Mendaftarkan Merek dengan Jasa Pendaftaran Merek, Apa Keuntungannya?

Perubahan teknologi bisa membuat banyak gagasan inovatif. Pasti, hal itu bisa kita gunakan selaku modal dalam mengawali satu usaha. Ditambah, keadaan ekonomi sekarang ini benar-benar tuntut kita bisa menyesuaikan secara cepat dan kita cuman membuat produk dengan sudut pandang yang penting bisa dijual dan untung.

Walau sebenarnya, produk itu benar-benar rawan pada banyak resiko usaha, misalkan plagiat. Tentu saja anda tidak ingin alami rugi semacam itu, kan?

Jalan keluar untuk menghindari hal itu dengan memberi dan mendaftar merek ke produk Anda melalui pendaftaran merek dagang. Merek dagang memberikan otentisitas dari barang yang dibuat hingga merek memiliki peran yang perlu dalam proses marketing satu produk.

 

Identitas Untuk Integritas

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 mengenai Merek dan Tanda-tanda Geografis (UU Merek dan Tanda-tanda Geografis) mengatakan jika merek ialah sinyal yang bisa diperlihatkan secara grafis berbentuk gambar, simbol, nama, kata, huruf, angka, formasi warna, berbentuk 2 dimensi dan/atau 3 dimensi, suara, hologram, atau gabungan dari 2 ataupun lebih elemen itu untuk membandingkan barang dan atau layanan yang dibuat oleh orang atau tubuh hukum dalam aktivitas perdagangan barang dan/atau layanan.

Pergi dari pemahaman itu, karena itu merek jadi identitas atau sinyal pengenal dari produk Anda. Produk Anda akan mempunyai identitas yang tidak bisa diikuti oleh faksi lain. Anda pun memperoleh hak penuh atas produk yang tercatat dalam merek Anda. Dengan demikian, customer Anda dapat mengenal produk Anda dengan gampang.

Merek adalah keunikan atau pembanding dari usaha Anda. Walau nanti ditemukan produk yang Anda jual semacam dengan produk perusahaan lain, merek Anda bisa menjadi pembanding dan agunan atas kualitas barang atau layanan yang dijajakan.

 

Perlindungan Hukum

Jika merek Anda telah tercatat lalu ada faksi yang lain berusaha untuk mengikuti atau membuat aktivitas yang mengatasnamakan merek Anda, faksi itu bisa Anda tuntut lewat pengadilan dan negara akan membuat perlindungan produk Anda melalui jasa pendaftaran merek.

Sebab konsep registrasi merek ialah first to file, yaitu siapakah yang mendaftar merek pertamanya kali, karena itu dia ialah pemegang merek, sejauh tidak dapat ditunjukkan kebalikannya dalam tenggat waktu spesifik. Hingga, perlindungan hukum adalah pertahanan khusus untuk merek yang sedang Anda bangun.

 

Kesempatan Usaha

Salah satunya taktik supaya usaha Anda cepat berkembang ialah lakukan kerja sama. Permasalahannya, tidak seluruhnya faksi ingin bekerja bersama jika produk Anda tidak mempunyai validitas; dalam masalah ini ialah merek.

Keuntungan jika merek produk telah tercatat, Anda bisa ajukan kerja sama dengan memperoleh kesempatan waralaba, franchise, export, dan yang lain. Menyaksikan bertambahnya beberapa jenis usaha itu, karena itu terang merek akan memberi keuntungan dari segi hukum dan keuangan.

 

Baca juga : jasa promosi website.

 

Pemegang Hak Terbatas atas Merek

Merek ialah aset yang tidak berbentuk dan adalah hak terbatas untuk pemiliknya untuk memakai merek itu dalam perdagangan sesuai kelas dan tipe barang atau layanan yang telah tercatat. Dengan mempunyai Hak Merek yang didaftarkan melalui jasa pendaftaran merek, Anda mempunyai kebebasan untuk memakai merek itu untuk maksud komersial, dan memiliki hak larang faksi lain untuk memakai merek itu untuk kelas dan tipe barang atau layanan yang serupa.

 

Menahan Pemakaian Merek Tanpa ada Ijin

Bila Anda ialah pemilik merek yang telah tercatat, Anda dapat minta royalti ke orang yang memakai merek Anda. Bila ada yang memakainya tanpa ada ijin atau ada pembajakan merek, karena itu berdasar Pasal 83 UU Merek dan Tanda-tanda Geografis, Anda memiliki hak ajukan tuntutan tukar rugi ke Pengadilan Niaga dan ajukan pemberhentian seluruh tindakan yang terkait dengan pemakaian merek Anda.

Bahkan juga Anda memiliki hak memberikan laporan tindak pidana itu atau lakukan penuntasan perselisihan lewat arbitrase atau pilihan penuntasan perselisihan yang lain sama Pasal 93 UU Merek dan Tanda-tanda Geografis.

 

Baca juga : manfaat cek merek.

 

Alat Promo

Pemilik merek yang resmi, Anda bisa meningkatkan usaha lebih gampang dan efektif. Dalam mempromosikan atau memasang iklan produk atau layanan yang Anda jual, Anda perlu mengatakan brandnya saja.

Satu pemikiran pada “Mendaftarkan Merek dengan Jasa Pendaftaran Merek, Apa Keuntungannya?”

Tinggalkan komentar