Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami Tanpa Efek Samping

Darah tinggi atau yang juga disebut sebagai hipertensi merupakan suatu kondisi yang menunjukkan tekanan darah berada di atas angka 130/80 mmHg. Hipertensi adalah penyakit yang berbahaya karena menyebabkan berbagai penyakit lainnya seperti stroke, gagal ginjal, dan gagal jantung. Kondisi ini disebabkan karena jantung dipaksa memompa darah terlalu keras ke seluruh tubuh.

Di Indonesia sendiri, angka penderita hipertensi tergolong sangat tinggi. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, pada tahun 2016 jumlah penderita darah tinggi mencapai 63.309.620 kasus dengan angka kematian sebanyak 427 ribu.

Bahkan hipertensi menjadi salah satu masalah kesehatan paling penting di Indonesia. Bukan hanya itu saja, jumlah penderita penyakit hipertensi di dunia juga tergolong besar. Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan, 1 dari 3 orang di dunia terdiagnosis menderita hipertensi.

Bahkan pada tahun 2025, diprediksi akan ada 1,5 miliar orang terserang hipertensi. Serta 9,4 juta penduduk dunia diprediksi akan meninggal dunia baik karena penyakit hipertensi maupun karena komplikasi. (Sumber : WHO, Riskesdas 2013).

Untuk itulah, sebaiknya anda tidak menganggap enteng gangguan penyakit yang satu ini. Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara menurunkan darah tinggi secara alami, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab dan gejala dari penyakit hipertensi. Berikut penjelasannya

 

Penyebab Hipertensi atau Darah Tinggi

Sebenarnya, ada tidak ada penyebab pasti mengapa orang bisa terjangkit penyakit yang satu ini. Hanya saja terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang bisa terkena penyakit darah tinggi.

Faktor-faktor ini antara lain yaitu gen atau keturunan, gaya hidup yang tidak sehat, merokok, konsumsi makanan asin dan berlemak, serta efek samping dari obat-obatan tertentu. Menurut para ahli, berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab hipertensi :

  • Keturunan
  • Usia (diatas 35 tahun lebih rentan terhadap Hipertensi).
  • Pola makan yang tidak sehat.
  • Kegemukan atau obesitas.
  • Jarang berolahraga
  • Sering merokok dan minum alkohol.
  • Stres.
Baca juga :  Cara Mengobati Vertigo Secara Alami, Aman Tanpa Efek Samping!

 

Baca juga : penyebab wanita sulit hamil.

 

Gejala Hipertensi

Gejala Hipertensi yang utama adalah sakit kepala, terutama pada pagi hari. Namun tahukah anda? Bukan hanya itu gejala dari penyakit darah tinggi. Berikut ini beberapa kondisi yang menandakan seseorang terserang hipertensi menurut ahli di WHO :

  • Mual dan muntah.
  • Pandangan kabur.
  • Telinga berdengung.
  • Nyeri dada.
  • Kelelahan.
  • Irama jantung tidak teratur.
  • Cemas.
  • Tremor otot.

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan di atas waspadalah dan segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pertolongan. Selain itu, pengecekan tekanan darah secara teratur juga sangat diperlukan untuk mendeteksi penyakit ini secara lebih dini.

 

Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami Tanpa Efek Samping 1

Kebanyakan seseorang akan mengkonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Padahal hal tersebut sangat berbahaya, apalagi jika anda melakukannya tanpa petunjuk dari seorang dokter.

Namun untungnya, kini telah ditemukan beberapa metode alami yang bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tentu saja cara berikut ini sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping sama sekali.

 

Baca juga : cara mengobati batu ginjal.

 

1. Berolahraga Secara Teratur

Salah satu hal yang menjadi penyebab meningkatnya tekanan darah adalah karena kita jarang berolahraga. Berdasarkan fakta inilah, sebaiknya olahraga harus rutin dilakukan. Tidak perlu yang terlalu berat, yang ringan ringan saja asal rutin melakukannya. Beberapa olahraga yang bagus untuk dilakukan antara lain bersepeda, jogging, dan lari.

 

2. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Selain karena jarang berolahraga, hipertensi juga bisa disebabkan karena tubuh yang kegemukan atau yang biasa disebut sebagai obesitas. Untuk itu, sangat penting bagi anda untuk menjaga berat tubuh agar tetap ideal.

Baca juga :  5+ Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami, Aman dan Efektif!

Jika berat badan terlalu berlebih, mulailah untuk mencoba untuk menurunkannya, salah satunya dengan program diet. Jika berat badan sudah turun, maka  risiko ketidaklancaran aliran darah akibat tumpukan lemak akan menjadi minim, dan hal ini membuat tekanan darah menjadi lebih terjaga. (Baca juga : khasiat buah kiwi untuk diet sehat).

 

3. Jangan Stres

Salah satu cara mengatasi tekanan darah tinggi adalah dengan menjaga pikiran agar tidak terlalu stres. Jika anda stres, maka tubuh akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol yang dapat mempersempit pembuluh darah. Aliran darah jadi terhambat dan tekanan darah pun jadi meningkat.

Maka dari itu, jaga pikiran anda jangan sampai berpikir terlalu berat. Jangan lupa untuk rutin melakukan relaksasi seperti yoga agar pikiran menjadi enjoy dan tenang. Melakukan hobi yang disukai juga menjadi cara alternatif yang bagus untuk menenangkan pikiran.

 

4. Kurangi Konsumsi Garam

Jika anda ingin menurunkan tekanan darah, maka salah satu cara bagus yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi garam. Hal ini bisa diterapkan ketika anda menambahkan penyedap tersebut ke dalam masakan. Kurangi jumlahnya, atau gantilah dengan penyedap yang lebih alami.

Sensitivitas garam setiap orang berbeda-beda. Namun, Departemen Kesehatan Indonesia memberikan rekomendasi batasan konsumsi garam, yaitu sebanyak 2000 mg natrium/sodium atau setara satu sendok teh. Jadi, sebaiknya anda berpedoman pada hal ini.

 

5. Mengkonsumsi Daun Kelor

Cara menurunkan darah tinggi secara alami yang juga bisa anda lakukan adalah dengan memakan daun kelor atau daun Moringa. Tumbuhan ini memang kaya akan manfaat, bukan hanya bisa menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi tetapi juga bisa mengatasi penyakit lainnya seperti diabetes, asam urat, rematik, amandel, hingga serangan jantung.

Di dalam daun Moringa terkandung antioksidan dan senyawa lain yang dibutuhkan tubuh. Tanaman yang satu ini juga kaya akan vitamin dan juga mineral. Bukan hanya itu saja, kelor juga dapat memperlancar peredaran darah di dalam jantung.

Baca juga :  5+ Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Aman Dilakukan

 

Memperkenalkan Obat Darah Tinggi Mosehat

obat darah tinggi Mosehat

Jika anda kesulitan menemukan daun kelor untuk diolah menjadi obat darah tinggi, tak perlu bingung dan khawatir. Sebab, saat ini sudah hadir daun Moringa yang sudah diolah menjadi jamu tetes dan cocok  untuk anda penderita tekanan darah tinggi

Obat darah tinggi Mosehat ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai marketplace kesayangan anda. Ada di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan juga Bukalapak. Tak perlu ragu, semua produk yang dijual mosehat pasti aman dan legal.

Mosehat telah mengantongi izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan serta Departemen Kesehatan. Jadi, soal legalitas obat satu ini tidak perlu diragukan lagi. Obat darah tinggi Mosehat juga halal sehingga bisa dikonsumsi bagi anda pemeluk agama Islam.

 

Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami dengan Jamu Tetes Mosehat

Berbeda dengan jamu lainnya yang cenderung pahit, jamu tetes dari mosehat lebih enak dikonsumsi dan tidak terlalu pahit seperti obat-obatan lainnya. Mengkonsumsi obat satu ini sangatlah mudah, teteskan 8 sampai 10 tetes obat ke dalam 50 militer air hangat. Selanjutnya aduk dan minum secara rutin tiga hingga lima kali sehari.

Insyaallah dalam waktu 1-2 hari ke depan ada perubahan yang lebih baik pada tekanan darah anda. Jadi jauh menurun jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami Tanpa Efek Samping 2

 

Tips lainnya : cara mengobati vertigo secara alami.

 

Demikian beberapa hal yang bisa saya sampaikan mengenai cara menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) secara alami dan tanpa efek samping. Cara di atas akan semakin efektif apabila diimbangi pola hidup yang sehat dalam kehidupan sehari-hari. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar