Pengertian Bencana Alam dan Jenis-jenisnya yang Harus Kamu Ketahui

Pengertian bencana alam dan jenis-jenisnya

 

Kali ini saya akan membahas mengenai pengertian bencana alam dan jenis-jenisnya. Baru saja kita semua berduka, mendengar kabar saudara-saudara kita yang ada di Lampung dan Banten yang kini sedang diuji oleh Tuhan melalui bencana tsunami yang merenggut banyak korban jiwa.

Siapapun tidak ada yang bisa mencegah munculnya bencana alam, karena semua ini sudah diatur oleh Sang Pencipta. Tak hanya sekedar itu saja, banyak hal-hal atau kejadian ilmiah yang membuat negara kita begitu mudah untuk dilanda bencana atau peristiwa alam.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan diapit oleh dua benua dan dua samudera memiliki keindahan alam yang luar biasa. Namun meski begitu, di negara kita ada lebih dari 129 gunung api aktif yang termasuk ke dalam cincin api dunia.

Tak sekedar itu saja, Indonesia juga berada pada pertemua tiga lempeng tektonik yakni Australia, Eurasia dan juga Pasifik. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa di negara kita sering terjadi bencana, terutama gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus.

Berbicara soal kejadian di provinsi Lampung dan Banten, admin akan sampaikan sedikit edukasi kepada pembaca mengenai bencana alam beserta jenis-jenisnya yang mungkin juga pernah pembaca alami dampaknya. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

 

Pengertian Bencana Alam

Bencana alam merupakan suatu peristiwa yang terjadi yang disebabkan oleh alam baik itu gempa bumi, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, tanah longsor, dan lain sebagainya. Bencana alam juga terjadi akibat terganggunya keseimbangan komponen-komponen yang ada di alam ini.

Baca juga  5 Aplikasi Belajar Akuntansi Terbaik untuk Siswa atau Mahasiswa

Peristiwa/Bencana Alam dapat menimbulkan korban jiwa, kehilangan harta dan benda dan tentunya berpengaruh ke dampak psikologis. Tentu, peristiwa yang satu ini menjadi sesuatu yang amat menakutkan bagi manusia.

 

Pengertian Bencana Alam Menurut Para Ahli dan Beberapa Sumber Lainnya

Sementara itu, para ahli juga menyampaikan gagasannya tentang arti bencana. Tak hanya itu saja banyak sumber lain yang juga menjelaskan definisi dari bencana alam. Berikut penjelasan selengkapnya.

 

Diva

Bencana Alam merupakan peristiwa yang terjadi di alam yang pada kenyataannya berdamlak besar bagi populasi dan perkembangan berbagai makhluk hidup, baik itu manusia, hewan, maupun tumbuh-tumbuhan.

 

Kamdhis UGM

Sementara itu menurut Kamdhis (Keluarga Komunitas Buddhis) Universitas Gadjah Mada, bencana alam diartikan sebagai serangkaian peristiwa yang timbul karena gejala-gejala alam sehingga peristiwa tersebut mengakibatkan kerugian materi, korban jiwa, serta kerusakan lingkungan.

 

Heru Sri Haryanto

Menurut Heru Sri Haryanto pada tahun 2001 menyebutkan bahwa definisi bencana adalah terjadinya suatu kerusakan pada pola-pola kehidupan normal yang bersifat merugikan kehidupan manusia, struktur sosial, dan juga munculnya kehidupan masyarakat.

 

Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007

Sementara itu, definisi bencana menurut Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana merupakan rangkaian peristiwa ataupun rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam maupun manusia yang dapat menimbulkan korban jiwa.

 

WHO

Menurut WHO (World Health Organization), bencana alam merupakan peristiwa di daerah tertentu dan bisa terjadi secara tiba-tiba sehingga mengakibatkan kerusakan ekologi, sarana prasarana kehidupan, memburuknya kondisi kesehatan, dan kondisi manusia itu sendiri. Dari peristiwa itu, akhirnya ada bantuan dari daerah lainnya.

Baca juga  6 Aplikasi Belajar Online Gratis untuk Siswa

 

International Strategy for Disaster Reduction

Berdasarkan buku International Strategy for Disaster Reduction (UN-ISDR-2000:24), bencana adalah suatu kejadian yang disebabkan karena alam atau ulah manusia dan terjadi secara tiba-tiba atau perlahan sehingga menyebabkan hilangnya jiwa manusia, harta benda, dan kerusakan lingkungan. Kejadian seperti ini terjadi diluar kemampuan masyarakat  dengan segala sumber daya yang ada.

 

Jenis-jenis Bencana Alam

Banyak sekali jenis-jenis bencana alam, namun pada umumnya terbagi menjadi 3 jenis yaitu bencana alam geologi, bencana alam meteorologi, dan bencana alam ekstra teristial. Berikut penjelasan lengkapnya :

 

Bencana Alam Geologi

Pengertian Bencana Alam dan Jenis-jenisnya yang Harus Kamu Ketahui 1

Bencana alam geologi merupakan bencana yang terjadi di atas tanah atau permukaan bumi dan disebabkan karena gerakan atau aktifitas dari dasar bumi yang ke permukaan. Selain itu, aktivitas tektonik di permukaan bumi serta aktivitas vulkanik juga bisa menjadi penyebab bencana geologi.

Contoh : tsunami, gempa bumi, tanah longsor, dan gunung meletus.

 

Bencana Alam Meteorologi

Pengertian Bencana Alam dan Jenis-jenisnya yang Harus Kamu Ketahui 2

Bencana Alam Meteorologi merupakan bencana yang diakibatkan oleh perubahan iklim atau beberapa parameter lainnya seperti hujan, kelembaban, teremperatur, dan angin.

Contoh : angin topan, angin puting beliung, angin tornado, El Nino, La Nina, badai, dan lain sebagainya.

 

Bencana Alam Ekstra Teristial

Pengertian Bencana Alam dan Jenis-jenisnya yang Harus Kamu Ketahui 3

Bencana Alam Ekstra Teristial merupakan bencana yang diakibatkan karena jatuhnya benda-benda langit ke permukaan bumi yang menghasilkan dampak yang cukup besar.

Contoh : meteor jatuh dan asteroid jatuh.

 

Penutup

Sebelum mengakhiri postingan ini, admin ucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada seluruh korban bencana alam yang melanda Banten dan Lampung dan juga daerah lain di Indonesia yang pernah mengalami hal yang sama. Akhir kata, demikian pembahasan mengenai pengertian bencana alam dan jenis-jenisnya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan tulisan ini

Satu pemikiran pada “Pengertian Bencana Alam dan Jenis-jenisnya yang Harus Kamu Ketahui”

Tinggalkan komentar