5 Manfaat Bakso Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat bakso bagi kesehatan tubuh

Bakso merupakan panganan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan bakso dianggap sebagai panganan nasional, bukan sekedar rasanya yang enak tetapi juga rasanya yang lezat. Selain itu, pengolahannya mudah serta bagi siapapun yang mengkonsumsinya bisa merasakan beragam manfaat bakso bagi kesehatan tubuh mereka.

Bakso yang merupakan olahan daging ini awal mulanya berasal dari negeri Tiongkok. Istilah bakso sendiri berasal kata “Bak-So” yang dalam bahasa hokkien memiliki arti “daging giling”. Mayoritas pedagang bakso adalah orang Jawa, namun bukan berarti tidak ada orang dari suku lain yang menjualnya. Tetap, di luar pulau Jawa bakso juga tetap bisa anda temukan.

Oh ya, bakso memang berasal dari Tiongkok. Namun bakso dari negeri Tirai Bambu jelas berbeda dengan bakso yang ada di Indonesia. Jika di Tiongkok bakso dibuat dari daging babi, sementara itu di Indonesia mayoritas bakso dibuat dari daging sapi, ikan, atau ayam. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

 

Baca juga : kuliner khas kota Palembang

 

Kandungan Semangkuk Bakso

Bakso adalah panganan yang menyehatkan. Di dalam seporsi bakso, terkandung 218 kalori, 8,18 g karbohidrat, 13,4 gram protein, serta 14,22 gram lemak. Satu porsi daging bakso sudah bisa membuat kita menjadi kenyang karena kandungan karbohidrat dan lemak yang ada didalamnya. Itulah beberapa kandungan dari bakso yang membuat makanan ini dianggap bernutrisi untuk dikonsumsi.

Apalagi jika bakso tersebut ditambah panganan lain. Bihun misalnya, tentu kandungan gizi didalamnya akan terus meningkat. Tetapi ingat, tetap untuk memakan bakso sewajarnya. Segala hal yang dilakukan secara berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh seseorang.

 

Manfaat Bakso Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat bakso

Nah, apa saja sih manfaat bakso bagi kesehatan tubuh kita? Menurut beberapa sumber yang saya dapatkan, ternyata inilah beberapa manfaatnya!

 

Menambah Tenaga

Manfaat pentol bakso pertama yang dapat langsung kamu rasakan adalah mampu menambah tenaga. Atau paling tidak membuat dirimu merasa lebih kenyang. Benefit ini tidak terlepas dari kandungan karbohidrat dan lemak yang ada di dalam daging bakso. Dengan makan bakso juga membuat kamu bisa kenyang lebih lama.

Baca juga  Inilah 10 Kuliner Khas Palembang yang Menggugah Selera

 

Pertumbuhan Tubuh

5 Manfaat Bakso Bagi Kesehatan Tubuh 1

Bakso mengandung protein hewani cukup tinggi dan terkandung didalam dagingnya. Kandungan protein hewani dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki sel-sel yang rusak, dan membantu pertumbuhan. Maka dari itu, yuk konsumsi bakso agar tubuh kamu semakin tinggi.

Baca juga  6 Makanan Khas Lahat yang Nikmat Dikonsumsi

 

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Manfaat bakso bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah mampu meningkatkan kecerdasan otak. Hal ini juga dikarenakan kandungan protein yang ada pada daging bakso. Menurut Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof. Hardinsyah, MS PhD, ”Protein hewani membuat fungsi otak jadi lebih baik sehingga mampu meningkatkan prestasi dan produktivitasnya

Baca juga  4 Rekomendasi Asuransi Kesehatan Terbaik 2019

 

Meningkatkan Kinerja Otot

Bakso berasal dari bahan daging sapi dan daging tersebut mengandung senyawa carnosine yang sangat penting bagi fungsi otot. Senyawa carnosine ini dapat meningkatkan kinerja otot dan mengurangi kelelahan. Tetapi tetap harus diimbangi dengan olahraga ya!

Baca juga  8+ Jenis dan Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

 

Mencegah Anemia

Bakso juga dipercaya mampu mencegah penyakit anemia. Hal ini dikarenakan daging sapi merupakan makanan penambah dari yang kaya akan zat besi. Bahkan zat besi ini dinilai lebih baik daripada zat besi yang berasal dari tumbuhan karena lebih mudah dicerna oleh tubuh. Untuk itulah, agar tidak kekurangan darah, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang satu ini (re:bakso).

Baca juga  Beragam Khasiat dan Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

 

Bermanfaat untuk Diet

5 Manfaat Bakso Bagi Kesehatan Tubuh 2

Bakso memang mengandung lemak yang tinggi, namun bukan berarti kamu tidak bisa diet dengan makanan yang satu ini. Dengan syarat, mengkonsumsinya dalam batas yang wajar alias tidak berlebihan. Lemak yang tinggi pada bakso juga diimbangi kandungan protein yang juga tinggi.

Kandungan protein pada daging sapi/daging bakso ternyata dapat membantu pembakaran kalori dengan lebih efektif. Selain itu, sesuai dengan apa yang sudah saya jelaskan panganan bakso juga membuat kamu kenyang lebih lama sehingga tidak membuat kamu makan secara terus menerus.

Baca juga  Obat Asam Urat MOSEHAT, Hidup Tenang Tanpa Rasa Sakit

 

Asal dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan, insyaallah beberapa manfaat bakso untuk kesehatan di atas bisa benar-benar kamu rasakan. Terima kasih dan semoga artikel ini bermanfaat bagi semua.

Bagikan tulisan ini

2 pemikiran pada “5 Manfaat Bakso Bagi Kesehatan Tubuh”

Tinggalkan komentar