4 Jenis Paket Web Hosting Paling Populer

paket web hosting paling populer

Jika ingin memiliki website, hal penting lainnya yang pasti akan Anda hadapi adalah pemilihan web hosting. Ketika memilih perusahaan layanan hosting terbaik, Anda harus benar-benar memilih dengan tepat, karena website Anda akan berjalan diatas server mereka.

Setelah Anda menemukan perusahaan layanan hosting terbaik, Anda akan melihat adanya beberapa jenis web hosting yang ditawarkan. Dan ini tentu akan membingungkan bagi sebagian besar pemilik website baru.

Panduan ini akan menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang web hosting, jenis jenis web hosting mana yang cocok untuk anda. Setelah mengetahui jenis web hosting yang Anda inginkan, maka Anda dapat melihat daftar penyedia web hosting terbaik di indonesia dan memilih rencana untuk memenuhi kebutuhan website pribadi.

 

Apa itu Web Hosting?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, saya ingin memulai dengan dasar-dasar untuk memastikan Anda memiliki pemahaman penuh tentang apa itu web hosting dan bagaimana web hosting bekerja.

Website di-host di server, yang merupakan perangkat keras yang kuat yang menampung website dan data yang terkait dengan situs tersebut. Setiap komponen website Anda disimpan di server dan diakses melalui web hosting Anda. Ini termasuk elemen seperti file, teks, gambar, video – semuanya.

Server secara fisik terletak di pusat data, yang biasanya dijalankan dan dikelola oleh berbagai perusahaan web hosting.
Web hosting menyediakan teknologi dan ruang server yang diperlukan agar website Anda dapat diakses di Internet. Ini memungkinkan pengguna untuk mencari situs Anda dan melihat halaman web Anda secara online.

 

Berbagai Jenis Web Hosting

Semua server tidak sama, itulah sebabnya ada berbagai jenis web hosting. Beberapa server digunakan oleh beberapa website, sementara server lain hanya didedikasikan untuk satu website. Ada empat jenis utama web hosting yang paling populer:

  • Shared Hosting
  • Cloud Hosting
  • VPS Hosting
  • Dedicated Hosting

Sebenarnya ada juga istilah tentang jenis hosting lainnya yaitu Reseller hosting dan WordPress hosting dan ini juga merupakan jenis hosting spesifik yang termasuk dalam kategori ini. Tapi saya tidak akan membahasnya dibagian ini.

Bagaimana Anda tahu mana web hosting yang terbaik untuk website Anda?

Banyak faktor yang menentukan jawaban ini. Jenis server yang Anda pilih akan mempengaruhi elemen-elemen seperti kinerja, keamanan, skalabilitas, dan tingkat manajemen website Anda.
Jenis website yang Anda miliki dan jumlah lalu lintas yang Anda peroleh juga akan mempengaruhi keputusan Anda memilih jenis web hosting.

Misalnya, blog pribadi kecil dengan 5.000 pengunjung bulanan akan memiliki kebutuhan hosting yang berbeda dari situs ecommerce besar dengan 250.000 kunjungan per bulan. Perlu juga dicatat bahwa jenis dan paket hosting yang berbeda ditawarkan pada berbagai titik harga. Jadi, mengetahui jenis hosting juga disesuaikan dengan anggaran Anda.

Saya telah menjabarkan dan menjelaskan 4 jenis web hosting yang berbeda dan paling populer di bawah ini. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk mengetahui jenis hosting mana yang merupakan pilihan terbaik untuk website Anda.

 

Shared Hosting

4 Jenis Paket Web Hosting Paling Populer 1

Shared Hosting (Hosting bersama) adalah jenis web hosting yang paling dasar dan ini menjadi jenis hosting paling populer. Jenis hosting ini sangat murah dan hemat biaya. Ini jenis hosting pilihan terbaik untuk website kecil atau tingkat pemula. Seperti namanya, website yang menggunakan hosting bersama akan berbagi sumber daya dengan website lain di server tunggal.

Itulah salah satu alasan mengapa shared hosting sangat murah dibandingkan dengan jenis web hosting lainnya.
Setiap website di server akan memiliki jumlah sumber daya yang terbatas sesuai dengan yang ditentukan oleh paket Dedicated hosting mereka.

Shared web hosting ini bisa dibayangkan seperti dengan rumah yang disewakan per kamar seperti kos-kosan, jadi dalam satu rumah itu ada beberapa orang yang tinggal dan menyewa. Anda memiliki kamar tidur sendiri, tetapi Anda dan orang lain yang menyewa kamar lainnya akan berbagi sumber daya seperti air, listrik, dapur dan ruang tamu maupun ruangan lainnya di seluruh rumah.

Sifat berbagi server dengan website lain memiliki kelemahan. Jika website lain di server Anda mengalami lonjakan lalu lintas, ini berpotensi menyebabkan masalah kinerja dengan situs Anda. Situasi ini di luar kendali Anda.

Jadi, shared hosting adalah pilihan yang bagus apabila Anda memiliki anggaran yang kecil dan website masih dalam tahap awal dengan jumlah pengunjung yang kecil.

 

Untuk Siapa Shared Hosting?

Shared Hosting adalah pilihan yang bagus untuk pemula dan website yang baru tumbuh. Ini hemat biaya dan tidak memerlukan banyak pengetahuan teknis untuk memulai. Saya akan merekomendasikan web shared hosting ke website yang memiliki anggaran terbatas.

Blogger dan pemilik usaha kecil yang memiliki website sederhana adalah pengguna yang tepat untuk shared hosting. Website apa pun yang tidak memerlukan terlalu banyak interaksi di tempat atau banyak sumber daya akan baik-baik saja dengan jenis hosting ini.

Jika Anda tidak mengharapkan lebih dari 10.000 atau 20.000 kunjungan bulanan ke website Anda, dapat menghemat uang dengan memilih paket share hosting ini.

 

Cloud Hosting

4 Jenis Paket Web Hosting Paling Populer 2
sumber gambar : hosting.review

Cloud hosting adalah jenis web hosting yang lebih baru. Ini dapat digambarkan sebagai versi hybrid VPS, tetapi lebih hemat biaya.

Paket cloud hosting hadir dengan beberapa server jarak jauh. Setiap server memiliki tanggung jawab yang berbeda. Jika salah satu server terganggu atau memiliki masalah, server lain di jaringan akan mengambil alih tanggung jawab tersebut dan mengambil kelonggaran.

Itulah yang membuat web hosting cloud menjadi alternatif yang menarik untuk web hosting seperti shared hosting dan VPS hosting.

Dengan server cloud, website Anda akan memiliki tingkat uptime yang lebih tinggi dan tidak akan memiliki downtime yang tidak terduga karena kesalahan server. Situs Anda akan tetap berjalan dan berkinerja tinggi.

Bagian terbaik tentang cloud web hosting adalah skalabilitas.

Dengan jenis hosting lainnya, selalu ada dilema konstan antara sumber daya server dan harga. Anda tidak ingin membayar lebih untuk paket dengan sumber daya yang tidak akan pernah Anda gunakan, tetapi pada saat yang sama, Anda tidak ingin melebihi sumber daya dari paket yang lebih rendah dan secara negatif mempengaruhi kinerja website Anda.

 

Untuk Siapa Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah pilihan terbaik untuk website bisnis kelas menengah dan besar yang tumbuh pada tingkat yang cepat.

Jika lalu lintas website Anda tidak dapat diprediksi dan Anda berencana melakukan penskalaan pada tingkat yang stabil dalam beberapa bulan atau tahun mendatang, maka Anda harus mempertimbangkan untuk membeli paket cloud hosting.

Website dengan lebih dari 20.000 kunjungan per hari dapat mempertimbangkan paket cloud hosting. Website yang telah memiliki peningkatan banyak pengunjung, saya sarankan untuk mengupgrade paket hosting dari shared hosting ke cloud hosting sebagai jenis hosting alternatif untuk VPS.

 

VPS Hosting

4 Jenis Paket Web Hosting Paling Populer 3
Gambar via viralhost

VPS singkatan dari “Virtual Private Server.” Jenis hosting ini satu tingkat di atas web shared hosting. Saat website melampaui rencana dari shared hosting, pemilik website biasanya meng-upgrade ke VPS.

Dengan VPS, website Anda masih tetap akan berbagi satu server dengan website lain tapi dalam jumlah website yang lebih sedikit. Dan perbedaanya adalah server utama dipecah menjadi beberapa server virtual. Server virtual ini dapat dikustomisasi oleh masing-masing website.

Meskipun server utama dibagi dengan situs lain, website Anda akan memiliki sumber daya khusus dengan VPS dan website lain tidak akan mengganggu website Anda. Bagi Anda yang ingin menjalankan konfigurasi khusus ke server Anda, Anda bisa mendapatkan akses root dengan paket hosting VPS Anda.

Karena Anda tidak akan berbagi sumber daya dengan website lain, situs Anda akan berkinerja lebih baik daripada dengan rencana shared hosting. Ini berarti Anda akan mendapat manfaat dari kecepatan dan tingkat uptime yang lebih tinggi. Anda tidak perlu khawatir tentang website lain yang menyebabkan situs Anda down.

VPS ini seperti menyewa apartemen sendiri. Anda tidak akan berbagi dapur, kamar mandi, ruang tamu, atau ruang umum lainnya dengan orang lain. Ini memberi Anda lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas untuk melakukan apa yang Anda inginkan dengan ruangan Anda.

Namun, Anda akan berbagi beberapa sumber daya dengan unit lain di gedung. Jadi masih akan ada beberapa batasan.

 

Untuk Siapa VPS Hosting?

Hosting VPS ini cocok untuk bisnis kecil atau menengah yang tidak ingin mengalami downtime yang tidak terduga di website mereka. Ini adalah jenis hosting yang bagus untuk pemilik website yang telah melampaui sumber daya dari paket shared hosting.

VPS juga bagus bagi pemilik website yang mengerti teknologi dan ingin membuat perubahan khusus pada konfigurasi server mereka.

Website dengan banyak pengunjung atau web yang memiliki file besar seperti video dan gambar harus mempertimbangkan untuk menggunakan hosting VPS.

 

Dedicated Hosting

4 Jenis Paket Web Hosting Paling Populer 4

Dedicated hosting adalah yang teratas dalam jenis web hosting. Sesuai namanya, Anda akan memiliki Dedicated hosting milik Anda, dan Anda sendiri. Ini adalah jenis web hosting yang paling mahal, tetapi dilengkapi dengan banyak manfaat tambahan.

Karena Anda tidak akan berbagi sumber daya atau apa pun dengan website lain, situs Anda akan beroperasi pada kinerja tertinggi.

Website yang dihosting di Dedicated hosting memiliki kontrol teknis penuh atas pengaturan server. Anda memilih perangkat lunak, konfigurasi, dan apa pun yang Anda butuhkan.

Jika Anda mendapatkan Dedicated hosting, Anda harus mengharapkan tingkat uptime yang sangat tinggi dan kecepatan loading super cepat. Anda tidak perlu khawatir tentang lalu lintas dari website lain yang mempengaruhi kinerja Anda.

Dedicated hosting seperti memiliki rumah. Jika Anda ingin membangun pagar, menanam pohon di halaman, membangun teras, atau merenovasi dapur, semuanya terserah Anda.
Untuk Siapa Dedicated Hosting?

Paket Dedicated hosting biasanya disediakan untuk website tingkat perusahaan. Server ini ditujukan untuk website yang memiliki volume lalu lintas tinggi.

Saya tidak akan menyarankan Anda untuk menggunakan Dedicated hosting kecuali situs Anda sudah mendapatkan lebih dari 200.000 kunjungan per hari.

Situs dan perusahaan e-commerce besar harus mempertimbangkan paket Dedicated hosting karena mereka dapat memiliki kontrol penuh atas fungsi server mereka. Situs yang memerlukan tingkat keamanan tertinggi, seperti website yang menyimpan data keuangan atau informasi medis akan mendapat manfaat dari Dedicated hosting.

Dedicated hosting hadir dengan berbagai tingkat manajemen. Anda dapat mencari penyedia hosting yang akan mengelola server Anda, atau Anda dapat mengelolanya sendiri.

Kelemahan dari mengelola server sendiri adalah Anda akan bertanggung jawab untuk menginstal pembaruan dan memantau segala sesuatu untuk gangguan atau kesalahan. Server ini juga sangat mahal karena biasanya ditawarkan dengan harga 2 juta per bulan.

Demikian ulasan tentang 4 jenis paket web hosting paling populer dan banyak digunakan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi semua.

Bagikan tulisan ini

2 pemikiran pada “4 Jenis Paket Web Hosting Paling Populer”

Tinggalkan komentar