Cara Mengganti Data KTP Terbaru 2021

KTP atau Kartu Tanda Penduduk merupakan kartu identitas resmi Warga Negara Indonesia. WNI yang sudah berumur 17 tahun atau sudah menikah berhak mendapatkan KTP.

Bukan hanya sebagai identitas diri saja, KTP sendiri juga berfungsi sebagai persyaratan dalam berbagai keperluan. Seperti pengurusan izin usaha, pembukaan rekening bank, syarat vaksin, pengurusan BPJS, dan masih banyak lagi lainnya.

Indonesia sendiri sudah menggunakan KTP berbasis elektronik sesuai dengan UU No.23 Tahun 2006 & Perpres No.26 Tahunn 2009 dan Perpres No.35 Tahun 2010. E-KTP sendiri berlaku secara nasional sehingga Anda bisa mendapatkan pelayanan pemerintah tanpa harus menggunakan KTP daerah tersebut.

 

Cara Mengganti Data KTP

Cara Mengganti Data KTP Terbaru 2021 1
ilustrasi KTP, gambar via pinterest.

Tahukah Anda? Data pada Kartu Tanda Penduduk bisa Anda ganti apabila memang datanya salah atau memang perlu dilakukan perubahan dikarena status kehidupan Anda yang juga ikut berubah.

Perbaikan data KTP sendiri ada dasar hukumnya, yaitu pasal 64 ayat 8 dan 9 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang bunyinya kurang lebih seperti ini :

  • Ayat 8 : dalam hal terjadi perubahan elemen data, rusak, atau hilang, Penduduk pemilik KTP elektronik wajib melaporkan kepada Instansi Pelaksana untuk dilakukan perubahan atau penggantian.
  • Ayat 9 : dalam hal KTP elektronik rusak atau hilang, penduduk pemilik E-KTP wajib melapor kepada Instansi Pelaksana melalui camat atau lurah/kepala desa paling lambat 14 (empat belas) hari dan melengkapi surat pernyataan penyebab terjadinya rusak atau hilang.

Lalu bagaimanakah cara mengganti data KTP itu? Anda bisa mengikuti panduannya berikut ini :

 

Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Cara Mengganti Data KTP Terbaru 2021 2

Langkah pertama siapkan terlebih dahulu dokumen yang berhubungan dengan data yang akan diubah. Misalnya sebagai berikut :

  • Surat nikah : jika sebelumnya Anda jomblo, lalu mendapatkan jodoh dan menikahinya. Dengan begitu status perkawinan Anda berubah menjadi menikah.
  • Surat cerai : apabila sebelumnya Anda mempunyai suami/istri lalu bercerai maka harus merubah status perkawinan menjadi duda ata janda. Dan untuk melakukan perubahan ini diperlukan surat cerai dari pengadilan.
  • Surat Keterangan RT/RW : dokumen ini diperlukan jika Anda pindah alamat domisili. Misalnya dari semula di RT 2 RW 1 pindah ke RT 4 RW 2, namun jika pindahnya sampai keluar kota maka Anda juga membutuhkan surat keterangan dari kecamatan dan kelurahan.
  • Ijazah : jika Anda ingin menambahkan gelar pada nama di KTP.
  • Surat keterangan dari instansi : dokumen ini berguna untuk merubah data KTP pada kolom pekerjaan.
  • Kartu Keluarga (KK) : dokumen yang diperlukan untuk mengganti NIK atau data lainnya jika terjadi ketidakcocokan data antara data di KK dan di KTP.
  • Akta kelahiran : jika terjadi ketidakcocokan tanggal lahir di akta kelahiran dan di KTP.

Siapkan semua dokumen yang diperlukan dengan sebaik mungkin dan taruh di dalam map supaya rapi. Setiap daerah punya kebijakan berbeda-beda, tapi mayoritas meminta fotocopyannya saja tanpa harus membawa aslinya. Tapi untuk jaga-jaga, bawa saja dokumen asli dan salinannya.

 

Datang ke Dukcapil

Cara Mengganti Data KTP Terbaru 2021 3
dinas dukcapil lahat

Kalau semua dokumen yang diperlukan sudah siap, silakan datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinas Dukcapil) yang ada di daerah Anda. Maksudnya daerah domisili Anda saat ini, bukan dukcapil daerah asal Anda sebelumnya.

Masuk ke bagian loket KTP dan sampaikan keinginan kepada petugas untuk merubah data yang ada di KTP. Serahkan semua dokumen yang sudah dibawa tadi ke petugas.

Selanjutnya Anda akan mendapatkan resi apabila memang perubahan data sudah disetujui. Resi ini berguna untuk mengambil KTP baru yang nantinya data sudah diubah. Dan di resi tersebut ada jadwal pengambilan E-KTP baru.

Jangan lupa tetap taati protokol kesehatan karena sampai saat ini pandemi masih belum berakhir. Kenakan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan sebelum mengurus dokumen ini.

Di beberapa daerah mungkin ada yang menerapkan pengurusan KTP secara online. Anda bisa menanyakannya langsung ke dinas dukcapil setempat.

 

Datang ke Dukcapil (Lagi)

Bila sudah waktunya jadwal pengambilan E-KTP baru, silakan datang kembali ke dukcapil. Jangan lupa membawa E-KTP lama dan juga kartu keluarga.

Ketika datang ke dinas dukcapil, jangan lupa tetap taati protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak saat sudah berada di sana. Selain itu, ada daerah yang orang dukcapilnya sendiri yang mengantar KTP baru tersebut ke rumah Anda.

 

Apa Saja Data yang Bisa Diubah di KTP?

Cara Mengganti Data KTP Terbaru 2021 4
Ilustrasi data KTP, gambar via Pikiran Rakyat

Perlu untuk Anda ketahui, mengganti data di KTP tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Hanya data-data ini yang bisa diubah dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan peraturan perundang-undangan. Apa sajakah itu?

 

Nama

Kasus perubahan nama belakangan ini sering kita lihat di televisi. Misalnya nama yang semula terlalu panjang dan dirubah menjadi lebih pendek, atau mengubah nama karena dinilai kurang apik.

Mengubah nama di Indonesia wajib melalui proses persidangan di pengadilan negeri. Setelah permohonan sudah disetujui oleh majelis hakim, maka Anda baru bisa mengajukan perubahan data KTP di dinas dukcapil.

Saat ke dukcapil jangan lupa membawa dokumen hasil putusan sidang pengadilan negeri, akta kelahiran, KTP elektronik, dan juga kartu keluarga.

Selain itu, penambahan gelar di KTP juga bisa dilakukan dengan syarat membawa ijazah kuliah Anda.

 

NIK

NIK atau Nomor Induk Kependudukan juga bisa Anda ubah apabila datanya tidak sama dengan data yang ada di KTP. Jika ada perbedaan NIK di KTP dan NIK maka yang harus dirubah adalah data yang ada di KTP.

Untuk mengajukan perubahan NIK, datang ke dinas dukcapil dan bawalah kartu keluarga, KTP-el, dan akta kelahiran Anda sebagai persyaratannya.

 

Tempat dan Tanggal Lahir

Jika memang terjadi kesalahan data pada bagian tempat dan tanggal lahir, maka Anda bisa meminta perubahan ke dukcapil setempat. Misalnya ada bulan lahir yang salah atau tahun lahir yang salah, langsung saja datang ke dukcapil.

Bawalah dokumen-dokumen seperti akta kelahiran, Kartu keluarga, dan dokumen-dokumen lain yang dibutuhkan.

 

Alamat Rumah

Pergantian alamat rumah dilakukan jika Anda pindah domisili secara permanen. Misalnya dari kota bandung ke kota Sukabumi.

Jika pindahnya masih dalam satu kelurahan, maka dokumen yang dibutuhkan hanya surat keterangan dari RT RW saja, sementara itu semakin jauh Anda pindah maka semakin banyak dokumen yang harus dipersiapkan.

Sebagai contoh, pindah dari kota A ke kota B maka selain Surat Keterangan RT RW, dibutuhkan juga surat keterangan dari kelurahan/desa dan juga surat keterangan dari kecamatan.

 

Status Perkawinan

Seseorang yang single dan kemudian menemukan jodoh lalu menikah, atau orang yang semula sudah menikah lalu bercerai dengan pasangannya baik cerai mati ataupun cerai talak, berarti ada perubahan dalam status perkawinannya.

Saar mengajukan perubahan, pastikan Anda membawa surat nikah atau surat putusan cerai dari pengadilan ke dinas dukcapil setempat.

 

Pekerjaan

Data terakhir yang bisa dirubah adalah pekerjaan. Misalnya dahulu masih kuliah lalu diterima kerja jadi karyawan di perusahaan swasta, maka data di KTP wajib diubah dari pelajar/mahasiswa menjadi karyawan swasta.

Mintalah surat keterangan dari perusahaan tempat Anda bekerja dan bawa ke dukcapil unuk mengurus perubahan datanya.

 

Baca juga : cara daftar merek secara online.

 

Itulah dia cara mengganti data KTP dengan mudah dan tanpa ribet. Dan proses dari awal dari akhir tidak dipungut biaya sama sekali sesuai dengan ketentuan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Bila ada yang meminta biaya bisa jadi itu calo. Segera laporkan karena tindakannya sudah melanggar peraturan perundang-undangan dan terancam sanksi pidana menurut pasal 95B Undang-undang tersebut dengan ancaman hukuman paling lama enam tahun dan denda maksimal Rp 75.000.000,00.

Tinggalkan komentar