5+ Daftar Makanan yang Tidak Disarankan untuk Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang yang ditandai dengan adanya rasa nyeri pada bagian persendian. Terutama pada bagian tubuh seperti lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Sebenarnya asam urat bisa saja menyerang siapa saja. Namun yang paling beresiko adalah laki-laki berusia di atas 30 tahun atau perempuan yang telah mengalami menopause.

Penyakit asam urat disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Selain itu, ada juga makanan yang tidak disarankan untuk asam urat. Dan beberapa daftar makanan itu akan saya jelaskan pada konten berikut ini

 

Daftar Makanan yang Tidak Disarankan untuk Asam Urat

Apabila Anda belum terkena asam urat, melakukan pencegahan jauh lebih baik. Salah satunya yakni dengan cara menghindari makanan yang menjadi pantangan penyakit satu ini.

Salah satu sumber makanan yang harus Anda hindari adalah makanan dengan tinggi kandungan purin. Langsung saja, berikut ini daftar makanan yang harus dihindari agar terhindar dari penyakit asam urat.

 

Jeroan

jeroan
jeroan ginjal sapi

Jangan makan jeroan baik itu hati, ginjal, jantung, limpa, otak, babat, usus, maupun paru-paru jika Anda tidak ingin terserang asam urat. Alasannya, jeroan merupakan salah satu makanan yang cukup tinggi kandungan purin.

Sebagai contoh, 100 gram hati ayam mengandung purin dengan kadar 312,2 mg. Sedangkan pada 100 gram hati sapi terkandung 219,8 mg purin.

 

Daging Merah

5+ Daftar Makanan yang Tidak Disarankan untuk Asam Urat 1

Selain jeroan, daging merah juga merupakan salah satu makanan penyebab asam urat kambuh yang wajib untuk Anda hindari. Walaupun di sisi lain daging merah mengandung protein dan lemak, tetapi daging yang satu ini juga mengandung purin.

Walaupun kadarnya sedang alias tidak terlalu tinggi, tetapi tetap saja Anda harus membatasi konsumsinya bila tidak ingin terkena penyakit asam urat.

 

Baca juga : bahaya mengonsumsi daging bakso.

 

Daging Angsa

5+ Daftar Makanan yang Tidak Disarankan untuk Asam Urat 2
gambar via idntimes

Dari jenis unggas, daging angsa merupakan salah satu makanan yang tidak baik dikonsumsi penderita asam urat. Meski daging putih bukan daging merah, namun tetap saja ada kandungan purin di dalam daging tersebut.

Selain angsa, daging unggas lainnya yang juga mengandung purin adalah daging kalkun.

 

Teri Kering

5+ Daftar Makanan yang Tidak Disarankan untuk Asam Urat 3

Daftar makanan jadi sebab asam urat selanjutnya berasal dari makanan laut, yaitu teri kering. Di dalam ikan yang satu ini, mengandung purin 1.108,6 mg per 100 gramnya.

Selain itu, ada juga ikan sarden segar yang mengandung 210,4 mg purin. Tak hanya itu saja, beberapa makanan laut lainnya seperti ikan herring dan mackerel juga terdapat kandungan purin di dalamnya.

 

Baca juga : bahaya makan durian secara berlebihan.

 

Asparagus

5+ Daftar Makanan yang Tidak Disarankan untuk Asam Urat 4

Tak hanya dari daging saja, sayuran pun juga ada yang mengandung purin salah satunya adalah asparagus. Memang kadarnya tak lebih tinggi dari daging merah, tetapi Anda tetap harus membatasi konsumsinya.

Menurut Lona Sandon, PhD, RDN, asisten profesor nutrisi klinis University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas, selain harus mengurangi konsumsi asparagus, menurutnya tubuh manusia lebih mudah mengeluarkan purin yang berasal dari makanan nabati bukan makanan hewani.

Adapun jumlah kandungan purin pada asparagus. adalah 23 gram per 100 miligram asparagus.

 

Kembang Kol

5+ Daftar Makanan yang Tidak Disarankan untuk Asam Urat 5

Selain asparagus, sayuran lainnya yang juga memiliki kandungan purin tinggi adalah kembang kol. Berdasarkan data dari AccuMedio, di dalam 100 gram kembang kol terkandung 51 gram purin.

 

Baca juga : bahaya makanan pedas.

 

Nah, itu dia beberapa daftar makanan jadi sebab asam urat yang patut untuk Anda hindari atau dikurangi konsumsinya. Selain dari makanan, beberapa minuman pun juga harus Anda hindari guna meminimalisir resiko terkena gout atau asam urat, salah satunya adalah alkohol.

Tinggalkan komentar