Perbedaan Judul, Tema, dan Topik yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan judul tema, dan topik

Tahukah kamu apa perbedaan judul, tema, dan topik itu? Mengenai hal ini penting untuk diketahui, terutama bagi kamu seorang pelajar, mahasiswa, atau orang yang terjun di dunia kepenulisan. Selain itu, judul menjadi hal yang pertama ditulis ketika kamu menulis sebuah cerita, karangan, artikel, atau jenis teks lainnya.

Penulisan judul merupakan sesuatu hal  yang sebenarnya sangat sederhana, namun tak jarang masih banyak orang yang keliru dalam penerapannya. Banyak anggapan yang mengatakan bahwa judul, tema, dan topik adalah tiga hal yang sama. Padahal, jelas ketiganya jauh berbeda.

Banyak orang yang salah dalam menuliskan judul, ternyata menuliskan topik atau tema. Begitupun sebaliknya, sudah menentukan tema, namun pada kenyataannya yang dibuat adalah judul. Lalu, apa perbedaannya diantara ketiganya?

 

Perbedaan Judul, Tema, dan Topik

Melalui tulisan ini, saya akan menjelaskan apa bedanya judul, tema, dan juga topik. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya :

 

Judul

Jika diibaratkan, judul merupakan kepala karangan karena letaknya yang berada di atas inti karangan. Selain itu, judul juga disebut sebagai tajuk. Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V, judul diartikan nama yang dipakai untuk buku atau bab dalam buku yang dapat menyiratkan secara pendek isi atau maksud buku atau bab tersebut.

Suatu judul merupakan gambaran singkat dalam sebuah tulisan seperti artikel ataupun lainnya. Maka dari itu, judul juga sering mendapatkan julukan sebagai “miniatur isi bahasan”. Dalam menulis judul, sebaiknya mencerminkan suatu permasalahan yang diangkat dalam sebuah tulisan.

 

Judul yang baik akan menarik minat pembaca untuk membaca isi tulisan tersebut. Dengan cakupan yang lebih sempit dan spesifik, di dalam judul tersirat tema dan juga topik.

Baca juga  Penulisan Bentuk Ulang dan Gabungan Kata yang Benar Sesuai PUEBI

Contoh judul :

  • 10 Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh
  • 10 Manfaat Vitamin C untuk Mencegah Sariawan
  • 20 Khasiat Jamu Membuat Tubuh Lebih Sehat.

 

Tema

Lalu bagaimana dengan tema? Tema jelas jauh lebih bersifat umum jika dibandingkan dengan judul. Secara etimologis, dalam bahasa Yunani, tema berasal dari kata “tithenai” yang artinya sesuatu yang telah diuraikan. Menurut KBBI V, tema merupakan dasar cerita yang dipakai, dipercayakan, sebagai dasar untuk mengarang, mengubah sajak, dan lain sebagainya.

Tema juga sering disebut sebagai pokok pikiran. Tema menjadi sesuatu yang mendasari karangan yang akan disusun atau ditulis. Apabila tema sudah ditentukan berarti arah dan tujuan suatu tulisan sudah mulai terlihat. Jika diibaratkan sebuah rumah, maka tema adalah pondasinya.

Jika tema sudah ditentukan dapat dipersempit lagi menjadi topik. Mengenai topik, berikut ini adalah penjelasannya :

 

Topik

Topik merupakan sesuatu yang dibahas atau dibicarakan pada sebuah tulisan. Sebagai contoh dari sebuah judul “20 Macam-macam Ikan Asin dari Indonesia”. Mengetahui judul tersebut, tentu kita bisa mengetahui apa intisari yang ingin disampaikan, yakni tentang macam-macam atau jenis-jenis ikan asin.

Topik secara etimologi atau asal usul kata berasal dari kata “topoi” yang memiliki arti inti utama dari seluruh isi tulisan yang akan disampaikan atau juga lebih dikenal dengan topik pembicaraan. Sedangkan menurut KBBI edisi terbaru, disebutkan bahwa topik adalah pokok pembicaraan dalam diskusi, ceramah, dan sebagainya. Jadi, topik memiliki cakupan yang lebih terbatas dibandingkan tema, akan tetapi tidak juga terlalu sempit seperti judul.

 

Sudah tau kan apa bedanya? Mulai saat ini kamu jangan sampai salah membedakannya ya. Semoga sedikit penjelasan mengenai perbedaan judul, tema, dan topik bisa menambah pemahaman kamu ya, terima kasih :).

Bagikan tulisan ini

Satu pemikiran pada “Perbedaan Judul, Tema, dan Topik yang Harus Kamu Ketahui”

Tinggalkan komentar