8+ Makanan Khas Bengkulu Lezat dan Menggugah Selera

Artikel ini membahas tentang makanan khas Bengkulu. Yang merupakan nama ibu kota provinsi sekaligus nama provinsinya, yakni Bengkulu. Sama seperti kota Padang, Bengkulu juga merupakan kota terbesar kedua di pantai barat Pulau Sumatra.

Di kota Bengkulu, anda dapat dengan mudah menemukan pantai karena lokasinya berada di pesisir pantai dan terhubung langsung dengan Samudra Hindia. Luas kota Bengkulu mencapai 144,52 km2 dengan ketinggian rata-rata kurang dari 500 meter. Di Bengkulu, tersimpan banyak kekayaan alam melimpah.

 

Makanan Khas Bengkulu yang Lezat

Tak hanya itu saja, beragam macam kuliner juga tersedia di daerah ini. Bagi anda yang sedang mampir di Bengkulu, jangan lupa untuk membeli panganan khasnya yang begitu melegenda. Apa saja itu? Berikut adalah daftar dan ulasannya!

 

1. Pendap

Pendap, makanan Bengkulu
Sumber gambar : bobo grid

Makanan pertama yang berasal dari Bengkulu adalah Pendap. Merupakan “pepes ikannya” Bengkulu dengan cita rasa dan kelezatan yang menggugah selera. Pendap telah melekat di hati masyarakat Bengkulu bahkan ada lagu daerah Bengkulu yang menceritakan bagaimana orang zaman dahulu membuat dan menikmati pendap.

Biasanya ikan yang dipakai untuk membuat pendap adalah ikan kakap atau ikan laut. Tidak lupa, pembuatan pendap juga menambahkan rempah-rempah khas Indonesia seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabai, dan bumbu dapur lainnya. Nantinya campuran bumbu tersebut dicampur lagi dengan kelapa muda dan dibungkus daun talas atau daun pisang.

Berbeda dengan pepes pada umumnya yang dikukus selama setengah jam saja, pendap dikukus hingga delapan jam sehingga menghasilkan Cita rasa ikan yang empuk, lezat, dan tidak mudah basi. Dijamin, anda akan ketagihan apabila mengkonsumsinya.

 

2. Kue Tat

Kue khas Bengkulu
Gambar via suara.com

Kue Tat atau Bay Tat merupakan kue khas Bengkulu yang saya populer dan cocok dijadikan temen ngeteh ataupun ngopi. Sejarahnya, kue satu ini dahulunya disajikan untuk raja dan keluarganya. Sebagaimana yang diketahui, dahulunya Bengkulu memang terdapat banyak sekali kerajaan seperti Selebar, Pepanau, dan Sungai Serut.

Baca juga :  Inilah 5 Makanan Khas Jember yang Wajib Kamu Cicipi

Teksturnya begitu lembut, mudah dikunyah, dan sudah pasti lezat menggugah selera. Cocok dikonsumsi oleh orang usia berapapun, dari anak-anak hingga orang yang sudah lansia semua bisa mengkonsumsi kue tat yang lezat.

Bay tat ada berbagai macam bentuknya. Ada yang berbentuk segitiga dan ada juga yang berbentuk kotak. Tepung Gandum, telur ayam, mentega, dan gula pasir merupakan bahan-bahan untuk membuat kue tat. Supaya jauh lebih lezat, biasanya kue satu ini juga ditambahkan santan kelapa. Di Jalan Soekarno Hatta, anda dapat dengan mudah menemukan makanan khas Bengkulu yang satu ini.

 

3. Gulai Kembaang

Gulai khas Bengkulu
Sumber gambar : Nova grid

Gulai Kembaang merupakan makanan khas Bengkulu Utara dan mudah anda jumpai di Kabupaten Mukomuko. Gulai Kembaang merupakan masakan tradisional yang terbuat dari bahan utama iga sapi. Rasanya lezat dan nikmat membuat siapapun yang memakannya menjadi ketagihan.

Iga sapi ini dimasak dengan kuah kuning berbumbu kunyit dan juga santan. Rempah-rempah khas Bengkulu menjadi salah satu yang membuat makanan ini begitu lezat rasanya. Gulai Kembaang biasanya banyak ditemukan di bulan puasa atau hari lebaran.

 

4. Tempoyak

Tempoyak Bengkulu
Gambar diambil dari dream.co.id

Tempoyak merupakan hidangan khas Bengkulu dan juga terdapat di beberapa daerah lainnya seperti Palembang, Lahat, Jambi, Lampung, dan daerah-daerah di Kalimantan. Dapat dikatakan juga, tempoyak menjadi makanan khas orang-orang Melayu. Panganan ini terbuat dari bahan durian yang telah difermentasi.

Aromanya yang khas menjadi daya tarik sendiri dan membuat orang tertarik untuk mencoba makanan khas Bengkulu yang satu ini. Terkadang, tempoyak juga ditambah sambal merah untuk menambah cita rasa sehingga semakin jauh lebih lezat. Aromanya pun menjadi jauh lebih kuat.

Di Bengkulu, bumbu tempoyak biasanya dikonsumsi bersama ikan patin. Perpaduan yang cocok untuk menghasilkan panganan yang menggugah selera. Bila anda berkunjung ke Bengkulu, jangan lupa untuk mencicipi tempoyak dan cicipi bersama nasi yang hangat agar semakin mantap.

 

5. Lema

8+ Makanan Khas Bengkulu Lezat dan Menggugah Selera 1
Sumber gambar : kompas.com

Lema merupakan makanan khas Rejang yang merupakan suku yang mendiami wilayah Bengkulu bagian selatan. Namun untuk masa kini, Lema bisa anda temukan dimana saja baik di wilayah Bengkulu sendiri maupun di luar negeri seperti Jepang.

Lema merupakan makanan yang terbuat dari rebung yang dicincang dan dicampur dengan ikan sepat ataupun mujair. Proses pembuatannya melalui proses fermentasi dan jika sudah matang sangat cocok dihidangkan dengan nasi yang masih hangat. Kelezatan makanan ini membuat siapapun yang mengkonsumsinya selalu ingin nambah.

Baca juga :  Beragam Khasiat dan Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

Anda suka pedas? Tinggal konsumsi saja Lema yang telah diolah dengan sambal khas dengan rasa yang begitu nendang. Di Provinsi Bengkulu lema yang telah dipadukan dengan sambal sudah ada dalam bentuk kemasan sehingga bisa anda bawa pulang di rumah. Salah satunya berlokasi di pasar tradisional ataupun toko oleh oleh dengan harga yang sangat terjangkau.

 

6. Bagar Hiu

8+ Makanan Khas Bengkulu Lezat dan Menggugah Selera 2
Gambar via : cookpad

Bagar Hiu juga merupakan salah satu Kuliner khas daerah Bengkulu. Terdiri atas bahan dasar ikan hiu tanduk dan dipadukan dengan rempah-rempah dan cabai merah membuat rasa makanan ini menjadi lebih menggugah selera. Bahkan, Bagar Hiu menjadi salah satu makanan favorit Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno.

Makanan ini mirip seperti Rendang Padang, hanya saja Bagar Hiu tidak dimasak menggunakan santan. Dalam proses pengolahannya, diperlukan keahlian khusus sehingga bau amis yang semula ada pada ikan hiu bisa hilang setelah dimasak. Biasanya, kemampuan memasak Bagar Hiu diturunkan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi yang ada di bawahnya.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Bengkulu dan mencicipi makanan khasnya yang satu ini, saya sarankan untuk datang pada Bulan Ramadhan. Sebab, pada bulan-bulan tersebut, banyak yang menjualnya. Harus diakui, memang tidak selalu makanan ini ada karena sulitnya mencari bahan baku untuk mengolahnya.

 

7. Kue Lepek Binti

Kue khas daerah Bengkulu

Kue tradisional khas Bengkulu ini sangat enak rasanya. Bentuknya mirip seperti nagasari, namun menggunakan bahan dasar seperti kue lemper. Makanan khas Bengkulu yang satu ini diolah dengan memanfaatkan beberapa bahan seperti tepung ketan, santan, dan daging sapi giling. Sementara itu untuk bumbunya adalah bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas dan daun salam.

Nantinya kue ini jika sudah jadi, berbentuk kotak dan dilipat di dalam daun pisang. Rasanya manis, lembut, dan sangat menggugah selera. Tentu sangat rugi, apabila anda tidak mencicipi kue yang satu ini apabila sudah mengunjungi provinsi Bengkulu.

Sama seperti Bagar Hiu, Kue Lapak Binti juga dapat dengan mudah anda temukan pada bulan Ramadhan. Panganan ini sangat cocok dijadikan teman ngeteh ataupun ngopi pada sore hari. Benar-benar sedap rasanya. Anda harus mencoba dan menikmati sendiri kelezatannya.

Baca juga :  Inilah 10 Kuliner Khas Palembang yang Menggugah Selera

 

8. Gulai Rebung Asam Undak Liling

8+ Makanan Khas Bengkulu Lezat dan Menggugah Selera 3
cookpad

Di Bengkulu, anda juga bisa menemukan dan menikmati kelezatan gulai rebung asam undak liling. Makanan ini terbuat dari rebung dan dipadukan dengan keong sawah. Tetapi terkadang keong sawah diganti dengan ikan laut atau ikan tawar

Untuk membuatnya sendiri, memang membutuhkan waktu yang sangat lama. Supaya rasa asam dari rebung bisa keluar. Anda harus merendam rebung selama beberapa hari. Hal ini dilakukan untuk membuat gulai rebung menjadi jauh lebih lezat.

 

9. Kue Perut Punai

8+ Makanan Khas Bengkulu Lezat dan Menggugah Selera 4
Gambar via Bukalapak

Di Bumi Raflesia, anda juga bisa menemukan sekaligus mencicipi kue yang satu ini. Perut Punai mirip seperti kue perut Ayam, hanya saja ukurannya yang jauh lebih kecil. Makanan ini sudah pasti begitu lerat dengan pilihan rasa manis berbalut gula aren atau rasa asin gurih adonan tepung. Anda bisa memilih yang mana saja sesuai dengan selera.

Untuk bisa mengkonsumsinya, anda bisa mencari kue ini di toko-toko kue yang ada di kota Bengkulu. Juga bisa anda bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Orang-orang di rumah pasti sangat menyukainya.

 

10. Sirup Kalamansi

Sirup Kalamansi merupakan minuman khas Bengkulu yang berasal dari jeruk Kalamansi yang berkembang pesat di kota tersebut. Minuman satu ini berbau harum dan memiliki rasa yang asam namun tetap lezat di konsumsi. Anda bisa meminumnya kapan saja, baik saat cuaca panas maupun dingin.

Penyajiannya bisa dengan dua cara, hangat atau menambah es batu supaya rasanya lebih segar. Anda bisa membeli minuman sirup ini seharga 25 ribu hingga 30 ribu untuk botol sebesar 1000 ml. Selain itu, sirup Kalamansi juga kaya akan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh anda.

 

Itulah beberapa makanan khas Bengkulu yang wajib anda cicipi. Dengan rasanya yang menggoyang lidah, membuat siapapun tidak bosan untuk menikmatinya. Terima kasih dan selamat mencicipi hidangan khas Bumi Raflesia.

Tinggalkan komentar