5+ Manfaat Sinar Ultraviolet yang Menakjubkan

Setiap harinya, kita selalu bertemu langsung dengan sinar ultraviolet atau yang lebih dikenal dengan sinar matahari. Terutama bagi orang-orang yang sering keluar rumah untuk sekolah, kuliah, bekerja, ataupun untuk keperluan yang lainnya.

Sinar ultraviolet juga disebut sebagai sinar radiasi ultra ungu. Sinar ini berasal dari matahari namun tidak bisa dilihat secara langsung oleh mata manusia, tetapi bisa dilihat oleh burung, lebah, dan kupu-kupu.

Anda tidak akan mungkin bisa menatap cahaya matahari secara langsung dengan mata telanjang. Jangan pernah memaksa untuk melakukannya jika tidak ingin terkena masalah pada bagian mata.

 

Manfaat Sinar Ultraviolet bagi Kesehatan Tubuh

5+ Manfaat Sinar Ultraviolet yang Menakjubkan 1

Mungkin selama ini Anda lebih mengenal sinar UV yang membahayakan kulit manusia. Apakah memang semengerikan itu? Jawabannya tidak.

Harus diakui, berdasarkan hasil penelitian memang sinar ultra radiasi ungu memiliki potensi bahaya bagi manusia. Akan tetapi, juga ada manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda.

Apa saja manfaat sinar ultraviolet? Firdausartikel telah merangkumnya pada konten berikut ini :

 

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang tidak hanya dilakukan dengan berolahraga, minum susu, atau makan makanan yang mengandung vitamin D atau kalsium saja tetapi juga bisa dilakukan dengan berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan kandungan sinar ultravioletnya.

Cukup satu jam saja, paparan sinar ultraviolet dapat merangsang produksi vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D inilah yang dapat menyerap kalsium dengan baik sehingga membuat tulang menjadi lebih kuat.

 

Baca juga : khasiat biji durian.

 

Menjaga Kesehatan Mata

Tak hanya bisa menjaga kesehatan tulang saja, vitamin D yang dihasilkan sinar UV ternyata juga bisa menjaga kesehatan mata Anda. Terutama dalam hal memperlambat degenerasi makula sebagai penyebab utama kebutaan bagi orang-orang yang berusia lanjut.

Tak sekadar itu saja, vitamin D juga dapat meningkatkan fungsi mata Anda secara keseluruhan. Tapi ingat, jangan sampai melihat matahari langsung saat berjemur ya!

 

Meningkatkan Imunitas

5+ Manfaat Sinar Ultraviolet yang Menakjubkan 2

Manfaat sinar ultraviolet bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Sebabnya, ketika terpapar sinar UV tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang berguna untuk memberikan perlindungan tubuh.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga memanfaatkan vitamin D yang dihasilkan sinar ultraviolet untuk mendukung kinerja sel T yang bekerja melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus. Dengan imun yang bagus, Anda tidak akan mudah terserang penyakit.

 

Baca juga : manfaat buah kersen.

 

Mengatasi Insomnia

Teruntuk Anda yang mengalami kesulitan tidur, bisa mengatasinya dengan cara berjemur di bawah cahaya matahari pagi. Adanya kandungan melantonin pada paparan sinar matahari membuat Anda bisa tidur lebih nyenyak pada malam hari.

Melatonin sendiri merupakan hormon yang sangat berperan dalam mengatur siklus tidur. Semakin tinggi kadar melatonin di dalam tubuh, maka semakin tinggi juga kualitas tidur Anda.

 

Mencegah Depresi

5+ Manfaat Sinar Ultraviolet yang Menakjubkan 3

Manfaat sinar ultraviolet selanjutnya yang tak kalah menakjubkan adalah dapat mencegah depresi. Hal ini telah dibuktikan berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Dermato-Endocrinology, menunjukkan bahwasanya sejumlah besar molekul yang ada pada berbagai lapisan kulit dapat menyerap dan berinteraksi dengan sinar ultraviolet, menghasilkan efek yang kompleks dan sinergis salah satunya mempengaruhi kesehatan mental dan suasana hati Anda.

Selain itu, ultraviolet juga menstimulasi sel keratinosit pada kulit untuk membuat beta-endorphins, hormon yang membuat suasana hati menjadi lebih baik. Selain hormon beta-endorphins, hormon serotonin juga bereaksi terhadap sinar matahari yang bermanfaat untuk meningkatkan mood sehingga dapat menghindarkan Anda dari depresi.

 

Baca juga : manfaat bakso bagi kesehatan tubuh.

 

Menurunkan Tekanan Darah

Berdasarkan hasil penelitian dari University of Edinburgh, setelah sinar matahari menyentuh kulit kita pembuluh darah akan melepaskan senyawa yang disebut dengan nitric oxide. Senyawa ini sendiri berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

Tak hanya itu saja, penelitian lain oleh Richard Weller, dosen senior di bidang dermatologi juga pernah membuktikan bahwa sinar matahari dapat mengobati berbagai macam penyakit salah satunya adalah tekanan darah tinggi.

 

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat lain yang bisa Anda rasakan ketika berjemur di bawah sinar UV pada pagi hari meningkatnya fungsi otak. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang membuktikan bahwa sinar matahari dapat membantu memacu pertumbuhan sel saraf di hippocampus, yang merupakan bagian dari otak yang berguna untuk membentuk, mengatur, dan menyimpan memori.

Selain itu, hasil riset lain menunjukkan tingkat vitamin D yang rendah karena kurangnya paparan sinar matahari bisa menyebabkan penurunan fungsi kognitif.

 

Baca juga : manfaat buah kiwi untuk kecantikan.

 

Untuk mendapatkan benefit terbaik dari sinar ultraviolet, saya sarankan untuk berjemur pada jam 08.00 – 10.00 di pagi hari. Untuk menghindari masalah kulit, juga direkomendasikan untuk memakai tabir surya guna mencegah kulit terbakar dan mengurangi risiko terkena kanker kulit.

Itulah beberapa manfaat sinar ultraviolet yang menakjubkan bagi kesehatan tubuh kita. Asal kulit mendapatkan paparan sinar secara wajar, maka semua manfaat di atas niscaya bisa Anda dapatkan.

Tinggalkan komentar