5+ Manfaat Gadget yang Luar Biasa

 

Tak selamanya gadget dianggap sebagai benda yang buruk, sebab ternyata ada banyak manfaat gadget yang bisa dirasakan penggunanya bila digunakan secara wajar. Dan memang, gadget diciptakan untuk berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya berjauhan. Nathan Stubblefield adalah tokoh yang pertama kali menemukan gawai dan dikenal sebagai “Bapak Teknologi Telepon Seluler”.

Beda dahulu, beda dengan sekarang. Gawai baik itu ponsel, Laptop, tablet maupun komputer kini sudah mulai berkembang pesat baik dari segi fisik maupun fungsinya. Salah satu contoh perubahan menonjol adalah ponsel yang semula masih berupa pesawat radio HT kini telah menjadi telepon cerdas dengan fungsi yang beragam dan mudah di bawa kemana-mana.

Angka penetrasi smartphone terhadap jumlah penduduk Indonesia tergolong cukup besar. Berdasarkan data dari Statista, jumlah pengguna smartphone yang diproyeksikan masih mencapai 28% di tahun 2019. Dan angka angka ini akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

Mulai dari yang muda hingga yang tua, sekarang sudah punya gawai. Mayoritas digunakan untuk mengakses internet, belanja online, bermain game, nonton video, dan juga streaming online. Adanya gadget membawa banyak perubahan besar bagi hidup manusia.

 

Pengertian Gadget dan Fungsinya

5+ Manfaat Gadget yang Luar Biasa 1

Gadget atau gawai dalam bahasa Indonesia merupakan adalah suatu peranti yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi sebelumnya (Wikipedia).

Gadget berfungsi untuk membuat hidup manusia menjadi jauh lebih praktis. Pada umumnya, gadget memiliki beberapa fungsi penting yakni sebagai berikut :

  • Untuk berkomunikasi dengan orang lain
  • Mencari beragam informasi
  • Sebagai media hiburan, dan
  • Menambah wawasan penggunanya.
Baca juga :  5 Aplikasi Pemindai Kode QR Terbaik dan Gratis untuk Smartphone

 

Manfaat Gadget yang Luar Biasa

5+ Manfaat Gadget yang Luar Biasa 2

Mungkin anda belum menyadari, walopun ada sisi dimana gadget dianggap berbahaya, namun sesungguhnya gadget tetap memiliki sisi baik yang bagus apabila anda atau siapapun menggunakannya dengan tepat. Asal tau batasan waktu penggunaannya, hal itu bukanlah menjadi masalah.

Tentu batasan menggunakan gawai bagi anak berbeda dengan remaja dan juga berbeda dengan orang yang sudah tua. Semakin muda umur seseorang, maka ia semakin tidak direkomendasikan untuk menatap layar gadget terlalu lama. Sebab, usia yang masih sangat mudah membuat seseorang bisa mengalami masalah pada mata.

Pada artikel ini, saya akan membahas manfaat gawai bagi beberapa pihak. Manfaat gadget bagi anak, dan juga bagi seorang pelajar. Inilah penjelasan selengkapnya

 

Manfaat Gadget Bagi Anak

Manfaat gadget bagi anak

Siapa bilang anak sama sekali tidak boleh bermain gadget? Tentu saja boleh asal anda tau bagaimana aturan batas penggunaan gadget untuk anak-anak. Jika anda mampu mengontrol penggunaan gadget pada anak-anak anda, insyaallah beberapa manfaat ini bisa buah hati anda dapatkan. Apa saja itu?

 

Merangsang Keterampilan Motorik

Dengan bermain gadget, maka keterampilan motorik anak bisa dilatih sejak dini. Hal ini dapat dilihat dari aplikasi atau permainan edukatif yang ada di dalam gawai tersebut. Mulai dari mata, hingga jari-jari semuanya saling berkoordinasi ketika anak memainkan permainan tersebut. Ini dapat memberikan dampak yang bagus bagi perkembangan kemampuan motorik anak.

 

Merangsang Anak Berpikir Kreatif

Aplikasi yang terdapat pada gawai bukan hanya bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan motorik saja, tetapi juga bisa merangsang anak untuk berpikir kreatif. Sudah banyak aplikasi dan permainan yang mampu menyeimbangkan kemampuan otak kiri maupun kanan sang buah hati. Salah satunya adalah aplikasi menggambar, dimana pikirannya bisa dilatih supaya kreatif membuat sebuah gambar yang bagus dan juga menarik.

Baca juga :  Cara Membuat Katalog di Whatsapp dan Mengirimkannya

 

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Manfaat gadget bagi anak selanjutnya adalah bisa meningkatkan kemampuan berbahasa. Sedari dini, sudah seharusnya mereka memiliki kemampuan berbahasa yang baik paling tidak bisa berbahasa Indonesia dengan lancar. Tujuannya, supaya anak lebih mudah dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi-aplikasi belajar bahasa, baik bahasa daerah, bahasa nasional, maupun bahasa daerah. Selain itu, anak juga bisa belajar bahasa-bahasa tertentu dari musik yang bisa didengarkan secara rutin. Anak bisa belajar langsung dengan dua cara yaitu mendengarkan dan juga membaca.

 

Manfaat Gadget Bagi Pelajar

Manfaat gadget bagi pelajar

Ketika anak sudah tumbuh semakin besar dan ia sudah mulai bersekolah, gawai tentu saja bisa lebih bermanfaat jika bisa menggunakannya secara baik. Seorang pelajar harus bisa memakai gawai sesuai dengan kebutuhan dan harus tau kapan waktu yang tepat menggunakannya.

Sebagai contoh, tidak menggunakan gadget di saat pelajaran sekolah. Hal ini bisa menganggu konsentrasi dan akhirnya anda pun tidak bisa menangkap materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Gawai, bila dipakai dengan cara yang baik bisa membawa dampak positif bagi seorang pelajar. Apa saja itu ?

 

Membantu Dalam Mengerjakan Tugas

Salah satu benefit yang bisa didapatkan pelajar bila mampu menggunakan gadget adalah bisa membantu untuk mengerjakan tugas sekolah. Misal, jika soal tersebut membahas tentang hewan buas maka anda bisa mencari materi lewat internet.

Namun sayangnya banyak yang salah  tentang hal ini. Zaman sekarang, banyak pelajar yang justru langsung mencari jawaban, tanpa mencari materi yang lebih lengkap. Cara tersebut adalah cara pintas yang membuat pelajar tidak terlatih untuk memahami materi yang sesungguhnya. Jangan sampai ditiru ya!

 

Membantu Dalam Mencari Materi Pelajaran

Pelajar tidak hanya bisa belajar melalui buku saja, tetapi juga bisa belajar melalui media internet. Baik melalui aplikasi, mesin pencari, maupun buku digital yang bisa diakses baik secara gratis maupun berbayar. Materi apapun bisa anda temukan di sana mulai dari SD hingga kuliah.

Baca juga :  Durasi Penggunaan Gadget pada Anak, Orang Tua Harus Tau!

Selain itu, melalui internet juga pelajar bisa belajar secara online. Saat ini pembelajaran daring telah fenomena dan favorit para siswa siswi karena lebih praktis dan efisien. Namun, tidak semua siswa cocok belajar secara online. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu apakah anda bisa dan mampu untuk menangkap materi pelajaran tanpa harus bertatap muka dengan mentor atau guru.

 

Mengakses Informasi

Sebagai seorang pelajar, tentu anda harus update terhadap informasi yang sedang terjadi saat ini. Mulai dari berita daerah hingga berita nasional sudah seharusnya menjadi bacaan wajib bagi pelajar. Jangan sampai, kurangnya membaca membuat anda mudah terkena hoax atau ketinggalan berita aktual yang sedang booming dibicarakan.

Dan semua itu bisa diketahui dari gadget. Untuk mengakses informasi, anda bisa membawa web berita seperti Okezone, kompas, cn Indonesia, detik, ataupun yang lainnya. Selain itu, sebagai alternatif anda bisa mengunjungi situs Wikipedia untuk mendapatkan informasi atau pengetahuan yang sifatnya lebih general.

 

Untuk Refreshing

Manfaat gadget bagi pelajar berikut adalah bisa digunakan untuk refreshing saat otak dan pikiran sudah mulai lelah. Tentu saja, hal ini tidak masalah dilakukan apabila dilakukan sesekali. Anda bisa mendengarkan musik, menonton video lucu, bermain game, atau bersosial media.

Dengan refreshing, membuat otak dan pikiran kita menjadi lebih fresh. Dan hal ini menjadi awal yang bagus sebelum memulai aktivitas kembali di keesokan harinya.

 

Nah, itulah dia beberapa benefit yang bisa didapatkan anak-anak dan juga para pelajar ketika menggunakan/memakai sebuah gawai. Ingat, gunakan secara bijak supaya hasilnya juga menjadi baik. Sekian dan semoga bermanfaat.

2 pemikiran pada “5+ Manfaat Gadget yang Luar Biasa”

Tinggalkan komentar