Bukan Cuma Soal Gaya, Berikut 6 Manfaat Potong Rambut Kepala

Adakah manfaat potong rambut kepala yang bisa didapatkan? Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang menunjang penampilan manusia.  Tak hanya itu saja, rambut juga berguna untuk melindungi kulit kepala dari sengatan langsung sinar matahari. Hal ini berlaku bagi laki-laki maupun perempuan.

Pada umumnya ada 2 tipe seseorang dalam merawat rambutnya masing-masing. Ada yang rutin memotongnya, dan ada juga yang jarang atau bahkan sama sekali enggan memotongnya. Alasannya bermacam-macam, mulai dari malas untuk potong rambut hingga enggan mengubah model rambut yang dimilikinya saat ini.

Padahal sejatinya, tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak cukur rambut kepala. Tempat pangkas rambut ada dimana-mana. Berdasarkan data dari Indonesia Barbershop Association (IBA), jumlah barbershop di Indonesia mencapai 5000 brand. Itu masih barbershop, masih belum termasuk tukang cukur pinggir jalan yang menggunakan alat potong seadanya.

Soal tarif, tidak semua tukang cukur mematok harga yang sangat tinggi. Bahkan jika dirata-rata, tarif cukur rambut saat ini hanya 10 ribu – 15 ribu saja. Harga tersebut sudah sebanding dengan manfaat potong rambut kepala yang bakal kamu dapatkan.

 

Beragam Manfaat Potong Rambut Kepala

Benefit potong rambut

Cukur rambut tidak perlu terlalu sering, asal rutin (misal 2 Minggu sekali atau 1 bulan sekali) dan terus berkelanjutan. Dengan melakukannya, kamu bisa merasakan beberapa manfaatnya yaitu sebagai berikut :

 

Mencegah Kebotakan Dini

Bukan Cuma Soal Gaya, Berikut 6 Manfaat Potong Rambut Kepala 1

Setiap orang tentunya ingin memiliki model rambut yang bagus dan sebisa mungkin tidak mengalami kebotakan. Beruntunglah bagi kamu yang rajin memotong rambut, karena dapat merangsang pertumbuhan rambut di folikel rambut, sehingga rambut tetap terjaga pertumbuhannya.

Baca juga  Waspadalah! 8 Bahaya Bakso Bila Dikonsumsi Berlebihan

 

Mengatasi Masalah Rambut Bercabang

Bagi sebagian besar wanita, rambut bercabang merupakan sebuah problem yang perlu dihindari. Manfaat potong rambut bagi wanita mampu mengatasi masalah rambut bercabang. Berbeda halnya jika kamu jarang memotong rambut dan terlalu sering melakukan penataan rambut membuat rambut menjadi lebih kusut, kasar, dan juga kering. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk menggunting rambut 6 hingga 8 Minggu sekali.

 

Menghemat Pemakaian Produk Rambut

Bukan Cuma Soal Gaya, Berikut 6 Manfaat Potong Rambut Kepala 2

Manfaat potong rambut berikutnya baik bagi laki-laki maupun perempuan adalah mampu menghemat pemakaian produk perawatan rambut. Rambut yang lebih panjang cenderung membutuhkan produk perawatan rambut yang jauh lebih banyak, utamanya bagi seorang perempuan. Penggunaan produk seperti sampo, kondisioner, dan serum menjadi tidak cepat habis.

 

Kepala Terasa Lebih Ringan

Alasan memotong rambut bagi sebagian orang beranggapan bahwa membuat kepala menjadi lebih ringan. Tidak terbebani oleh rambut yang terlalu panjang. Dan saya pun merasakan hal yang sama terkait hal tersebut.

 

Mempermudah Perawatan Rambut

Jadi, walaupun rambut telah dipotong hingga pendek bukan berarti tidak dapat dilakukan perawatan sama sekali. Justru dalam kondisi pendek, perawatannya menjadi jauh lebih mudah. Sebagai contoh ketika keramas dan saat menyisir rambut menjadi lebih mudah.

 

Menambah Kepercayaan Diri

Memotong rambut dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Terlebih lagi jika model potongannya sesuai apa yang diinginkan. Biasanya setelah melakukan cukur rambut kepala, orang akan berkaca dan melihat rambut barunya sambil tersenyum. Menandakan bahwa ia nyaman dengan rambut barunya.

 

So, jangan pernah malasa memotong rambut ya. Dengan melakukannya maka beberapa manfaat potong rambut kepala yang sudah saya jelaskan di atas bisa kamu rasakan. Jangan lupa setelah dipotong, tetap rawat rambut seperti biasa ya!

Bagikan tulisan ini

Tinggalkan komentar