5+ Rekomendasi Gadget untuk Anak Bikin Cerdas

Sebagai orang tua, anda harus mengetahui tentang rekomendasi gadget untuk anak berikut ini. Tujuannya, supaya anda bisa memberikan gadget yang tepat dan tidak berbahaya untuk si anak. Pemberian gadget kepada anak-anak memang menuai pro dan kontra, ada yang tidak mempersoalkan asal diberi batasan namun ada juga orang tua yang benar-benar 100% melarangnya.

Namun suka tidak suka, pada faktanya di zaman sekarang memang anak sangat suka bermain gadget. Bahkan kepandaiannya mengoperasikan gadget jauh melebihi kemampuan orang-orang yang telah dewasa. Anak-anak biasanya menggunakan benda tersebut untuk bermain game, menonton video, berselancar internet atau mendengarkan musik.

Bahkan angka penetrasi internet untuk anak usia 5 hingga 9 tahun di Indonesia tahun 2018 menunjukkan angka yang tidak sedikit. Berdasarkan data yang berasal dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sekitar 25,2% Anak-anak berumur 5 hingga 9 tahun sudah menggunakan internet melalui gawai yang mereka atau orang tua mereka miliki.

5+ Rekomendasi Gadget untuk Anak Bikin Cerdas 1

 

Fenomena Penggunaan Gadget Pada Anak

Fenomena gadget pada anak saat ini sudah menjadi hal yang sulit dihindari lagi. Sepertinya sangat sulit bagi orang tua untuk tidak memberikan “gadget” kepada buah hatinya. Walaupun ada yang berhasil melakukannya, tetapi jumlahnya sangat sedikit sekali.

Sebagai orang tua, anda tidak bisa sembarangan memberikan gadget kepada anak-anak. Ketahui terlebih dahulu mengenai aturan pemakaian gadget sebelum benar-benar menyerahkannya kepada dia. Jangan sampai terjadi penyesalan di kemudian hari.

Salah satu dampaknya adalah kehadiran gawai membuat anak-anak menjadi kecanduan. Bahkan tak bisa lepas sama sekali dengan benda benda seperti smartphone, tablet, iPhone, laptop, ataupun Komputer. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Common Sense Media di Philadelphia menunjukkan hasil yang mencengangkan.

Baca juga :  Spesifikasi Asus Zenfone 5 ZE620KL Terbaru 2018

Anak anak usia 4 tahun sudah menggunakan perangkat mobile sendiri bahkan tanpa pengawasan orang tua. Bahkan 350 orang tua yang mengisi survei tersebut mayoritas bukan berasal dari keluarga berada. Anak-anak kerap kali menatap layar gadget pada malam hari dalam waktu yang lama padahal jelas sekali, sinar biru pada gadget sangatlah berbahaya bagi kesehatan mata. (Baca juga : bahaya gadget untuk anak)

Bahkan jumlah kematian karena penggunaan gawai salah satunya smartphone juga sangat tinggi. Salah satunya disebabkan karena seseorang yang memainkan ponsel di jalan raya hingga menyebabkan kecelakaan. Padahal seharusnya seseorang yang berjalan kaki tidak seharusnya memainkan ponsel.

Selain itu Kematian karena gadget juga pernah menimpa anak yang sedang bermain game pada komputer. Salah satunya pernah dialami oleh Piyawat Harikun, remaja berusia 17 tahun asal Thailand ditemukan meninggal dunia di dalam kamarnya. Anak tersebut meninggal akibat serangan stroke setelah bermain video game tanpa henti selama satu hari penuh.

Dengan melihat fakta-fakta mencengangkan, sudah seharusnya orang tua memberikan pengawasan dan kontrol serius kepada anak tentang pemakaian gawai. Pencegahan perlu dilakukan, salah satunya adalah dengan cara pemberian gadget yang memang direkomendasikan untuk anak-anak.

 

Beberapa Rekomendasi Gadget untuk Anak

Gadget yang ramah anak bukan hanya untuk menyenangkan hatinya saja, tetapi juga bisa meningkatkan kecerdasannya. Gawai yang bagus tentu harus membawa dampak positif kepada kehidupan anak-anak. Sekarang pertanyaannya, apakah gawai seperti itu ada dan dijual?

Jawabannya tentu saja ada.

Anda bisa menemukannya di mana saja baik di toko gadget maupun toko online seperti Tokopedia. Harganya juga bervariasi ada yang terjangkau dan ada pula yang cukup mahal. Berikut ini beberapa rekomendasi gadget untuk anak yang bisa anda berikan :

Baca juga :  5 Aplikasi Belajar Akuntansi Terbaik untuk Siswa atau Mahasiswa

 

Amazon Fire Kids Edition Tablet

Gadget anak Amazon Fire Kids Edition Tablet
Gambar via Amazon

Ini adalah tablet yang memang sangat direkomendasikan untuk anak-anak. Sebab, pada tablet yang satu ini mampu memberikan pengalaman berharga bagi anak-anak terutama dalam hal pendidikan. Hampir seluruh isinya adalah konten mengenai anak-anak serta 15.000 buku yang tentu saja dapat meningkatkan pengetahuan buah hati anda.

Gadget ini dikhususkan untuk anak berusia 3 hingga 12 tahun. Anda bisa membelinya di Tokopedia dengan harga sekitar 3,7 juta rupiah. Insyaallah anak akan semakin nyaman bermain sambil belajar dengan menggunakan tablet yang satu ini.

 

Osmo Genius Kit

Gawai anak Osmo Genius Kit
Sumber gambar : Tokopedia

Osmo Genius Kit adalah permainan gadget yang dapat mengasah kemampuan kreativitas dan keterampilan pada si anak. Produk ini bisa anda beli di Tokopedia ataupun Ubuy secara daring. Bermain Osmo Genius Kit membuat anak Anda merasa senang dan tertarik untuk memecahkan berbagai masalah melalui media permainan

Dengan Osmo Genius Kit juga, anak-anak bisa banyak belajar tentang ilmu berhitung dan menggambar melalui teka teki permainan. Produk ini kompatibel dengan ipad mini hingga iPad pro. Miliki dari sekarang untuk anak-anak anda.

 

Nintendo 2DS

5+ Rekomendasi Gadget untuk Anak Bikin Cerdas 2
Gambar via ebay

Gadget untuk anak berikutnya adalah Nintendo 2DS yang merupakan sebuah console game yang menyediakan berbagai video permainan ramah anak. Tak hanya itu saja, konsol game yang satu ini juga cukup kokoh dengan casing clam-shell. Selain itu, ukurannya juga besar sehingga terasa lebih solid pada genggaman.

Nintendo 2DS memang khusus ditujukan untuk anak-anak. Posisi touchpadnya mudah dijangkau dan bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau hanya 2,9 jutaan saja. Anda bisa membelinya dimana saja baik di toko offline maupun toko online. (Baca juga : harga hp di nikiada)

 

LeapFrog Chat & Count Phone

5+ Rekomendasi Gadget untuk Anak Bikin Cerdas 3

LeapFrog Chat & Count Phone adalah mainan anak yang cocok dimainkan untuk anak anak usia minimal 18 bulan. Mainan satu ini dapat anda belikan di Amazon dengan harga sekitar 200 ribuan. Tentu harga tersebut tentu sudah terjangkau dan mampu memberikan banyak benefit bagi si anak.

Baca juga :  Durasi Penggunaan Gadget pada Anak, Orang Tua Harus Tau!

LeapFrog Chat & Count Phone mengantarkan anak untuk bermain bersama dan memberikan pengalaman terbaik tentang keterampilan sosial. Anak bisa belajar bercakap-cakap dan juga belajar menyapa. Dengan begitu, Secara perlahan kemampuan bicara anak secara perlahan akan meningkat.

 

Vtech V.Reader

5+ Rekomendasi Gadget untuk Anak Bikin Cerdas 4
Sumber gambar : shopee

Selain Amazon fire kids, vtech v.reader juga merupakan salah satu gadget untuk anak-anak terbaik dalam bentuk tablet. Dengan gawai ini, anak dilatih kemampuan bercerita (berstory telling) melalui huruf dan kata-kata yang terdapat didalamnya. Sangat cocok dimainkan anak anak usia tiga hingga tujuh tahun.

Pada gadget Vtech V.Reader anak bisa menonton sebuah cerita, belajar mengenai huruf berima, suku kata, huruf besar, dan juga huruf kecil. Tak hanya itu saja, pada tablet tersebut juga terdapat fitur kamus sehingga dapat melatih kemampuan berbahasa asing bagi si anak.

 

Playskool Alphie

5+ Rekomendasi Gadget untuk Anak Bikin Cerdas 5
Gambar via pinterest

Playskool Alphie merupakan sebuah gawai menarik untuk anak-anak dalam bentuk robot. Bentuknya sangat lucu dan membuat mereka menjadi suka. Playskool Alphie ditujukan untuk anak-anak yang berusia empat hingga tujuh tahun.

Pada robot ini terdapat kartu belajar yang membuat anak bisa bermain sembari belajar dengan rasa yang menyenangkan. Anak bisa mempelajari banyak hal antara lain pengembangan kosa kata, pemilihan suara, pemilihan bentuk, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Itulah beberapa rekomendasi gadget untuk anak-anak yang bisa anda belikan untuk mereka. Tetap awasi penggunaan gadget-gadget tersebut. Walaupun diklaim aman, jika dilakukan secara berlebihan juga tidak bagus untuk dilakukan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar