Link Banner

7+ Peluang Usaha Bidang Kesehatan yang Menguntungkan

Seorang lulusan kedokteran rata-rata banyak yang menjadi dokter, lulusan keperawatan banyak yang jadi perawat, dan lulusan farmasi banyak yang berprofesi sebagai apoteker.

Tak bisa kita dipungkiri bahwa profesi-profesi tersebut menjadi idaman para mahasiswa yang lulus dari program studi bidang kesehatan.

Sebenarnya tak ada yang salah dengan hal tersebut, namun pernahkah Anda mencoba untuk berbisnis setelah lulus dari sarjana kedokteran, farmasi, atau keperawatan? Paling tidak untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Tentu sangat memungkinkan berbisnis namun tidak meninggalkan pekerjaan utama. Selain bisa menambah relasi, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan selain dari gaji pokok.

 

Peluang Usaha Bidang Kesehatan

7+ Peluang Usaha Bidang Kesehatan yang Menguntungkan 1

Selain sektor pariwisata, otomotif, dan grafis, sektor kesehatan pun juga menjadi ladang yang bagus untuk memulai dan mengembangkan bisnis.

Namun bukan hal mudah menjalaninya, sebab untuk menjalani usaha seperti ini sangat membutuhkan kemampuan yang bagus dari segi ilmu kesehatan. Ada kesalahan sedikit saja, bisa saja nyawa orang lain yang jadi taruhannya.

Langsung saja, berikut ini beberapa rekomendasi bisnis kesehatan 2020 yang bisa Anda coba. Apa sajakah itu?

 

Membuka Klinik Praktek

7+ Peluang Usaha Bidang Kesehatan yang Menguntungkan 2

Seorang dokter tidak harus bekerja di rumah sakit, tetapi juga dapat membuka praktek sendiri untuk menyembuhkan pasien. Terkait hal ini, tentu saja Anda butuh izin mendirikannya.

Dalam menjalankan bisnis ini, tentu tidak bisa dilakukan sendirian. Anda wajib berkolaborasi dengan apoteker, perawat, maupun tenaga kesehatan supaya hasilnya lebih maksimal.

Pemilihan lokasi kliknik haruslah strategis supaya calon pasien bisa menemukannya dengan mudah. Di dekat kampus dan di daerah perkampungan merupakan tempat strategis membuka klinik praktek.

Meski modal yang dibutuhkan sangatlah besar dan tidak murah, namun usaha bidang kesehatan satu ini dinilai sangat menjanjikan karena mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Dengan membuka klinik, Anda bisa mendapatkan omzet sekitar 30 juta hingga 70 juta setiap bulannya. Dengan keuntungan bersih sekitar 15% dari nilai omzet yang didapatkan.

Tapi ingat, pastikan Anda harus menjadi dokter terlebih dahulu sebelum benar-benar membuka praktek. Jangan menjadi dokter gadungan.

Tak hanya dokter saja, bidan pun juga bisa membuka praktek asalkan telah mengantongi izin dari pihak terkait.

 

Membuka Klinik Gigi

7+ Peluang Usaha Bidang Kesehatan yang Menguntungkan 3

Pada dasarnya, konsep bisnis klinik gigi tak beda jauh dengan klinik untuk praktek dokter umum. Hanya saja, dalam menjalani usaha ini Anda cukup berfokus terhadap kesehatan gigi pasien.

Dokter gigi adalah orang yang paling tepat untuk menjalani bisnis klinik gigi. Sekarang, kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi masih sangat rendah sehingga potensi untuk berkembang pesat sangatlah tinggi.

 

Baca juga : ide bisnis reseller.

 

Membuka Apotek

7+ Peluang Usaha Bidang Kesehatan yang Menguntungkan 4

Selain membuka praktek, peluang usaha bidang kesehatan lainnya adalah dengan membuka apotek. Anda bisa menjual berbagai jenis obat-obatan yang dibutuhkan oleh masyarakat maupun orang-orang yang sedang sakit.

Bahkan bukan hanya obat-obatan saja, Anda juga bisa menjual segala macam perlengkapan kesehatan seperti vitamin, susu, masker, face shield, perlengkapan bayi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Memang di era modern seperti ini sudah ada layanan apotek online, tapi tetap saja apotek fisik masih tetap dibutuhkan hingga saat ini.

Diperlukan keahlian di bidang farmasi supaya Anda dapat dengan lancar menjalankan usaha satu ini. Selain itu, pemilihan lokasi strategis juga harus dipertimbangkan dengan matang.

Sama halnya seperti membuka klinik, membuka apotek pun perlu perizinan. Tenang saja, mengurus hal seperti ini sejatinya tidak terlalu sulit asalkan Anda merupakan apoteker yang telah memiliki sertifikasi.

Tak hanya itu saja, supaya bisnis ini bisa mendapatkan kepercayaan lebih dari banyak orang, Anda wajib merekrut SDM terbaik dan cobalah bekerjasama dengan asuransi kesehatan. Insyaallah, bisnis apotek dapat berkembang dengan pesat asal didukung pemasaran yang bagus juga.

 

Jasa Konsultasi Kesehatan

Salah satu satu peluang usaha jasa di bidang kesehatan adalah dengan menjadi konsultan kesehatan. Asal Anda benar-benar memiliki kemampuan di bidang kesehatan, saya yakin hal seperti ini tidak sulit dilakukan apalagi didukung teknologi yang begitu canggih.

Jasa ini dapat menjadi solusi bagi orang-orang yang tidak sempat pergi ke dokter ataupun rumah sakit. Mereka biasanya bertanya dulu ke dokter online tentang kondisi tubuh yang mereka rasakan.

Bukan hanya saat sakit saja, ketika sehat pun konsultan kesehatan tetap dibutuhkan. Daripada harus antri panjang di rumah sakit, kini mau konsul bisa langsung via chat, telepon, maupun video call.

Bisnis ini dapat dimulai dari skala kecil terlebih dahulu jika memang modalnya terbatas. Setelah Anda mendapatkan omzet yang besar, bisa membangun startup sendiri seperti halnya alodokter, sehatq, klikdokter, halodoc, yesdok maupun situs konsultasi kesehatan yang lainnya.

 

Jasa Keperawatan

7+ Peluang Usaha Bidang Kesehatan yang Menguntungkan 5

Seorang suster atau perawat bisa mendapatkan penghasilan tambahan bukan hanya dari rumah sakit tempat mereka bekerja. Melainkan, juga bisa dari bisnis sendiri dengan menawarkan jasa keperawatan.

Karena bagaimanapun juga, meski orang baru pulang dari rumah sakit tetap harus dirawat dengan baik. Terkadang, keluarga tidak mampu untuk menjaganya karena mereka memiliki kesibukan masing-masing.

Dan inilah menjadi kesempatan bagi perawat untuk menawarkan jasanya. Biasanya orang lanjut usia yang sangat membutuhkan bantuan seorang perawat, akan tetapi pada dasarnya orang masih muda pun bisa saja membutuhkannya.

Sembari merawat seseorang atau beberapa orang, Anda juga bisa membuka jasa konsultasi dan konseling di bidang kesehatan. Jadi, semakin banyak pendapatan yang bisa Anda dapatkan.

 

Jasa Katering Sehat

7+ Peluang Usaha Bidang Kesehatan yang Menguntungkan 6

Peluang usaha bidang kesehatan juga bisa merambah ke sektor kuliner, yaitu dengan membuka jasa katering. Tentu bukan katering sembarangan, tetapi jasa katering yang menyediakan makanan dan minuman yang benar-benar sehat.

Makanan yang bebas dari bahan pewarna buatan, pengawet, maupun bahan berbahaya lainnya. Selain itu, juga telah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Anda bisa menjual makanan tersebut untuk siapa saja, tak terbatas untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit saja. Dengan menjual makanan sehat, maka hal tersebut bisa meningkatkan kepuasan pembeli sehingga akhirnya mereka tidak pernah bosan membeli di tempat Anda

Omzet jadi meningkat dan keuntungan yang diperoleh pun menjadi semakin besar.

 

Baca juga : peluang bisnis untuk pelajar.

 

Membuka Klinik Kecantikan

7+ Peluang Usaha Bidang Kesehatan yang Menguntungkan 7

Kesehatan dan kecantikan adalah dua hal yang masih saling berhubungan. Jika Anda adalah seseorang yang ahli di kedua bidang tersebut atau merupakan dokter spesialis kulit dan kelamin, bisa membuka praktik klinik kecantikan

Bahkan tak hanya merawat kulit saja, Anda juga bisa menawarkan jasa konsultasi kecantikan maupun menjual produk kecantikan yang cocok digunakan oleh pasien. Sama halnya seperti klinik dokter maupun apotek, membuka klinik kecantikan pun juga memerlukan izin resmi.

Karena mayoritas dari klien adalah wanita, maka saya sarankan bagi Anda untuk membangun klinik di wilayah dengan mayoritas penduduknya adalah wanita. Semakin bagus lagi jika didominasi milenial karena seusia mereka sangat perlu untuk merawat kesehatan kulit wajah.

Rizky Ramadyanti Defani, seorang trainer facial telah membuktikan bahwasanya usaha ini memang menjanjikan dan Anda bisa memperoleh keuntungan dan omzet yang sangat besar.

 

Penulis Kesehatan

7+ Peluang Usaha Bidang Kesehatan yang Menguntungkan 8

Punya ilmu yang banyak, akan semakin berkah jika dibagikan kepada banyak orang. Dengan membagikan ilmu kepada orang lain, Anda bukan hanya bisa mendapatkan pahala saja tetapi juga bisa mendapatkan cuan.

Untuk mengisi waktu senggang, cobalah untuk menjadi penulis kesehatan. Bisa di website milik pribadi (jika ada) ataupun website atau platform media lainnya. Tenang saja, pekerjaan menulis seperti ini tidak akan mengganggu pekerjaan Anda karena bisa dilakukan dengan sistem freelance.

Penghasilan yang didapatkan pun juga tak kalah besar dari pekerjaan utama Anda. Pendapatan seorang penulis bisa diperoleh dari berbagai sumber seperti iklan, kerjasama, maupun yang lainnya.

 

Itulah berbagai peluang usaha bidang kesehatan yang bisa Anda jalankan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar