5+ Fitur Terbaru Whatsapp 2020 paling Menarik

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang didirikan oleh Jan Koum dan Brian Action. Dulunya, tampilan dan fitur dari whatsapp masih sangat sederhana, serta penggunanya masih sangat sedikit.

Namun kini semuanya berubah. Tak hanya soal tampilannya yang semakin bagus, fitur-fitur serta jumlah pemakainya pun semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Berdasarkan laporan dari The Wall Street Journal, hingga tahun 2018 whatsapp telah memiliki pengguna sebanyak 1,5 miliar dari seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Dan pada tahun 2019, menurut laporan dari App Annie whatsapp menjadi pesan instan paling populer karena memiliki pengguna aktif bulanan terbanyak.

 

Fitur Terbaru Whatsapp 2020

5+ Fitur Terbaru Whatsapp 2020 paling Menarik 1

Dan di tahun 2020 ini, whatsapp lebih banyak fitur terbaru yang lebih memanjakan penggunanya. Baik itu untuk whatsapp messenger maupun whatsapp business.

Berikut ini beberapa fitur whatsapp terbaru yang jarang diketahui. Apa saja itu? Mari simak ulasan selengkapnya pada konten berikut ini :

 

Fitur Mute Selamanya

Fitur terbaru pertama yang ada pada aplikasi whatsapp (messenger + business) adalah fitur mute yang bisa diaktifkan selamanya. Berbeda dengan versi sebelumnya yang maksimal hanya satu tahun saja.

Berbekal fitur yang satu ini, Anda bisa membisukan atau mematikan notifikasi grup selamanya. Kalaupun Anda hanya ingin mute sementara, bisa pilih bisukan pemberitahuan selama 8 jam atau satu minggu.

Berikut ini cara membisukan pemberitahuan grup untuk selamanya :

  • Pertama, silakan buka terlebih dahulu aplikasi whatsapp.
  • Buka grup yang ingin dibisukan notifikasinya.

5+ Fitur Terbaru Whatsapp 2020 paling Menarik 2

  • Klik tanda titik tiga yang berada di pojok kanan atas. Kemudian pilih ‘bisukan notifikasi’.

5+ Fitur Terbaru Whatsapp 2020 paling Menarik 3

  • Langkah selanjutnya, silakan pilih ‘selalu’ apabila Anda ingin mematikan notifikasi grup selamanya.

5+ Fitur Terbaru Whatsapp 2020 paling Menarik 4

 

Sidik Jari

WhatsApp juga memiliki fitur yang tergolong masih baru, yaitu sidik jari. Fitur keamanan yang satu ini berguna untuk mengamankan WhatsApp Anda dari tangan orang-orang jahil yang ingin membukanya.

Dengan mengaktifkan fitur sidik jari whatsapp, hanya Anda yang bisa membukanya karena finger print bersifat unik dan tidak mungkin bisa dibuka oleh orang lain yang berbeda sidik jarinya. Kunci sidik jari bisa diaktifkan dan dinonaktifkan kapan saja.

 

Cari File

Jika sebelumnya, Anda mencari file whatsapp baik itu gambar, suara, video, maupun dokumen pada galeri atau whatsapp media sekarang mencarinya lebih mudah langsung lewat aplikasinya.

Hanya saja, tidak semua file bisa dilihat dengan cara ini. Hanya file yang memakan ruang penyimpanan saja yang ditampilkan.

File itu nantinya bisa Anda bagikan atau dihapus secara permanen. Bagaimana cara menemukannya? Berikut panduannya untuk Anda :

  • Buka aplikasi whatsapp > pilih tanda titik tiga di pojok kanan atas > pilih setelan.
  • Selanjutnya, pilih ‘penyimpanan dan data’.

5+ Fitur Terbaru Whatsapp 2020 paling Menarik 5

  • Berikutnya pilih ‘kelola penyimpanan’.

5+ Fitur Terbaru Whatsapp 2020 paling Menarik 6

  • Selanjutnya akan muncul seberapa besar ukuran file yang telah digunakan. Tidak hanya dari chat pribadi saja, tetapi juga chat yang berasal dari grup. Sekarang, pilih pesan pribadi atau pesan grup yang ingin Anda liat filenya.

5+ Fitur Terbaru Whatsapp 2020 paling Menarik 7

  • File akan muncul dan silakan mengelolanya sendiri apakah ingin dihapus, dibagikan, atau dibiarkan saja.

5+ Fitur Terbaru Whatsapp 2020 paling Menarik 8

 

Dark Mode

Fitur terbaru whatsapp selanjutnya adalah dark mode atau mode gelap. Fitur yang satu ini membuat background aplikasi menjadi gelap namun tulisannya terang bagaikan cahaya di tengah kegelapan malam.

Selain lebih bersahabat dengan mata, fitur dark mode juga diklaim bisa menghemat penggunaan baterai smartphone. Mode gelap whatsapp bisa diaktifkan baik di WA Messenger maupun WA Business.

 

Dark Solid Colors

Pada versi barunya, whatsapp menghadirkan sebuah fitur bernama dark solid colors. Fitur satu ini berfungsi untuk mengganti warna latar belakang atau background untuk dark mode maupun light mode.

Jadi, warna background tak selalu hitam kendatipun Anda mengaktifkan dark mode atau berwarna putih pada aplikasi whatsapp. Beginilah cara menggunakan dark solid colors :

  • Buka aplikasi whatsapp lalu pilih setelan.
  • Kemudian, pilih ‘chat’.

5+ Fitur Terbaru Whatsapp 2020 paling Menarik 9

  • Selanjutnya pilih ‘wallpaper’.

5+ Fitur Terbaru Whatsapp 2020 paling Menarik 10

  • Berikutnya pilih ‘warna solid’.

5+ Fitur Terbaru Whatsapp 2020 paling Menarik 11

  • Terakhir, silakan pilih warna background sesuai dengan keinginan Anda.

5+ Fitur Terbaru Whatsapp 2020 paling Menarik 12

 

Baca juga : cara mengaktifkan dark mode instagram.

 

QR Code

QR Code merupakan salah satu fitur terbaru whatsapp yang membuat Anda tidak perlu lagi menambahkan kontak jika ingin mengirim pesan kepada orang lain. Begitupun sebaliknya, orang lain tidak perlu menambahkan kontak Anda ke akun whatsapp orang tersebut.

Hal ini membuat kirim chat jadi jauh lebih mudah. Untuk menggunakan fitur QR Code, silakan ikuti panduan berikut ini :

 

Stiker Animasi

Selain bisa mengirim pesan teks, gambar, dokumen, suara, dan emoticon, kini Anda juga bisa mengirimkan stiker animasi yang menarik dan juga lucu. Anda bisa membagikannya melalui pesan pribadi maupun melalui grup.

Stiker WhatsApp ini tidak langsung ada begitu saja, tetapi Anda harus membuatnya terlebih dahulu melalui aplikasi khusus membuat stiker WA. Jika sudah jadi dan tersimpan, baru Anda bisa membagikannya.

 

Video Call 50 Orang

Sekarang Anda bisa video call bersama 49 orang lainnya melalui aplikasi whatsapp. Hanya saja, fitur ini hanya tersedia untuk whatsapp web belum untuk aplikasi whatsapp pada android.

Untuk membuat panggilan video hingga 50 orang, pengguna dapat memilih menu titik tiga di kanan atas kemudian klik menu “Create a Room”.

 

Pesan Sementara

Pesan sementara merupakan salah satu fitur paling baru yang dimiliki oleh whatsapp. Fitur ini berfungsi untuk menghapus chat terbaru WA setelah 7 hari, baik itu pada chat pribadi maupun chat grup.

 

Itulah beberapa fitur terbaru whatsapp yang hadir di tahun ini. Sebenarnya masih banyak lagi fitur lainnya, hanya saja masih dalam versi beta sehingga belum semua pengguna bisa menikmatinya.

Tinggalkan komentar