7 Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah kersen untuk kesehatan tubuh

Tahukah anda apa saja manfaat buah kersen untuk kesehatan tubuh? Buah yang satu ini memang memiliki segudang manfaat dari berbagai kandungan yang ada didalamnya. Buah kersen mempunyai nama ilmiah yaitu Muntingia Calaburia dan sebutan lain, yaitu ceri.

Buah kersen banyak disukai terutama oleh anak-anak. Dan juga pastinya, pohonnya sangat mudah ditemukan di Indonesia. Anda dapat menemukannya di pinggir jalan, halaman rumah, retakan dinding, bahkan di kebun-kebun.
Pohon ceri juga sering dipanjat oleh anak-anak Indonesia. (Hayo, anda salah satunya bukan? Hahaha).

Yang hebatnya lagi, buah ini dapat berbuah sepanjang tahun dan cabang-cabang yang banyak sehingga bisa digunakan untuk berteduh di kala kelelahan. Pada saat duduk di bawah pohon ceri, anda pasti akan merasakan suasana rindang dan nyaman dengan sejuknya angin sepoi-sepoi.

Pohon  ceri atau kersen umumnya hanya 3-6 m saja. Namun untuk beberapa jenis pohon bisa tumbuh hingga ketinggian mencapai 12 m. Serta memiliki daun-daun terletak mendatar, berseling dengan helaian daun yang tidak simetris. Selain itu, pohon buah yang satu ini juga menghasilkan buah berwarna merah apabila telah masak.

 

Kandungan Gizi Buah Kersen

7 Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan Tubuh 1

Menurut Gemilang (2012), dalam 100 gram buah ceri terkandung sekitar 384 mg protein, 1560 mg lemak, 17900 mg karbohidrat. Tak hanya itu saja, buah ceri juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi yakni sekitar 80,5 mg. Selain itu beberapa senaywa lainnya yang terkandung pada buah ceri yaitu sebagai berikut :

  • Serat 4600 mg.
  • Kalsium 124,6 mg.
  • Zat besi 1,11 mg
  • Beta karoten 0,019 mg
  • Niacin 0,554 mg.
  • Ribofalin 0,29 mg.
  • Air 77800 mg
  • Dan masih banyak yang lainnya.
Baca juga  5 Khasiat Buah Kiwi untuk Diet yang Sehat

 

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan Tubuh

Pohon dari buah ini memang sering digunakan untuk berteduh, namun sayangnya jarang dimanfaatkan karena masih banyak yang belum mengetahui apa saja khasiat dari buah yang satu ini. Untuk membahas tentang hal tersebut, langsung saja simak pada konten berikut ini

 

Sumber Antibiotik Alami

Para peneliti telah menemukan bahwa dk didalam buah yang satu ini terdapat sifat antibakteri sehingga dapat dijadikan sebagai antibiotik yang dapat mencegah anda dari berbagai penyakit. Tentu saja hal ini merupakan sesuatu hal yang baik untuk dokter maupun masyarakat Indonesia.

 

Kaya Vitamin C

Total ada sekitar 80,5 mg vitamin C dalam 100 gram buah kersen. Dengan adanya vitamin C ini, bagi siapa saja  mengkonsumsinya bisa tercegah dari penyakit flu dan demam. Bukan hanya sekadar itu saja, vitamin C juga berkhasiat untuk menangkal sel-sel rusak akibat radikal bebas serta menghambat penuaan dini.

 

Meringankan Sakit Kepala

Tahukah kamu bahwa buah ceri memiliki khasiat untuk meringankan sakit kepala? Buah ini dapat merelaksasikan pembuluh darah sehingga darah dapat dialirkan normal kembali seperti sedia kala.

 

Mengobati Asam Urat

Selain meringankan sakit kepala, khasiat buah kersen lainnya untuk kesehatan adalah dapat mengobati penyakit asam urat. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi buah kersen sebanyak 9-12 buah dalam 3x sehari. Setidaknya hal ini bisa meringankan rasa sakit dari asam urat yang anda derita.

 

Baik Untuk Penderita Diabetes

Bagi anda penderita diabetes, tentu informasi ini menjadi sedikit berguna dan bermanfaat. Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ceri ternyata mampu untuk membantu menurunkan gula darah. Selain itu pengobatan, kersen juga dapat mencegah dari penyakit diabetes tersebut.

Baca juga  Beragam Khasiat dan Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

 

Mengatasi Masalah Pencernaan

Dilansir dari Medical Daily dan dokternya.com, buah kersen dipercaya mempunyai khasiat setara dengan obat omeprazole yang biasa digunakan untuk mengobati sakit maag, sakit perut, dan juga GERD. Selain itu penelitian 2012 dari Clinical & Experimental Pharmacology berhasil menemukan bahan pemberian ekstrak buah kersen yang bisa mengurangi pembentukan ulkus lambung.

 

Kaya Antioksidan

Manfaat buah kersen untuk kesehatan berikutnya adalah buah ini kaya akan antioksidan. Adanya antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas. Selain ini kersen juga mengandung 24 senyawa flavonoid serta fenolik yang baik untuk kesehatan tubuh anda.

 

Nah, itu dia beberapa manfaat buah kersen untuk kesehatan tubuh seseorang. Semoga bermanfaat dan silakan bagaikan konten ini ke orang lain agar apabila dirasa bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Bagikan tulisan ini

Tinggalkan komentar