5+ Contoh Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan

Contoh pekerjaan freelance

Konten ini membahas tentang beberapa contoh pekerjaan freelance yang menjanjikan. Freelance atau yang juga disebut pekerja lepas merupakan salah satu jenis pekerjaan yang dilakukan tanpa harus memiliki kantor. Seseorang yang bekerja sebagai freelance disebut freelancer dan ia dapat bekerja dimana saja tanpa terikat kontrak.

Namun meskipun begitu, kamu tidak bisa bekerja seenaknya sebagai seorang freelancer. Tetap ada target yang harus kamu capai, dan ada deadline yang juga harus kamu kejar. Bekerja sebagai freelancer mengajarkan tentang kejujuran dan juga kedisplinan dalam bekerja.

Tidak ada istilah gaji freelance, adanya adalah penghasilan. Mengapa begitu? Sebab pekerja lepas tidak dibayar rutin per bulan, tetapi dibayar setelah projects telah selesai dikerjakan. Jadi, setiap bulannya, seorang freelancer bisa mendapatkan penghasilan yang jauh lebih banyak.

Bahkan, jumlah pekerja freelance pun semakin meningkat setiap tahunnya. Menurut data dari BPS Per Mei 2019, pekerja lepas (freelance) berjumlah 5,89 juta orang. Bahkan menurut Centre of Reform on Economics (CORE), freelance dapat menjadi tren pekerjaan di masa mendatang.

Serba serbi freelance

 

Contoh Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan

Mengapa harus menjadi freelancer? Alasan utamanya tentu untuk mendapatkan penghasilan. Tak hanya itu saja, dengan menjadi freelancer membuat kamu bisa bekerja secara lebih nyaman. Kamu bisa bekerja di kamar sehingga tak ada yang mengganggu dan tentu saja privasi lebih terjaga.

Lalu bagaimana dengan penghasilannya? Bukankah menjadi freelancer itu belum tentu terima bayaran setiap bulan? Jika ada yang mengatakan bahwa, menjadi freelance tidak akan merubah apapun pada diri kamu, maka hal itu jelas adalah sebuah mitos!

Daniel Ginong Pratidya Gada, merupakan seseorang full time freelancer indonesia yang bisa mendapatkan penghasilan US$ 2.000 hingga US$ 2.500 per bulan. Atau jika dirupiahkan menjadi sekitar 35 juta rupiah! Sungguh menakjubkan bukan? Tentu penghasilan itu tidak diperoleh dalam waktu sekejap mata, namun melalui proses yang begitu panjang.

Pekerjaan ini cocok dilakukan oleh siapa saja. Anak sekolah, mahasiswa, para lulusan kuliah, lulusan SMA, atau siapa saja yang ingin memperoleh penghasilan. Walaupun kamu telah bekerja di suatu perusahaan, kamu tetap dapat bekerja sebagai seorang freelancer. Tentunya, harus bisa membagi waktu antara urusan kantor dan urusan freelancer.

Lalu apa saja contoh pekerjaan freelance yang bisa kamu lakukan? Tentu saja ada banyak, namun pada artikel ini saya akan memberikan beberapa contoh yang terbaik. Mari, simak penjelasannya pada konten berikut ini.

 

Penulis Konten

5+ Contoh Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan 1

Penulis konten atau yang lebih dikenal dengan sebutan Content writer merupakan sebuah profesi yang sangat dibutuhkan di era teknologi seperti saat ini. Content writer adalah orang-orang yang menulis di media online seperti blog, website, ataupun sosial media.

Untuk menjalani pekerjaan ini, tentu saja kamu harus mempunyai skill menulis yang bagus. Bukan sekedar menulis biasa, tetapi menulis dengan kata-kata yang luar biasa. Tak hanya tulisan bahasa Indonesia saja, kemampuan menulis konten dengan bahasa asing (terutama bahasa Inggris) sebaiknya juga kamu kuasai.

Menulis bahasa Inggris biasanya dibayar jauh lebih mahal daripada menulis bahasa Indonesia. Jika kamu menguasai keduanya, tentu dapat membantumu untuk bisa mendapatkan lebih banyak penghasilan.

Baca juga  Customer Service Manusia : Ada atau Bakalan Tiada?

 

Web Designer

5+ Contoh Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan 2

Contoh pekerjaan freelance online selanjutnya adalah menjadi seorang web designer. Perancang web atau web designer merupakan suatu profesi yang mengharuskan seseorang membuat sebuah website. Tentu seseorang harus mempunyai kemampuan koding untuk bisa menjadi seorang web designer, terutama untuk bahasa HTML, CSS, JavaScript, dan juga PHP.

Selain itu, kamu juga harus memastikan website terlihat lebih menarik karena seorang perancang web pada dasarnya juga harus menguasai penggunaan beberapa tools seperti adobe Photoshop atau Corel Draw. Bayaran yang bisa kamu terima tentu saja sangat tinggi, tergantung dari kualitas website yang telah dibuat.

Baca juga  Pentingnya Website Agar Bisnis Online Semakin Maju

 

Desainer Grafis

5+ Contoh Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan 3

Desainer grafis merupakan salah satu contoh pekerjaan freelance untuk mahasiswa, siswa, atau siapa saja yang punya hobi dan keahlian menggambar. Tentu bukan sembarangan orang bisa menjadi seorang desainer grafis, sebab mereka dituntut memiliki kemampuan tinggi dalam hal mendesain dan menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Baik itu logo, banner, infografis, ataupun gambar yang lainnya.

Desainer grafis sangat dibutuhkan perusahaan yang membutuhkan logo untuk kebutuhan branding dan juga pemasaran. Selain dapat mengasah kreativitas, kamu pun bisa mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit. Tentu, semakin bagus gambar yang kamu buat, bukan tidak mungkin bayaran yang kamu terima bisa jauh lebih besar.

Baca juga  2 Cara Cek Perusahaan Terdaftar atau Tidak, Pencari Kerja Harus Tau!

 

Data Entry

5+ Contoh Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan 4

Data entry merupakan sebuah pekerjaan dengan tugas memasukkan sebuah data ke sistem komputer. Biasanya banyak lulusan SMA ataupun kuliah yang menjalani salah satu profesi freelance ini karena dianggap sangat mudah dilakukan. Namun untuk menjalani pekerjaan ini, kamu harus memiliki beberapa keterampilan dasar seperti komputer, mengetik, dan keterampilan administrasi dasar.

Lowongan pekerjaan sebagai seorang pemasuk data entri memang sangat mudah ditemukan. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam memilih. Pastikan memilih website untuk pekerja lepas yang benar-benar terpercaya dan sudah memiliki nama besar. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari segala bentuk penipuan.

Baca juga  Terbaru! Beginilah Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Chrome Android

 

Ahli SEO

5+ Contoh Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan 5

Contoh pekerjaan freelance yang menjanjikan berikutnya adalah dengan menjadi seorang ahli SEO atau yang lebih dikenal dengan sebutan SEO Specialist. Kemampuan ini tidak dimiliki oleh banyak orang, dan untuk melakukannya pun bukanlah perkara yang mudah. Maka tak heran, jika bayaran seorang SEO Specialist sangatlah tinggi. Berbeda dengan pekerjaan yang lainnya.

Seseorang yang berprofesi sebagai ahli SEO dituntut untuk bisa membuat sebuah konten berada di posisi teratas mesin pencari google. Tentu mereka tidak bisa bekerja sendirian, karena harus bekerja sama dengan unsur lainnya seperti content writer, web designer, dan juga designer grafis. Tentu saja, jika kamu ingin menjalani profesi ini, dasar-dasar SEO harus diketahui terlebih dahulu.

Baca juga  Berikut Cara Mengubah File PDF ke Doc Melalui Android

 

Digital  Marketer

5+ Contoh Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan 6

Menjadi seorang freelancer digital marketer merupakan sesuatu hal yang sangat menguntungkan dan menjanjikan. Sebab, kamu bisa mendapatkan banyak Penghasilan dari pemasaran via internet yang telah dilakukan. Tentu saja, perusahaan besar maupun kecil sangat memerlukan seorang Digital marketer untuk memasarkan produk dan layanannya lewat Internet.

Profesi ini menuntut kamu memiliki keahlian di bidang pemasaran. Selain itu, kamu juga harus paham tentang beberapa hal yang berhubungan dengan digital marketing seperti email marketing, search engine marketing, google analitycs, PPC, social media, dan lain sebagainya.

Baca juga  2 Cara Mengubah File PDF ke Excel Secara Online

 

Data Scientist

5+ Contoh Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan 7

Suka bekerja dengan angka dan juga data? Kamu bisa bekerja sebagai pekerja lepas data Scientist. Di era teknologi seperti saat ini, bekerja dengan data memang menjadi suatu keharusan dan tentu saja orang-orang yang memiliki keahlian tersebut bakal dicari oleh banyak perusahaan. Sebagai seorang data Scientist, kamu harus menguasai beberapa kemampuan antara lain mengumpulkan dan memfilter data, pemodelan data, serta programming scripting + domain-specific expertise

Baca juga  5+ Bisnis Anak Sekolah yang Menguntungkan, Kamu Wajib Coba!

 

Bagaimana Caranya Menjadi Seorang Freelancer?

Caranya sangat mudah, kamu tinggal mendaftar saja di salah satu web freelance terpercaya di Indonesia. Carilah perusahaan yang menawarkan sistem rekening bersama (escrow) supaya ada jaminan keamanan. Sebagai seseorang pencari kerja, jangan lupa untuk menyiapkan portofolio terbaik supaya keahlian kamu dilirik sehingga bisa cepat mendapatkan pekerjaan.

Selalu berkomunikasi baik dengan pemberi kerja. Usahakan kirim hasil dan selesaikan pekerjaan sebelum deadline tiba. Jika sampai terlambat, kemungkinan besar kamu tidak akan digunakan lagi dan akhirnya kamu sendiri pun yang akan rugi. Untuk itulah, jalani pekerjaan ini dengan sebaik mungkin secara fokus agar cepat selesai. Bila hasilnya selalu memuaskan, maka bukan tidak mungkin Job akan selalu berdatangan.

Baca juga  10 Kelebihan dan Kekurangan Freelance, Masihkah Anda Yakin?

Itulah beberapa contoh pekerjaan freelance menjanjikan yang bisa dijalankan oleh siapapun. Sekian dan selamat mencoba mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi seorang pekerja lepas. Lakukan secara tekun dan ulet maka hasil terbaik bisa kamu dapatkan.

Bagikan tulisan ini

2 pemikiran pada “5+ Contoh Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan”

  1. Dunia freelamcer sangat beragam, saya bisanya sebagai narablog dan belum ahli SEO. Berat banget agar bisa berada di posisi teratas mesin pencari. Butuh kerja keras dan kerja cerdas yang tidak seketika beroleh hasil memuaskan, ada tahapan untuk dilalui.
    Era digital adalah ladang kerja bagi freelamcer, sayang nya saya masih belum bisa beroleh penghasilan tetap, bahkan bulanan saja jarang, tidak pasti adanya.

Tinggalkan komentar