Cara Menggunakan ATM Link, Kamu Harus Tau!

Cara menggunakan ATM Link

Banyak nasabah bank yang bertanya bagaimana cara menggunakan ATM Link. Dan masih banyak juga yang belum terlalu memahami tentang mesin ATM buatan Pemerintah ini. Pada dasarnya, kegunaan ATM Link sama dengan mesin ATM lainnya seperti pengambilan uang, transfer uang, bayar tagihan, cek saldo, dan lain sebagainya.

Yang membedakan adalah ATM Link merupakan mesin ATM hasil kerjasama antara Bank BUMN seperti Bank BTN, BNI, Mandiri dan BRI. Atau dengan bahasa lain, pengertian ATM Link adalah ATM milik empat Bank Negara yang tergabung ke dalam Himpunan Bank Negara yaitu keempat bank yang telah saya sebutkan diatas dan telah berlogo ATM Link. Berbeda dengan ATM Tunai lainnya, ATM Link hanya bisa digunakan untuk keempat bank yang telah saya sebutkan tadi.

Hingga saat ini, total sudah lebih dari 50 ribu ATM Link (Himbara) yang tersebar di seluruh wilayah tanah air. Dan sangat memungkinkan untuk bertambah jumlahnya. Sekadar informasi untuk kalian, ATM link terdekat untuk daerah Talang Jawa, Kabupaten Lahat berada di Indomaret tepatnya berada Jalan Letnan Marzuki, Talang Jawa Selatan. Untuk wilayah lain, kamu bisa searching sendiri di google atau google maps.

ATM Link di Lahat

 

Beberapa Fitur ATM Link

Mesin ATM yang satu ini memiliki beberapa fitur layanan yang bisa kamu gunakan untuk keperluan tertentu yakni sebagai berikut :

  • Tarik Tunai
  • Transfer Uang
  • Cek Saldo
  • Beli Pulsa
  • Bayar Tagihan
  • Isi ulang uang elektronik Himbara (e-Money, Brizzi, Tapcash dan Blink)
Baca juga  Cara Membuat Katalog di Whatsapp dan Mengirimkannya

 

Perbedaan ATM Link dan ATM Bersama

Perbedaan ATM Link dan ATM Bersama

Pada dasarnya ATM Link bisa dikatakan juga sebagai ATM Bersama, hanya saja yang membedakan ATM Link hanya bisa dipakai nasabah bank yang tergolong dalam Himbara (BRI, BTN, Mandiri, dan BNI) tidak bisa untuk bank lainnya. Sementara itu untuk ATM Bersama merupakan Jaringan ATM pertama yang beroperasi di Indonesia dan beranggotakan lebih banyak bank daripada ATM Link.

 

Keuntungan Menggunakan Mesin ATM Link

Menggunakan mesin ATM Link memberikan banyak sekali keuntungan bagi anda sebagai seorang nasabah bank pemerintah. Beberapa faedah tersebut diantaranya yaitu :

 

Biaya Tarik Tunai Gratis!

Dengan mengambil uang di ATM Link, kamu bakal terbebas dari biaya. Walau dilakukan di ATM Bank Lain. Berbeda halnya jika kamu melakukan tarik tunai di jaringan ATM Bersama yang dikenakan biaya sekitar 6500 apabila dilakukan di bank lain.

 

Cek Saldo Gratis

Selain tarik tunai gratis, di ATM Link kamu bisa cek saldo secara gratis. Beda dengan cek saldo di ATM bersama yang dikenakan biaya 4000 rupiah (kalau tidak salah).

 

Biaya Transfer yang Murah

Biaya transfer ATM Link

Keuntungan ketiga adalah biaya transfer antar bank Himbara yang sangat murah yaitu 4000 saja per transaksinya. Sedangkan tarif transfer ke non bank BUMN sebesar Rp 6.500 per transaksinya. Tentu hal ini bisa meringankan sedikit beban kamu secara finansial saat melakukan transfer.

 

Mudah Dijangkau

Walaupun jumlahnya jauh sedikit jika dibandingkan dengan ATM Bersama, namun melihat dari jumlah ATM Link di Indonesia tidak bisa dikatakan sedikit karena jumlahnya yang mencapai 53 ribu mesin ATM di seluruh wilayah tanah air. Tentu hal ini dapat membantumu dengan lebih mudah!

Baca juga  Cara Menggunakan Sidik Jari Whatsapp, Sangat Mudah!

 

Cara Menggunakan ATM Link BRI

Pada dasarnya cara menggunakan ATM Link BRI maupun di Bank Himbara lainnya adalah sama. Untuk kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana tarik tunai dan juga cek saldo di ATM Link. Bagaimana caranya? Simak panduannya pada konten berikut ini

 

Cara Tarik Tunai ATM Link

  • Cari ATM Bank BUMN yang berlogo ATM Link
  • Berikutnya masukkan kartu ATM kamu dan pilih bahasa (pilih saja bahasa Indonesia agar lebih mudah).
  • Langkah selanjutnya, masukkan pin ATM kamu dengan benar. Awas hati-hati jangan sampai salah dan ketahuan oleh orang disekitarmu.
  • Selanjutnya bakal muncul nominal tarikan uang yaitu 50.000, 200.000, 250.000, 500.000, 1.000.000, 1.250.000. Silakan klik salah satu nominal tersebut untuk proses pengambilan Uangnya. Dan apabila kamu ingin melakukan tarik tunai dalam jumlah lain (misal 100.000), silakan pilih penarikan jumlah lain dan ikuti pedoman selanjutnya.
  • Terakhir pilih sumber dana dari rekening tabungan dan tunggu hingga struk, kartu ATM, dan uang kamu keluar.

 

Cara Cek Saldo ATM Link

Sementara itu, untuk mengecek saldo dapat kamu lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Masukkan kartu ATM lalu pilih bahasa
  • Tekan PIN secara hati-hati agar tidak ketahuan oleh orang lain.
  • Pilih menu lainnya.
  • Selanjutnya klik informasi saldo
  • Tunggu prosesnya selesai dan jumlah saldo kamu pun bakal di muncul pada mesin ATM tersebut.

 

Bagaimana? Sangat mudah bukan penerapan cara menggunakan ATM Link di atas? Bila di daerah kamu terdapat mesin ATM seperti itu (re:atm link) saya sarankan untuk tarik tunai di sana saja, karena bisa jadi solusi terbaik dalam perbankan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Bagikan tulisan ini

Tinggalkan komentar