5+ Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan Tubuh yang Lebih Baik

Kembang kol merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat populer di Indonesia. Sayuran ini tergolong ke dalam kelompok botrytis dari jenis Brassica oleracea.

Secara sekilas, bentuknya mirip seperti brokoli. Hanya saja, kembang kol memiliki kepala bunga yang banyak dan teratur. Selain itu, ukuran dan warnanya juga berbeda.

Kembang kol dapat diolah menjadi berbagai makanan yang lezat nan menggugah selera. Pada umumnya, tumbuhan yang satu ini dimasak menjadi sayuran seperti tumis kembang kol, cah kembang kol, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tak hanya itu saja, biasanya kembang kol juga diikutsertakan bersama masakan yang lainnya salah satunya yaitu nasi goreng.

 

Kandungan Gizi Kembang Kol

Kembang kol atau bunga kol mengandung berbagai zat gizi yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Tak heran, karena kandungannya membuat sayuran ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Adapun beberapa nutrisi yang terkandung di dalam kembang kol antara lain yaitu natrium, kalium, karbohidrat, serat, protein dan berbagai jenis vitamin dan mineral. Berikut ini data dan fakta nutrisi dari 100 gram kembang kol berdasarkan data dari U.S. Department of Agriculture

Kandungan GiziKadar/100 Gram
Serat2 g
Natrium20 mg
Kalium299 mg
Karbohidrat5 g
Kalsium22 mg
Vitamin C48,2 mg
Magnesium15 mg

 

Manfaat Kembang Kol Bagi Kesehatan Tubuh

5+ Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan Tubuh yang Lebih Baik 1

Sebagai sayuran terbaik untuk keluarga, Anda bersama yang lain wajib untuk rutin mengonsumsinya setiap hari. Sebab, kembang kol memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh Anda.

Apa saja itu? Berikut adalah penjelasan selengkapnya untuk Anda :

 

Cocok untuk Diet

Dari sekian banyak makanan yang bagus dikonsumsi bagi pelaku diet, Anda wajib mencoba kembang kol. Di dalam 100 gram sayuran satu ini, terkandung sekitar 2 gram serat.

Sebagaimana yang diketahui, serat memiliki peranan penting untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, serat membuat seseorang jadi kenyang lebih lama dan pada akhirnya tidak jadi makan banyak.

 

Baca juga : manfaat buah kiwi untuk diet.

 

Bagus untuk Tulang Anda

Tak hanya susu atau ikan teri yang bagus untuk kesehatan tulang, bunga kol pun juga tak kalah bagusnya dalam hal menjaga kesehatan tulang manusia. Memang bunga kol tidak mengandung vitamin D, tetapi mengandung kalsium yang cukup tinggi

Kalsium sangat berperan dalam hal pertumbuhan serta pemeliharaan tulang dan gigi. Tak hanya itu saja, dengan rutin mengonsumsinya bisa mengurangi resiko terserang berbagai penyakit tulang seperti osteoporosis, osteomalacia, dan juga rakitis.

 

Mengurangi Resiko Kanker

Manfaat kembang kol selanjutnya yaitu dipercaya dapat mengurangi resiko terserang penyakit kanker. Hal tersebut telah dibuktikan berdasarkan penelitian  National Cancer Institute yang membuktikan bahwasanya orang yang jarang makan kembang kol lebih beresiko terkena kanker daripada orang yang rutin makan kembang kol.

Selain itu, bunga kol juga punya kandungan antioksidan bernama glukosinolat dan isotiosianat. Kedua antioksidan ini sangat berperan dalam hal menghambat pembelahan sel tumor.

Bahkan tak hanya itu saja, sayur ini juga punya zat pelindung kanker lainnya seperti fitonutrien, sulforaphane, dan indole-3-cardinol.

 

Baca juga : manfaat asparagus bagi kesehatan tubuh.

 

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sebagaimana yang telah kita singgung tadi, kembang kol mengandung serat pangan. Serat tak hanya apik untuk kebutuhan diet, tetapi juga bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Karena mengandung serat, maka kembang kol dapat mencegah penyakit sembelit. Alhasil buang air besar pun menjadi jauh lebih lancar.

Tak hanya itu saja, adanya serat juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Bakteri baik inilah yang nantinya bisa melindungi usus Anda dari beragam penyakit yang berbahaya.

 

Bermanfaat untuk Bayi

Bayi pun bisa merasakan khasiat yang luar biasa dari kembang kol. Dapat dijadikan sebagai makanan pendamping air susu ibu (MPASI) yang tentu saja sangat aman untuk dikonsumsi.

Adapun beberapa manfaat kembang kol untuk bayi antara lain yaitu menjaga kesehatan kulit bayi, menguatkan tulang bayi, menjaga kesehatan jantung bayi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Seorang ibu tak perlu khawatir untuk memberikan MPASI kembang kol kepada buah hatinya yang justru bisa mendatangkan efek positif.

 

Menjaga Kulit Awet Muda

Salah satu manfaat kembang kol untuk kecantikan adalah menjaga kulit jadi lebih terlihat awet muda. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C cukup tinggi yang ada dalam kembang kol, yakni 48,2 mg per 100 gramnya.

Vitamin C inilah yang membantu pembentukan kolagen. Dan kolagen inilah yang membuat kulit menjadi awet muda dan terhindar dari jerawat yang begitu mengganggu.

 

Baca juga : manfaat buah kiwi untuk kecantikan.

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan bila mengonsumsi kubis atau kembang kol secara rutin. Akan tetapi, sayuran ini jangan terlalu banyak diberikan ke penderita asam urat karena kandungan purinnya yang cukup tinggi.

Tinggalkan komentar