5+ Manfaat Ikan Teri yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Ikan teri, memang bentuknya sangat kecil namun rasanya sangat lezat dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Ikan ini sangat mudah ditemukan di pasar dan bisa Anda olah menjadi berbagai jenis masakan.

Ikan teri bisa diolah jadi balado ikan teri, teri pete, teri tumis cabai bawang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Paling enak dikonsumsi dalam keadaan hangat dan juga makan kerupuk yang gurih.

Karena kelezatannya, membuat ikan teri menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Baik itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

 

Kandungan Gizi Ikan Teri

Ikan teri mengandung banyak sekali zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya seperti lemak, natrium, kalium, kalsium, protein dan berbagai jenis vitamin.

Berikut ini fakta nutrisi yang terkandung di dalam 100 gram teri menurut data dari Food Central U.S. Department of Agriculture :

Zat GiziKadar/100 gram
Kalium544 mg
Kalsium232 mg
Protein29 gram
Lemak10 gram
Vitamin A40 IU
Vitamin D69 IU
Vitamin B60,2 mg

 

Manfaat Ikan Teri bagi Kesehatan Tubuh

5+ Manfaat Ikan Teri yang Baik untuk Kesehatan Tubuh 1

Sepanjang Anda mengonsumsi ikan teri dalam jumlah yang wajar, beragam manfaatnya bisa Anda rasakan. Apa saja itu? Berikut adalah penjelasan selengkapnya :

 

Baik Kesehatan Tulang

Ikan teri bagus untuk kesehatan tulang  karena ikan ini mengandung zat yang dibutuhkan tulang manusia. Ada kalsium, vitamin D, magnesium, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kandungan kalsium pada ikan teri berguna untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi, vitamin D bermanfaat untuk memperkuat tulang, sedangkan magnesium berperan dalam pembentukan tulang.

Untuk itu, jika Anda ingin memiliki tulang serta gigi yang kuat, disarankan untuk mengonsumsi ikan teri selain susu atau ikan salmon.

 

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat ikan teri selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan mata Anda. Dapat mencegah dari berbagai jenis penyakit mata seperti rabun senja dan katarak.

Di dalam 100 gram ikan teri terkandung sekitar 40 IU vitamin A. Tak hanya bagus untuk mata, vitamin A juga berperan sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Baca juga : manfaat daging angsa.

 

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, ikan teri kaya akan vitamin A yang memiliki peranan dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan tak hanya itu saja, makanan yang satu ini juga mengandung protein sebagai penyedia asam amino untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Ikan teri juga mengandung berbagai vitamin yang berperan sebagai antioksidan bagi tubuh Anda. Dan antioksidan ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya.

 

Bermanfaat bagi Ibu Hamil

Ikan teri ternyata juga memiliki khasiat bagi seorang ibu hamil. Sebab, didalamnya terkandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan bumil dan janin di dalamnya seperti zat besi, kalsium hingga asam lemak omega 3.

Adapun beberapa manfaat ikan teri untuk ibu hamil antara lain yaitu menguatkan tulang selama masa kehamilan, mencegah anemia, meningkatkan pembentukan energi, menjaga berat badan tetap optimal, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ikan teri membuat ibu dan janin yang ada di dalamnya menjadi lebih sehat dan bisa lahir dalam keadaan yang sehat.

 

Baca juga : manfaat buah kiwi untuk ibu hamil.

 

Bagus Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes tak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi ikan teri. Pasalnya, ikan teri mengandung protein dan lemak baik.

Lemak jenuhnya hanya 2,2 gram saja, jauh lebih sedikit dibandingkan dengan lemak tak jenuhnya. Selain itu, ikan teri juga sama sekali tidak mengandung karbohidrat dan gula.

So, jika ada keluarga yang saat ini sedang sakit diabetes tak perlu ragu untuk memberikan ikan teri kepada beliau.

 

Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan teri memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Namun dengan catatan, ikan teri tidak diolah dengan cara digoreng karena lemaknya sangat berbahaya bagi penderita kolesterol.

Anda bisa mengolah ikan teri dengan cara lainnya. Misalnya dengan cara direbus agar khasiatnya bisa Anda dapatkan secara lebih maksimal.

 

Baca juga : manfaat asparagus.

 

Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan teri tidak hanya bermanfaat menjaga kesehatan jantung, tetapi juga meningkatkan fungsi otak.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwasanya ikan teri dapat mencegah dampak buruk efek penuaan pada otak. Tak hanya itu saja, ikan teri juga dapat mengurangi resiko penyakit stroke.

 

Meski ikan ini memiliki banyak sekali khasiat yang bagus untuk tubuh Anda, tetapi tidak baik jika Anda memakannya secara berlebihan. Ikan teri tinggi akan garam, yang mana jika dikonsumsi secara berlebih bisa meningkatkan resiko terkena hipertensi.

Ikan teri juga tinggi purin yang tidak cocok bagi penderita asam urat. Jadi, jika Anda atau keluarga ada yang terkena hipertensi atau asam urat ada baiknya membatasi konsumsi ikan teri setiap harinya.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai manfaat ikan teri bagi kesehatan tubuh manusia. Dengan tarif yang murah, Anda bisa mendapatkan banyak benefit yang luar biasa dari ikan yang satu ini.

Tinggalkan komentar