7+ Tips Membeli Mobil Bekas agar Tidak Rugi

Mobil merupakan salah satu alat transportasi darat yang sangat mudah kita temukan. Bukan hanya di Indonesia saja, tetapi juga di berbagai negara lainnya. Keinginan orang-orang Indonesia untuk memiliki mobil sangatlah tinggi.

Tak peduli walau belum memiliki garasi sendiri, mereka tetap ingin membeli mobil walau bekas atau dengan cara kredit. Ada juga orang-orang yang membeli mobil hanya karena gengsi semata, pamer, dan ingin terlihat kaya di hadapan orang lain.

Mungkin anda juga melihat fakta yang sama. Di jalan-jalan, di perumahan dan ditempat manapun sekarang sudah banyak kendaraan roda empat. Bahkan di pedesaan pun, mobil juga ada walau tidak sebanyak di Indonesia.

 

Jumlah Mobil di Indonesia Sangat Banyak

Fakta menunjukkan, selain sepeda motor mobil juga merupakan kendaraan yang sering lalu lalang di jalan raya. Jumlahnya pun tidak bisa dibilang sedikit. Mengacu dari data Badan Pusat Statistik, pada tahun 2018 jumlah mobil pribadi dan mobil penumpang menembus angka 16,4 juta.

Ini belum termasuk jenis mobil lainnya. Seperti mobil bis dan mobil barang (truk, pick up, dan lain sebagainya). Jika ditotal kendaraan roda empat di Indonesia menembus angka 25 juta kendaraan. Sangat banyak bukan?

Mobil-mobil tersebut ada yang bekas dan juga ada yang baru. Dan juga punya merek yang berbeda-beda. Khusus pada artikel ini, kita akan membahas seputar bagaimana cara memilih mobil bekas yang berkualitas. Mari disimak.

 

Baca juga : alasan seseorang mengendarai vespa.

 

Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas Agar Tidak Rugi

Bagi anda yang berencana membeli kendaraan, terutama mobil penting untuk mengetahui tentang hal ini. Sebab, sudah cukup banyak kejadian yang menunjukkan bahwasanya pembeli mobil bekas mengalami banyak kerugian dan masalah.

Baca juga :  5+ Keunggulan TV LED daripada TV Lainnya

Seperti mesin yang mudah rusak, rem blong, surat-surat yang tidak lengkap, dan sederet masalah yang lainnya. Meski harga mobil bekas tidak semahal mobil baru, tetap saja kita kecewa jika sampai membeli mobil bekas yang tidak berkualitas.

Penyebabnya banyak. Seperti ketidaktelitian saat membaca detail iklan, tidak melakukan testing drive, tidak melakukan pengecekan mesin, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan semua penyedia itu biasanya dilakukan oleh pemula.

Jadi penting untuk diketahui. Berikut ini beberapa cara dan tips memilih membeli mobil bekas untuk pemula :

 

Beli Online atau Offline?

Di era modern seperti saat ini, membeli mobil semakin mudah. Bisa melalui online ataupun langsung mendatangi  tempat penjualan mobil bekas tersebut. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.

Jika anda membeli mobil bekas secara offline, pastikan membeli di situs yang terpercaya seperti seva milik PT Astra Internasional. Membeli di website milik perusahaan berbadan hukum dapat meminimalisir resiko penipuan yang mungkin saja akan anda alami.

Sedangkan jika anda membeli secara offline, pastikan untuk benar-benar mengecek setiap detailnya. Jangan lupa untuk lakukan test drive supaya anda bisa langsung merasakan bagaimana performa mobil tersebut sangat dikendarai.

 

Beli Langsung dari Orang Pertama

7+ Tips Membeli Mobil Bekas agar Tidak Rugi 1

Sebenarnya tidak ada salahnya membeli mobil bekas di showroom maupun di orang yang memang menjual mobil tersebut. Namun, membeli di orang pertama memberikan anda sedikit keuntungan.

Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga dari showroom. Membeli mobil dari tangan pertama akan membuat Anda lebih memahami kondisi perawatan dari mobil.

Apalagi jika orang tersebut memang sudah anda kenali sejak lama, tentu saja bisa memperbesar kesempatan bagi anda mendapatkan potongan harga. Alias anda mungkin saja akan diberikan harga teman.

Baca juga :  5+ Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Ketiak Anda

 

Hati-hati dengan Harga Miring

Ketika mencari mobil bekas, mungkin anda pernah mendapatkan penawaran harga yang sangat murah. Tahan diri, jangan langsung tergiur untuk membelinya.

Harga miring, tidak menjamin kualitas mobil tersebut sangat bagus. Jangan sampai setelah membeli, problematika banyak bermunculan pada mobil tersebut. Lebih baik membeli sesuai dengan harga pasaran atau sedikit di atasnya.

 

Periksa Interior Mobil

Tips membeli mobil bekas selanjutnya adalah dengan memeriksa bagian interiornya. Anda perlu mengecek bagian-bagian seperti AC, sistem audio, dan switch lampu, dan sebagainya pastikan berfungsi dengan baik dan tidak rusak.

Jangan juga lewatkan untuk memeriksa bagian rangka utama mobil. Jika ingin mobil bekas yang benar-benar bagus, pastikan tidak ada rangka bekas tabrakan sehingga mobil tidak terlihat apik lagi.

 

Periksa Kondisi Mesin

7+ Tips Membeli Mobil Bekas agar Tidak Rugi 2

Selain body, anda juga perlu untuk memeriksa kondisi mesin. Bila anda tak paham tentang hal ini, ajak orang lain seorang mekanik untuk membantu melakukan pengecekan.

Pemeriksaan ini dilakukan guna memastikan apakah terdapat masalah tentang hal-hal yang berhubungan dengan mesin kendaraan tersebut. Jika mesin dalam kondisi baik, maka sangat kecil kemungkinan mengalami suara mesin kasar, mobil tidak hidup, atau mesin yang bocor.

Membeli mobil dengan kualitas mesin yang bagus memberikan banyak keuntungan bagi anda. Mobil bisa dikendarai dengan lancar tanpa adanya gangguan atau hambatan yang berlatih. Untuk itu, sebelum memilih cek dulu mesinnya ya.

 

Jangan Lupa Test Drive

7+ Tips Membeli Mobil Bekas agar Tidak Rugi 3

Anda juga perlu melakukan tes drive. Hal ini dilakukan untuk memastikan bagaimana performa mobil ketika dikendarai di jalan raya. Selain itu, cara ini juga untuk memastikan mesin mobil benar-benar dalam kondisi baik.

Baca juga :  Mudahnya Mencari Rumah Sakit dengan Halodoc

 

Cek Kelengkapan Dokumen

7+ Tips Membeli Mobil Bekas agar Tidak Rugi 4
Sumber gambar : liputan6.com

Tips memilih mobil bekas berikutnya yang harus anda lakukan adalah dengan mengecek kelengkapan dokumen yang diperlukan. Periksa kelengkapan surat berkendara seperti STNK, BPKB, dan juga faktur, pastikan semuanya ada dan masih berlaku.

Selain itu, anda juga wajib mencocokkan nomor rangka dan nomor mesin mobil. Harus sesuai dengan apa yang tertera pada kendaraan. Waspada dengan surat kendaraan yang kemungkinan palsu.

 

Pilih Sesuai Kebutuhan

Tips membeli mobil bekas selanjutnya adalah memilih mobil sesuai dengan kebutuhan anda. Misalnya, jika anda dan istri belum memiliki anak maka belum perlu memiliki mobil dengan kapasitas besar seperti Avanza tetapi cukup mobil dengan kapasitas 2-3 orang seperti Honda Jazz.

Sementara itu jika anda sudah memiliki banyak anak, maka mobil MPV bisa jadi pilihan yang tepat. Jika masih lajang, tak perlu membeli mobil yang terlalu besar. Membeli mobil yang tidak sesuai dengan kebutuhan bakal mendatangkan lebih banyak mudharat daripada keuntungan.

 

Lakukan Perbandingan

Meskipun di satu tempat penjualan, mobil terlihat sudah oke jangan terburu-buru m memutuskan untuk membelinya. Sebaiknya, anda juga melihat di tempat lainnya untuk membandingkan.

Siapa tau di tempat lain ada mobil yang kualitasnya jauh lebih baik daripada tempat pertama. Selain itu, mungkin saja di tempat lain harganya sesuai dengan kondisi dompet anda saat ini.

Setelah melakukan perbandingan, mulailah menganalisis dan pilih mobil terbaik dan sesuai dengan kebutuhan. Insyaallah anda tidak akan salah dalam memilih mobil bekas.

 

Itulah beberapa cara yang bisa anda terapkan ketika membeli mobil bekas. Insyaallah, dengan melakukannya anda bisa mendapatkan mobil terbaik dan cocok untuk anda kendarai. Jangan lupa untuk selalu dirawat jika mobil tersebut sudah anda miliki.

 

Tinggalkan komentar