5+ Manfaat Daging Angsa bagi Kesehatan yang Luar Biasa

Apakah Anda pernah makan daging angsa? Selain rasanya yang enak, daging ini juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Meski tidak sepopuler daging ayam, tetapi daging angsa juga banyak yang mengonsumsinya. Dagingnya berserat namun lembut serta memiliki kulit yang kering namun tidak terlalu garing.

Daging Angsa sangat cocok dikonsumsi dengan nasi dan juga sambal. Beberapa jenis sambal yang bisa dipasangkan dengan daging angsa diantaranya yaitu sambal mbee, kecombrang, dan rica.

 

Manfaat Daging Angsa

5+ Manfaat Daging Angsa bagi Kesehatan yang Luar Biasa 1
gambar via freepik.com

Salah satu alasan mengapa daging angsa sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia adalah banyaknya kandungan gizi baik yang terkandung di dalamnya.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, di dalam 100 gram daging angsa terkandung 16,4 gram protein, 0,24 mg riboflavin, 188 mg fosfor, dan 31,5 gram lemak

Bahkan kandungan proteinnya sedikit lebih banyak daripada kandungan protein pada daging bebek yang hanya mengandung 16 gram protein saja.

Kandungan GiziKadar per 100 gram
Protein16,4 gram
Lemak31,5 gram
Riboflavin0,24 gram
Fosfor188 gram
Vitamin B10,1 mg
Vitamin B20,24 mg
Vitamin B37,1 mg

Sumber data : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

 

Berikut ini berbagai manfaat daging angsa bagi kesehatan tubuh Anda :

 

Bagus untuk Pertumbuhan Anak

Anak-anak sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang satu ini. Pasalnya, di dalam daging angsa terkandung protein yang bagus untuk tumbuh kembangnya.

Selain itu, protein juga berperan penting dalam menjaga dan mengganti sel-sel serta jaringan yang rusak. Tak hanya itu saja, kandungan protein pada daging angsa juga bagus untuk tumbuh kembang otak pada anak.

 

Memperkuat Tulang dan Gigi

Daging angsa berkhasiat untuk memperkuat tulang dan gigi Anda. Bukan tanpa alasan, sebab daging hewan ini kaya akan fosfor yang merupakan  mineral yang penting untuk pertumbuhan serta pemeliharaan tulang dan gigi.

Selain itu, di dalam 100 gram daging angsa juga terkandung 15 gram kalsium yang memiliki peranan penting dalam pembentukan sebagian besar struktur rangka. Tanpa adanya kalsium membuat tulang menjadi mudah rapuh.

Jadi, jika Anda ingin punya tulang yang kuat, sebaiknya rutin mengonsumsi daging angsa.

 

Baca juga : manfaat asparagus.

 

Menambah Stamina

Manfaat daging angsa bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah dapat meningkatkan stamina. Kandungan lemak yang cukup tinggi membuat Anda lebih bersemangat dan bergairah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Tenang saja, lemak pada daging angsa jumlahnya tidak terlalu banyak sehingga tidak akan membuat Anda kegemukan dan cocok bagi Anda yang menjalani program diet.

 

Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Di dalam daging angsa, terkandung natrium yang merupakan eletronik penjaga keseimbangan cairan tubuh melalui proses osmosis. Tak hanya itu saja, kandungan natrium pada daging angsa juga bermanfaat untuk membantu fungsi saraf dan otot serta menjaga porsi cairan dalam darah.

 

Baca juga : manfaat kunyit.

 

Sumber Vitamin

Tak hanya kaya akan protein, fosfor, lemak, dan natrium, manfaat daging angsa juga disebabkan karena makanan ini kaya akan sumber vitamin. Beberapa jenis vitamin yang terkandung pada daging angsa diantaranya yaitu vitamin A (273 mcg), Vitamin B1 (0,1 mg), vitamin B2 (0,24 mg), dan vitamin B3 (7,1 mg).

Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, vitamin B1 bermanfaat untuk mencegah penyakit beri-beri dan mengurangi stres, vitamin B2 bagus untuk mengobati migrain, serta vitamin B3 yang berkhasiat untuk mengendalikan kadar kolesterol, menurunkan kadar trigliserida, dan juga mengurangi gejala osteoarthritis.

 

Baca juga : manfaat ikan teri.

 

Baik untuk Kesehatan Jantung

Para ahli percaya bahwasanya daging angsa baik untuk kesehatan jantung manusia. Alasannya, daging angsa memiliki struktur yang mirip dengan minyak zaitun.

Dan minyak zaitun memang terbukti bisa menjaga kesehatan jantung karena adanya kandungan senyawa fenolik. Akan tetapi manfaat ini perlu penelitian lebih lanjut.

 

Baca juga : bahaya makan jeroan.

 

Perlu untuk diketahui juga, bahwasanya daging angsa sebaiknya tidak dikonsumsi bagi penderita asam urat. Pasalnya, pada daging unggas ini terkandung purin yang cukup tinggi.

Demikian pembahasan lengkap mengenai kandungan dan manfaat daging angsa untuk kesehatan tubuh Anda. Walau bermanfaat, Anda tetap harus mengonsumsi daging ini dalam jumlah yang wajar yaitu tidak melebihi 100 gram per harinya.

Tinggalkan komentar