5+ Cara Cek Keaslian IPhone, Awas Jangan Salah Pilih!

  • 4 min read
  • Jul 06, 2020
Cara cek keaslian iphone

Dapat dikatakan iPhone merupakan salah satu barang paling primadona saat ini. Semua ingin memilikinya, terutama generasi milinieal yang bergaya hidup mewah.

iPhone pada umumnya dimiliki oleh orang-orang kaya, hal ini selaras dengan harga iPhone yang juga mahal. Menurut survei yang diadakan Slickdeals, pengguna iPhone rata-rata berpenghasilan 53.251 Dollar per tahun atau sekitar 780 juta setiap tahunnya.

Ada banyak alasan mengapa orang tertarik menggunakan iPhone. Bukan sekedar fiturnya yang canggih, tetapi juga ada yang karena gengsi atau sekedar ikut-ikutan saja.

Dan juga yang tak bisa dipungkiri, kualitas iPhone memang di atas rata-rata. Memiliki iOS punya tampilan dan user interface yang sederhana jika dibandingkan dengan android.

Wajar saja, jika gadget yang satu ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Bahkan bisa mencapai berjuta-juta rupiah. Contohnya saja iPhone 6s yang memiliki harga selangit mencapai 13 juta rupiah.

 

Bagaimana Cara Cek Keaslian IPhone?

Jika Anda ingin membeli iPhone, selalu waspada. Pasalnya, banyak iPhone palsu beredar di pasaran. Tanda yang paling terlihat adalah harganya terlampau miring jika dibandingkan dengan aslinya (ini hanyalah salah satu indikator saja).

Jadi, bagaimana saya bisa membedakannya? Tak perlu bingung dan khawatir, seorang pemula pun dapat dengan mudah membedakan mana iPhone palsu dan manakah iphone yang benar-benar asli. Untuk mengeceknya, gunakan beberapa cara berikut ini :

 

Cek Materialnya

Material iPhone asli dan palsu tentu saja berbeda. Jika asli, maka materialnya terbuat dari logam dan kaca berkualitas tinggi. Sangat kuat dan kokoh serta nyaman ketika digenggam.

Berbeda dengan iPhone palsu yang berbahan jauh lebih ringkih. Selain itu juga kurang kuat dan sangat mudah rusak. Sebenarnya, dari tampilan saja sudah dapat terlihat mana iphone asli dan mana yang palsu.

 

Cek Menggunakan iTunes

5+ Cara Cek Keaslian IPhone, Awas Jangan Salah Pilih! 1
Sumber gambar : apple.com

iTunes merupakan sebuah perangkat lunak dari Apple Inc. yang dapat memutar, mengorganisasi dan membeli lagu. Dan software ini hanya bisa dihubungkan dengan iPhone, tidak bisa dengan perangkat lainnya.

Tandanya jika iphone asli, maka iTunes dapat mendeteksi iPhone yang dihubungkan. Sementara itu, jika tidak terbaca maka berhati-hatilah bisa saja iPhone itu kw alias palsu.

 

Cek Apakah Ada Retina Display?

Cara cek keaslian iphoje selanjutnya adalah dengan memeriksa apakah ada retina display. Sebagaimana yang diketahui, retina display merupakan teknologi layar dari apple yang ada sejak iphone 4. Teknologi ini membuat layar menjadi halus dan jernih.

Dengan begitu, iPhone asli memiliki tampilan layar yang beresolusi tinggi. Berbeda dengan iphone palsu yang mengusung layar dengan resolusi rendah dan memiliki layar yang tidak terlalu halus.

 

Cek Apakah Memiliki App Store?

5+ Cara Cek Keaslian IPhone, Awas Jangan Salah Pilih! 2
sumber gambar : apps.apple.com

Berbicara soal iphone, tidak bisa dilepaskan begitu saja dengan app store. Pasalnya, app store merupakan produk dari apple yang hanya ada pada iphone, ipod, ataupun iPad.

Jadi, apabila Anda bisa menemukan dan menggunakan app store, maka dapat dipastikan iphone tersebut asli. Sementara jika tidak ada, hampir dipastikan iphone tersebut bukanlah yang asli.

 

Cek Garansi iPhone

Cara cek keaslian iphone berikutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan memeriksa garansinya. Apabila anda membelinya di toko atau distributor apple resmi, maka bisa dipastikan iphone tersebut memiliki garansi dan itu berarti barangnya asli.

Sedangkan jika anda membeli bukan dari toko resmi (konter misalnya), belum tentu garansinya resmi. Eits, saya tidak bilang pasti palsu ya tetapi belum tentu asli. Anda harus melakukan pengecekan melalui pengaturan pada iphone tersebut.

Biasanya, garansi iPhone yang asli adalah selama satu tahun. Sedangkan untuk yang kw, kemungkinan besar anda tidak akan mendapatkannya sama sekali.

 

Cek IMEI iPhone

5+ Cara Cek Keaslian IPhone, Awas Jangan Salah Pilih! 3
Gambar via support.apple.com

Untuk mengetahui apakah iphone yang Anda beli asli atau palsu dapat diketahui dengan mencocokkan IMEI yang terdapat pada fisik, sistem, dan dus iphone. Pastikan isinya sama karena membuktikan keaslian iphone tersebut. (Baca selengkapnya : cara cek IMEI iphone).

Jika ada yang tidak sama, menandakan iphone tersebut palsu dan jangan sampai anda membelinya. Jika sudah terlanjur, jangan ragu untuk komplain dan tunjukkan bukti-buktinya. IMEI juga bisa jadi penanda apakah iPhone memiliki garansi ataukah tidak.

 

Cek Apakah Ada Micro SD

Micro SD dapat jadi indikator penting dalam melakukan cara cek keaslian iphone dengan mudah. Lihat saja, jika pada iphone terdapat slot Micro SD menandakan perangkat besutan apple yang anda miliki itu palsu.

Mengapa demikian? Pasalnya memori internal iphone sudah berkapasitas sangat besar sehingga tidak memerlukan slot memori eksternal. Slot memori internal iphone saat ini bisa mencapai 256 GB.

 

Cek Baterainya

Anda bisa mengetahui keaslian sebuah iPhone dari baterai yang ada didalamnya. Secara umum, iphone dibekali dengan baterai tanam alias tidak mudah untuk dilepaskan.

Jika bukan baterai tanam, waspadalah karena bisa jadi itu bukanlah iphone asli. Hanya beberapa saja tipe iphone yang tidak menggunakan baterai non tanam.

 

Cek Screenshot Layar

Cara cek keaslian iphone berikutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan memeriksa secara langsung bagaimana penggunaan fitur screenshot layar. Pada iphone, anda bisa menggunakan fitur tangkapan layar dengan cara menekan tombol kunci dan home secara bersamaan.

Jika Anda bisa melakukannya, pertanda bahwa iphone tersebut benar-benar asli. Sementara itu, jika Anda tak bisa melakukannya berarti iPhone tersebut tidak asli alias palsu.

 

Cek Kameranya

5+ Cara Cek Keaslian IPhone, Awas Jangan Salah Pilih! 4

Kualitas hasil jepretan sebuah iphone bisa dikatakan sangat bagus dan bokeh serta hasilnya sangat cerah. Hal ini disebabkan iphone dibekali dengan teknologi terbaik pada kameranya.

Berhati-hatilah jika kualitas kameranya sangat buruk atau kurang bagus, karena bisa saja iPhone tersebut bukanlah iphone asli dan jangan sampai anda membelinya.

 

Cek Harganya

Iphone adalah ponsel untuk masyarakat kelas atas, harganya tinggi karena memiliki fitur-fitur yang sangat canggih. Jika harganya terlampau murah dari harga yang ditawarkan oleh Apple, patut untuk dicurigai iPhone tersebut palsu dan tidak layak untuk Anda beli.

Sebagai contoh, harga iPhone 11 Pro Max yang dijual seharga mencapai 20 juta rupiah. Jika anda mendapati ada toko yang menjual seharga lebih dari 50% di bawah harga normal, jangan sampai membelinya sebab bisa dipastikan iphone tersebut palsu.

 

Cek Fitur-fitur Lainnya

Cara mengecek keaslian iphone yang terakhir adalah dengan memeriksa fitur lain yang ada di dalamnya. Yang paling mudah, Anda bisa mengecek pada bagian fingerprint dan juga kartu SIM.

Untuk iPhone 5s ke atas sudah dilengkapi dengan fitur sidik jari. Apabila tidak ada, 100% dapat dipastikan iphone itu palsu.

Dan iPhone adalah ponsel single SIM, bukan dual SIM. Jadi, jika didalamnya ada dua slot kartu SIM itu bukanlah iphone asli.

 

Baca juga : jasa service apple terbaik.

 

Jadi, jika ada yang asli tak perlu sampai membeli yang palsu. Terapkan beberapa tips di atas untuk bisa membedakan iphone asli dan palsu. Jangan sampai rugi besar karena telah memilih iPhone yang KW. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.