Potong kecil-kecil dan letakkan pada bagian yang gatal guna membunuh jamur-jamur di ketiak.

Selain itu, lemon juga dapat dijadikan deodoran alami sehingga Anda tidak perlu membeli deodoran dengan harga yang sangat mahal.

 

Menggunakan Deodorant Bebas Alkohol

Jika saat ini Anda tidak cocok dengan deodorant yang dipakai, cobalah untuk menggantinya dengan yang baru terutama deodorant bebas alkohol.

Deodorant satu ini mengandung bahan lembut yang cocok untuk kulit sensitif. Salah satu produk deodorant untuk mengatasi gatal di ketiak adalah Dove Silk Dry Deodorant dengan 1/4 moisturisting dan 0% alkohol.

Membuat kulit ketiak tetap halus dan selalu kering hingga 48 jam. Mudah digunakan dan bisa diaplikasikan setelah ketiak kering pasca mandi pagi atau sore hari. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko-toko atau supermarket terdekat.

 

Konsultasi dengan Dokter Kulit

Jika semua cara di atas belum bisa mengatasi problem gatal di ketiak, berarti Anda wajib pergi ke dokter kulit untuk berkonsultasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Itulah beberapa tips mengatasi rasa gatal pada ketiak. Cara-cara tersebut tentunya sangat mudah dilakukan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.