3+ Cara Cek IMEI Iphone, Gampang Sekali!

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan identitas resmi yang dimiliki oleh HP, baik itu android maupun iphone. Nomor identitas ini dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA).

Nomor IMEI memiliki fungsi yang sangat penting. Selain untuk mengindentifikasi handphone, nomor ini juga berguna untuk mengecek garansi dan juga melacak hp yang hilang. Jadi, ketika iPhone hilang atau dicuri tinggal laporkan saja ke provider maka dengan mudah mereka melacak keberadaan iphone Anda.

Nomor IMEI itu bersifat unik karena berbeda antara dengan yang lainnya. Jika ditemukan ada dua ponsel dengan nomor IMEI yang sama, dapat dipastikan jika salah satunya adalah palsu.

Sejak tahun 2004, IMEI muncul dalam format AA-BBBBBB-CCCCCC-D. Bagian yang berkode A dan B dikenal sebagai Kode Alokasi Jenis (TAC) yang berfungsi mengidentifikasi produsen dan model perangkat. Sebagai contoh, Kode Alokasi Jenis iPhone 6s Plus adalah 35-332907.

 

Cara Cek IMEI iPhone

Teruntuk anda pengguna iPhone, sangat penting untuk memeriksa apakah iphone anda terdapat nomor IMEI apa tidak. Terlebih lagi, saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya memberantas ponsel ilegal alias black market.

Langsung saja, berikut ini beberapa metode yang dapat Anda lakukan untuk mengecek nomor IMEI pada iphone Anda :

 

Melalui Pengaturan

3+ Cara Cek IMEI Iphone, Gampang Sekali! 1

Ini adalah cara yang paling mudah untuk mengetahui deretan angka-angka IMEI. Sama halnya seperti mengecek nomor IMEI smartphone, memeriksa ketersediaan IMEI pada iphone juga bisa ditemukan melalui pengaturan. Bagaimana caranya?

  • Buka pengaturan atau settings pada iphone Anda.
  • Selanjutnya, pilih ‘general’
  • Pada bagian about, Anda akan menemukan nomor IMEI termasuk ICCID dan MEID.

 

Melalui Fisik Iphone

Cara cek IMEI iphone melalui fisik iphone

Cara mengecek nomor IMEI iphone selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan melihat secara langsung pada bagian belakang. Ini berlaku untuk iphone 6s, iphone 6s plus, iphone 7, iphone 7 plus, iphone 8, iphone 8 plus, iphone 8, iphone X, iphone XR, iphone XS Max, iphone XS, iphone 11 Pro Max, iphone 11 Pro, iphone 11, dan iphone SE generasi kedua.

Namun, untuk melihatnya secara jelas Anda harus membuka casing bagian belakang dan melepaskan baterai. Anda akan menemukannya di sana, biasanya dekat slot SIM card.

Namun teruntuk iphone tipe 5/5c/5s/6/6+/SE (generasi pertama), Anda tidak perlu menanggalkan baterai untuk bisa menemukan kode IMEI. Nomor IMEI terpampang jelas di belakang iphone.

 

Baca juga : cara backup data android.

 

Melalui iTunes

3+ Cara Cek IMEI Iphone, Gampang Sekali! 2

Selain dapat digunakan untuk mengecek keaslian iphone, iTunes juga bisa Anda manfaatkan untuk mengecek nomor IMEI. Software yang juga berfungsi untuk memasukkan musik ke iPhone ini dapat mengindentifikasi IMEI dengan cara yang sangat mudah.

  • Langkah pertama, sambungkan terlebih dahulu iphone dengan komputer yang sudah terinstall software iTunes.
  • Langkah berikutnya, klik ‘library’.
  • Maka Anda akan menemukan data-data yang berhubungan dengan iphone tersebut, termasuk nomor IMEI.

 

Melalui Kode Dial

Cara cek IMEI iphone berikutnya adalah via kode dial. Yaitu dengan mengetik langsung kode *#06# pada menu call, tanpa menekan tombol panggil. Metode ini juga dapat Anda pakai ketika ingin mengecek IMEI pada smartphone.

 

Melalui Dusbook

Jika dusbook iPhone masih tersimpan rapi, Anda bisa menggunakannya untuk mengecek IMEI. Pada bagian belakang dusbook terdapat beberapa macam nomor termasuk salah satunya adalah nomor IMEI.

 

Sudah Yakin IMEI Anda Asli?

Eits, jangan salah. Kode IMEI yang ada pada sistem Iphone bisa saja bukan merupakan kode IMEI asli sehingga Anda perlu melakukan pengecekan terakhir. Yakni dengan mencocokkan IMEI pada fisik, sistem, dan juga dusbook.

Jika sama, maka tidak ada masalah dengan iphone Anda termasuk nomor IMEI-nya. Namun, apabila ada yang berbeda dapat dipastikan iphone tersebut adalah ilegal.

 

Baca juga : jasa service apple terbaik.

 

Demikian pembahasan mengenai cara cek IMEI iphone yang dapat Anda lakukan. Jangan lupa untuk mencatat nomor IMEI di tempat yang aman karena data ini sangat berguna apabila iPhone Anda hilang atau dicuri. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar