5 Cara Menghemat Kuota Whatsapp Anti Boros

Walau saat ini jumlah pengguna whatsapp sedikit mengalami penurunan akibat rencana kebijakan privasi baru, tetapi tetap saja aplikasi banyak penggunanya. Tidak semua berpaling, sebagian masih bertahan dan tetap ingin menggunakan aplikasi whatsapp.

Wajar saja mengingat whatsapp merupakan salah satu aplikasi pesan instan terpopuler. Bukan hanya di Indonesia saja, tetapi juga di dunia. Siapapun yang punya android, kemungkinan besar terdapat aplikasi whatsapp di dalamnya.

Pemakaian whatsapp membutuhkan koneksi internet sehingga Anda wajib mengisi kuota internet apabila ingin chatting atau telepon kepada orang lain menggunakan aplikasi ini. Terkadang hal ini juga dikeluhkan sebagian pengguna karena menganggap whatsapp adalah aplikasi yang cukup boros kuota.

 

Cara Menghemat Kuota WhatsApp

5 Cara Menghemat Kuota Whatsapp Anti Boros 1
gambar via freepik.com

Nyatanya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar kok. Memang pemakaian mengorbankan kuota internet Anda, tetapi tidak terlalu sadis juga apabila Anda menggunakannya secara bijak.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana cara mengatasi whatsapp boros kuota dengan berbagai metode. Yuk, disimak!

 

Baca yuk : tips menghemat kuota YouTube.

 

Gunakan Mode Hemat Panggilan

Panggilan WhatsApp menjadi salah satu penyumbang terbesar borosnya kuota internet Anda. Terlebih lagi jika Anda nelepon dalam jangka waktu yang sangat lama, bisa-bisa telpon belum selesai kuota Anda sudah habis duluan.

Tapi untungnya WhatsApp punya fitur khusus yang bisa menghemat kuota saat menelpon maupun menerima panggilan. Cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut :

  • Setelah membuka aplikasi whatsapp, silakan pilih tanda titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

5 Cara Menghemat Kuota Whatsapp Anti Boros 2

  • Berikutnya pilih setelan kemudian pilih ‘penyimpanan dan data’.

5 Cara Menghemat Kuota Whatsapp Anti Boros 3

  • Terakhir, aktifkan mode ‘kurangi penggunaan data panggilan’.

5 Cara Menghemat Kuota Whatsapp Anti Boros 4

 

Baca juga : cara menggunakan fitur pesan sementara whatsapp.

 

Jangan Aktifkan Unduh Otomatis Media

Cara menghemat kuota whatsapp selanjutnya adalah dengan tidak mengaktifkan auto download media. Jadi, apabila Anda tidak mengaktifkan fitur tersebut, saat mendapatkan kiriman gambar dari orang lain gambar tidak otomatis terunduh tetapi Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Mengaktifkan fitur unduh otomatis media cukup merugikan terutama bagi Anda yang ikuti tergabung ke dalam banyak grup WA. Secara tidak sadar, tiba-tiba saja banyak gambar yang masuk dari anggota grup lainnya.

Saya sarankan untuk menonaktifkan saja fitur ini demi penghematan kuota internet walaupun sedikit. Berikut cara menonaktifkannya :

  • Setelah Anda membuka whatsapp, tap tanda titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih setelan.

5 Cara Menghemat Kuota Whatsapp Anti Boros 5

  • Berikutnya, pilih ‘penyimpanan dan data’.

5 Cara Menghemat Kuota Whatsapp Anti Boros 6

  • Pada bagian Unduh Otomatis Media, nonaktifkan semua baik ketika menggunakan data seluler, roaming, maupun WiFi. Atau setidaknya hanya diaktifkan saat terhubung dengan WiFi.

5 Cara Menghemat Kuota Whatsapp Anti Boros 7

 

Baca juga : cara melihat status WA tanpa ketahuan.

 

Atur Waktu Backup ke Google Drive

Seluruh pesan maupun media yang ada di dalam WA bisa dibackup untuk alasan keamanan. Biasanya backup secara otomatis terjadi pada pukul 02.00 WIB dini hari.

Memang hal itu bagus, namun sayangnya backup otomatis membuat kuota internet sedikit terkuras. Terlebih lagi, kalau chat dan media yang ada di dalamnya sangat banyak, tentu kuota yang berkurang juga semakin banyak.

Sebaiknya atur saja periode melakukan backup ke google drive dengan cara sebagai berikut :

  • Buka aplikasi whatsapp > setelan.

5 Cara Menghemat Kuota Whatsapp Anti Boros 8

  • Setelah itu pilih chat lalu pilih ‘cadangan chat’.

5 Cara Menghemat Kuota Whatsapp Anti Boros 9

  • Pada bagian ‘Cadangkan ke Google Drive’ silakan pilih ‘Hanya Ketika Saya Mengetuk Cadangkan’

5 Cara Menghemat Kuota Whatsapp Anti Boros 10

  • Jangan lupa untuk mengatur akun google sebagai tempat backup.
  • Jika mau lebih hemat lagi, atur supaya pencadangan hanya dilakukan melalui WiFi saja dan jangan sertakan backup video (seperti pada gambar di bawah ini).

5 Cara Menghemat Kuota Whatsapp Anti Boros 11

 

Baca juga : cara membuat stiker whatsapp.

 

Liat Statistik Penggunaan Jaringan

Pada WhatsApp versi baru, sudah terdaftar fitur untuk memantau statistik penggunaan jaringan whatsapp. Baik itu panggilan, media, pesan, status, maupun yang lainnya.

5 Cara Menghemat Kuota Whatsapp Anti Boros 12

Dengan melihat data-data di atas diharapkan pengguna bisa lebih mengontrol penggunaan whatsapp daripada sebelumnya. Misal dengan cara tidak terlalu sering chatting atau telepon, tidak terlalu sering buat atau melihat status, ataupun yang lainnya.

 

Baca juga : cara update story WA di komputer.

 

Gunakan WiFi

Cara menghemat kuota whatsapp dan sangat ampuh dilakukan adalah menggunakan WiFi. Dijamin kuota internet Anda tidak berkurang sedikitpun.

Jika di rumah Anda belum terpasang WiFi, bisa cari di tempat-tempat umum seperti kafe atau rumah makan. Bisa juga dengan cara meminta hotspot kepada orang lain, tapi jangan terlalu memaksa karena itu bukan sikap yang bagus.

 

Baca juga : cara menghemat kuota instagram.

 

Demikian penjelasan mengenai cara menghemat kuota whatsapp dengan berbagai trik yang terbukti ampuh. Semoga bermanfaat dan silakan dicoba.

Tinggalkan komentar