9+ Jenis Vespa yang Populer

Vespa adalah jenis motor skuter buatan perusahaan Italia bernama Piaggio yang pertama kali dibuat pada tahun 1943. Walaupun termasuk dalam kategori kendaraan yang sudah tua, Vespa masih menjadi incaran banyak orang karena memiliki tampilan yang unik dan menjadi ciri khas tersendiri dari Vespa. Jenis-jenis Vespa pun sangat banyak dan rata-rata memiliki keunikannya tersendiri.

 

Jenis-jenis Vespa yang Populer

Dari jenis Vespa tua hingga Vespa modern masih memiliki peminat dari berbagai kalangan. Tidak hanya untuk digunakan saja, banyak kolektor kendaraan antik mencari Vespa tua hanya untuk sebagai barang koleksinya.

Tidak kalah dengan Vespa tua, Vespa modern hadir dengan fitur-fitur yang tidak kalah canggih dengan skuter jaman sekarang. Berikut ini adalah jenis-jenis Vespa yang populer hingga saat ini.

 

Vespa MP5 Paperino

9+ Jenis Vespa yang Populer 1
Sumber gambar : otomotif kompas

Vespa MP5 Paperino adalah jenis Vespa pertama yang dibuat pada tahun 1943. Walaupun saat ini sangat sulit untuk mendapatkan jenis Vespa ini dalam kondisi yang layak, tapi sebagian orang tetap ingin mencari motor Vespa pertama ini.

Walaupun tidak memiliki teknologi yang secanggih motor Vespa saat ini, nilai sejarah dan orisinalitas dari motor ini lah yang menjadi nilai lebih.

Namun sebagai informasi saja yang perlu anda ketahui, jenis Vespa ini tidak terlalu disukai oleh pembuatnya sendiri karena memiliki body yang terlalu besar.

 

Vespa MP6 Prototype

9+ Jenis Vespa yang Populer 2
Gambar via pinterest

Vespa MP6 Prototype adalah perkembangan selanjutnya dari Vespa MP5 yang diproduksi pada tahun 1946. Pada jenis ini lah pertama kali kata “Vespa” muncul karena memiliki bentuk seperti tawon yang mengecil pada bagian belakangnya.

Jenis-jenis Vespa ini juga dapat dikatakan sebagai motor skuter pertama di dunia yang diproduksi secara massal.

 

Baca juga : alasan seseorang mengendarai Vespa.

 

Vespa 125 Circuito

9+ Jenis Vespa yang Populer 3
Sumber foto : youtube.com

Pada tahun 1949 pihak Piaggio memutuskan untuk tidak memproduksi kembali Vespa MP6 dan memperkenalkan jenis Vespa baru, yaitu Vespa 125 Curcuito.

Beberapa perubahan terjadi pada Vespa jenis ini, yaitu lengan suspensi depan yang lebih nyaman dan penutup mesin yang dapat diangkat ke atas untuk memudahkan dalam melakukan perawatan mesin.

Jenis Vespa ini lebih memiliki tenaga dan lebih gesit dibandingkan Vespa generasi sebelumnya, salah satunya karena memiliki mesin dengan kecepatan yang cukup tinggi pada saat itu yaitu 125 cc.

 

Vespa Monthlery

9+ Jenis Vespa yang Populer 4
Sumber gambar : Bukalapak

Karena pada saat ini dunia balap sedang berkembang cukup cepat, Piaggio sebagai perusahaan otomotif membuat Vespa dengan citra yang lebih sporty.

Piaggio sampai membentuk tim ahli untuk membuat sebuah motor skuter dengan kecepatan yang cukup tinggi untuk digunakan sebagai motor balap.

Akhirnya Vespa Monthlery dirilis pada tanggal 7 April 1950 dan langsung digunakan di sirkuit Monthlery, Perancis.

 

Vespa Siluro: The Torpedo

Gambar via inews

Jika dibandingkan dengan semua jenis Vespa, mungkin Vespa jenis ini memiliki bentuk yang paling unik. Walaupun dibuat bukan untuk ajang balap, Vespa ini pernah memecahkan rekor sebagai skuter tercepat di dunia pada saat itu.

Kecepatan Vespa Siluro pada saat itu mencapai 171,02 Km / jam dan hanya membutuhkan waktu 21,4 detik untuk mencapai 1 Km.

 

Vespa 125 U

9+ Jenis Vespa yang Populer 5
Image by shopee

Jika anda seorang kolektor Vespa, salah satu macam Vespa ini harus menjadi salah satu koleksi anda. Vespa 125 U adalah salah satu jenis Vespa yang sangat langka karena hanya diproduksi sekitar 7 ribu unit saja. Hal ini lah yang membuat harga dari Vespa 125 U ini pun sangat tinggi walaupun dalam kondisi yang sudah tidak normal.

Huruf “U” yang dimaksud dari nama Vespa ini adalah “Utilitaria” yang artinya adalah serbaguna. Pihak Piaggio membuat Vespa 125 U dengan tujuan untuk menyaingi Lambretta yang pada saat itu menjadi kompetitor utama dari Vespa.

 

Vespa 150

9+ Jenis Vespa yang Populer 6
Gambar via shopee

Vespa 150 menjadi generasi selanjutnya dari jenis Vespa sebelumnya, yaitu Vespa 125. Vespa ini mulai diproduksi pada tahun 1956 dengan jumlah yang sangat sedikit, kurang lebih 600 unit saja. Hal ini karena Vespa 150 awalnya diperuntukan untuk badan pertahanan Prancis untuk keperluan militernya.

Hingga saat ini Vespa 150 menjadi salah satu incaran utama para kolektor Vespa karena bentuknya yang sangat original dan memiliki mesin cukup bandel untuk digunakan dalam berbagai medan.

 

Vespa 125 (VNA2)

9+ Jenis Vespa yang Populer 7
Sumber gambar : pinterest

Vespa 125 (VNA2) menjadi motor Vespa pertama yang diproduksi dalam 2 warna berbeda, yaitu abu-abu dan krem. Vespa jenis ini juga menjadi skuter pertama yang dibentuk dengan rangkaian 2 lembar lempengan logam.

Karena ternyata menguntungkan dari sisi produksi, akhirnya pada tahun 1958 rangkaian tersebut mulai digunakan pada seluruh Vespa.

 

Vespa 150 GS VS5

9+ Jenis Vespa yang Populer 8
Image by youtube

Salah satu jenis Vespa yang legendaris karena Vespa pertama yang memiliki logo Piaggio pada bagian fender depan. Vespa 150 GS pun sempat menjadi pemegang rekor untuk jumlah produksi unit terbanyak di tahun 1958 hingga 1961.

Sebab motor yang satu ini telah memproduksi sekitar 80 ribu unit. Bukan hanya itu saja, vespa ini telah dilengkapi oleh speedometer, lampu belakang chrome, dan rem yang fungsinya semakin baik.

 

Vespa Sprint

9+ Jenis Vespa yang Populer 9
Gambar via liputan6.com

Jika memilih jenis-jenis Vespa paling populer hingga saat ini, Vespa Sprint harus masuk ke dalam daftar tersebut. Vespa Sprint adalah jenis vespa matic pertama yang dibuat oleh Piaggio dengan mengadopsi beberapa komponen versi lamanya.

Walaupun lebih modern, Vespa Sprint tetap mempertahankan bentuk khasnya yang seperti memiliki box pada bagian belakang body nya. Dengan mesin berukuran 150 cc, tentu Vespa Sprint cocok digunakan di jalanan yang banyak memiliki tanjakan.

 

Vespa LX

9+ Jenis Vespa yang Populer 10
Gambar via priceprice.com

Dengan harga yang lebih murah, Vespa LX menjadi jenis Vespa modern selanjutnya yang dapat menjadi pilihan anda sebagai alat kendaraan sehari-hari.

Seperti halnya Vespa Sprint, Vespa LX mengadopsi model Vespa klasik yang menjadi ciri khas dari motor Vespa. Dengan mesin 150cc, tentu motor matic ini cocok digunakan pada jalanan kota-kota besar yang padat.

 

Vespa Primavera

9+ Jenis Vespa yang Populer 11
Image source : liputan6.com

Jenis Vespa Primavera juga memiliki tampilan bodi yang klasik namun tetap memiliki fitur-fitur modern di dalamnya. Kelebihan dari Vespa Primavera adalah efisiensi bahan bakar yang telah bersertifikat EURO3, artinya memiliki penggunaan bahan bakar yang stabil.

Seperti versi retronya, Vespa Primavera modern masih tetap membawa mesin berkapasitas 150 cc dengan tenaga yang cukup mumpuni untuk digunakan di segala medan.

 

Vespa GTS

9+ Jenis Vespa yang Populer 12
Image source : Vespa.com

Vespa GTS menjadi salah satu Vespa Modern yang paling banyak digunakan walaupun memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Vespa Modern Sprint hingga Primavera. Hadir dengan 2 varian mesin, yaitu 150 cc dan 300 cc, kapasitas mesin yang cukup besar untuk kelas motor matic.

 

Vespa 946

9+ Jenis Vespa yang Populer 13
Sumber gambar : republika

Walaupun memiliki harga yang jauh lebih mahal, namun Vespa 946 memberikan mesin, desain, dan komponen yang berbeda dan jauh lebih mewah dibandingkan jenis Vespa sebelumnya.

Tetap mengadopsi model retro khas Vespa, Vespa 946 hadir dengan fitur canggih seperti ABS hingga traction control. Terdapat juga layar informasi digital yang telah dilengkapi dengan lampu LED.

 

Baca juga : model-model vespa.

 

 

Jenis-jenis Vespa di atas adalah motor Vespa yang paling banyak dicari karena memiliki keunikan dan kelebihannya masing-masing. Walaupun memiliki tampilan yang hampir sama di setiap jenis motornya, namun hal itu lah yang menjadi nilai tambah karena menjadi ciri khas dari motor Vespa.

Tinggalkan komentar