5 Tips Memilih Kacamata Hitam untuk Mata yang Lebih Sehat

Jika Anda beranggapan semua kacamata hitam yang dijual di pasaran sama saja, maka Anda salah besar. Secara umum, ada dua jenis kacamata hitam yang banyak beredar, yaitu kacamata untuk bergaya dan kacamata yang memang dirancang khusus untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Dari segi harga juga sedikit berbeda, kacamata hitam untuk kesehatan tentunya lebih mahal daripada kacamata hitam biasa. Jadi, jangan sampai Anda salah memilihnya.

Beberapa produk kacamata hitam terbaik yang populer antara lain yaitu bridges eyewear, gentle Monster, dan masih banyak lagi yang lainnya. Itu adalah beberapa kacamata hitam yang direkomendasikan untuk menghalau masuknya sinar ultraviolet ke dalam mata.

 

Tips Memilih Kacamata Hitam yang Tepat

5 Tips Memilih Kacamata Hitam untuk Mata yang Lebih Sehat 1

Jangan sampai asal pilih. Berikut ini saya berikan beberapa tips dalam memilih kacamata hitam terbaik untuk mata Anda.

Apa saja itu? Berikut penjelasan selengkapnya untuk Anda :

 

Pilih Kacamata yang Bisa Melindungi dari Sinar UV

5 Tips Memilih Kacamata Hitam untuk Mata yang Lebih Sehat 2

Hal penting dalam memilih kacamata hitam adalah pastikan Kacamata itu bisa melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet. Kacamata hitam yang bagus wajib bisa menerima menghalangi 99% UVB dan 95% UVA.

Tingkat perlindungan tersebut dapat Anda temukan pada bagian stiker atau biasanya di cetak tepat pada bagian tag.

Teruntuk Anda yang sering berada di luar ruangan, disarankan untuk memakai kacamata dengan label UV 400 nm. Kacamata ini bisa melindungi mata Anda dari sinar UV dengan panjang gelombang hingga 400 nanometer.

 

Pilih Kacamata yang Tahan Benturan

Kacamata hitam yang bagus dan lolos standar SNI adalah kacamata yang tahan dengan benturan sehingga tidak mudah rusak. Dan dalam hal ini, sebaiknya Anda memilih kacamata hitam dengan lensa plastik bukan lensa kaca yang rentan rusak bila terkena lemparan batu atau bola

Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan kacamata dengan lensa policarbonated. Lensa ini memang dirancang khusus untuk memberikan proteksi lebih dari benturan.

 

Pilih Lensa Polarized

5 Tips Memilih Kacamata Hitam untuk Mata yang Lebih Sehat 3
gambar via aao.org

Dalam memilih kacamata hitam, sebaiknya pilih lensa berjenis Polarized. Terutama bagi Anda yang sering mengendarai mobil di jalan raya. Lensa ini bisa menghilangkan silau sinar matahari yang memantul dari jendela mobil.

Tak hanya itu saja, lensa polarized juga dapat menghilangkan silau mentari yang memantul dari permukaan halus lainnya seperti trotoar atau air.

 

Baca juga : tips memilih deodoran.

 

Photocromic

Selain lensa polarized, lensa photocromic juga direkomendasikan untuk Anda pilih. Alasannya, lensa yang satu ini dapat menyesuaikan keadaan secara otomatis.

Jadi, ketika dalam kondisi cahaya yang tidak terlalu terang maka lensa berubah menjadi terang. Begitupun sebaliknya, dalam kondisi cahaya terang lensa akan menjadi gelap.

Kekurangannya, lensa photocromic perlu waktu terlebih dahulu untuk menyesuaikan diri dengan kondisi cahaya yang berbeda.

 

Sesuaikan dengan Bentuk Wajah

5 Tips Memilih Kacamata Hitam untuk Mata yang Lebih Sehat 4

Tips memilih kacamata hitam yang juga jangan sampai terlewatkan adalah menyesuaikan dengan bagaimana bentuk wajah Anda. Hal ini bertujuan menunjang penampilan Anda agar lebih menarik.

Ya walaupun tujuan sebenarnya bukan untuk gaya-gayaan, tapi tampil apik di depan banyak orang juga tidak ada salahnya bukan? Justru ini malah bagus dan Anda tidak diejek karena menggunakan kacamata yang tidak sesuai.

Wajah oval sangat cocok dengan model apapun, wajah bulat cocok dengan bingkai bersiku. Sementara itu, wajah persegi sebaiknya pilih bingkai yang tidak bersiku.

 

Baca juga : tips staycation di hotel.

 

Tidak sulit bukan? Itulah beberapa tips dalam memilih kacamata hitam terbaik untuk wajah dan mata Anda. Semoga bermanfaat dan yang tidak kalah penting belilah sesuai dengan kemampuan pengeluaran Anda saat ini.

Tinggalkan komentar