5 Cara Menghemat Kuota Instagram Terampuh

Sudah bukan rahasia lagi jika instagram menjadi salah satu media sosial favorit di Indonesia bahkan dunia. Berdasarkan data dari Napoleon Cat, pada rentang waktu Januari hingga Mei 2020, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 69,2 juta pengguna.

Ada banyak alasan mengapa orang begitu menyukai sosial media ini. Salah satunya adalah banyaknya fitur-fitur menarik yang disediakan, tak hanya itu saja saat ini instagram sudah bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

Namun meski begitu, bukan berarti instagram tidak punya kekurangan sama sekali. Instagram dikenal sebagai aplikasi yang sangat boros kuota karena harus melihat foto dan juga video, belum lagi Instagram TV yang merupakan video dengan durasi yang agak panjang.

Karena hal itu juga membuat sebagian orang masih berpikir-pikir untuk memakai instagram. Apalagi kalau tidak perlu-perlu amat, lebih baik pilih aplikasi lain yang sejenis dan tidak memakan banyak kuota.

 

Baca : cara menghemat kuota YouTube.

 

Cara Menghemat Kuota Instagram

5 Cara Menghemat Kuota Instagram Terampuh 1

Tapi Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan guna meminimalisir penggunaan kuota saat mengakses Instagram. Apa saja itu? Berikut beberapa tips yang dapat saya bagikan.

 

Menggunakan Fitur Penghemat Data

5 Cara Menghemat Kuota Instagram Terampuh 2

Sudah tahukah Anda? Bahwa instagram memiliki fitur khusus yang bisa dimanfaatkan agar bisa menghemat penggunaan data internet saat mengaksesnya.

Pada aplikasi instagram versi terbaru, begini langkah-langkah mengaktifkan fitur tersebut :

  • Setelah login ke akun Anda, silakan buka bagian pengaturan.
  • Selanjutnya pilih akun lalu pilih ‘penggunaan data seluler’.
  • Terakhir, aktifkan mode penghemat data.

 

Atur Resolusi Media

5 Cara Menghemat Kuota Instagram Terampuh 3

Salah satu penyebab mengapa Instagram boros kuota adalah karena resolusi media yang terlalu tinggi. Untuk itulah, kamu perlu menurunkan sedikit kualitasnya.

Begini cara mengatur resolusi media pada aplikasi instagram versi terbaru :

  • Sama seperti tips pertama, setelah login silakan menuju ke settings atau pengaturan.
  • Kemudian pilih akun >>> pilih penggunaan data selular.
  • Pada ‘Media Beresolusi Tinggi’ silakan pilih ‘tidak’ atau setidaknya pilih ‘WiFi saja’ agar foto atau video dengan resolusi tinggi hanya tersedia saat terhubung dengan jaringan WiFi.

 

Akses Instagram Lewat Browser

5 Cara Menghemat Kuota Instagram Terampuh 4

Salah satu cara menghemat kuota Instagram adalah dengan mengaksesnya melalui browser, bukan melalui aplikasi. Caranya cukup dengan mengunjungi situs instagram.com lalu login seperti biasa.

Perlu untuk Anda ketahui, instagram di browser dengan di aplikasi sangat jauh berbeda. Instagram browser fitur-fiturnya dibatasi dan sebagian hanya bisa diakses melalui aplikasi. Mungkin inilah yang membuat penggunaannya tidak terlalu menghabiskan banyak kuota.

 

Baca juga : cara mendownload instastory.

 

Matikan Notifikasi

Sebenarnya notifikasi ini juga penting untuk mengetahui pemberitahuan terbaru dari Instagram walau Anda sedang tidak membuka aplikasinya. Namun sayangnya, notifikasi muncul bertubi-tubi membuat kuota internet menjadi sedikit terkuras.

Maka dari itu, matikan saja notifikasi Instagram melalui menu pengaturan. Atau paling tidak aktifkan notifikasi hanya untuk orang atau akun-akun tertentu saja.

 

Gunakan WiFi

5 Cara Menghemat Kuota Instagram Terampuh 5

Cara terakhir ini dijamin manjur dalam menghemat kuota internet saat menggunakan instagram. Bahkan Anda sama sekali tidak menggunakan kuota internet karena sudah ada WiFi.

Jadi, kalau mau main instagram sekali-kali cobalah untuk memainkannya di lokasi atau tempat yang ada akses WiFinya. Jika ada keluarga atau teman Anda yang baik hatinya, coba minta hotspot kepadanya. Semoga berhasil.

 

Baca juga : cara mengaktifkan dark mode instagram.

 

Nah, sangat mudah bukan? Itulah beberapa cara menghemat kuota instagram yang dapat Anda terapkan. Setelah mencobanya, dijamin paket data Anda tidak cepat habis sehingga tidak sering keluar uang untuk membeli kuota.

Tinggalkan komentar