8+ Makanan Khas Bangka Belitung Reccomended Dinikmati

 

Jalan jalan ke Bangka Belitung, tidak lengkap rasanya jika kamu belum mencicipi berbagai makanan khas Bangka Belitung yang akan Firdaus ulas. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi. Kamu bisa menemukan berbagai aneka kuliner bercita rasa lezat dan menggugah selera di kepulauan penghasil timah ini.

Bangka Belitung merupakan salah dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi ini terdiri atas dua pulau utama, yakni pulau Bangka dan pulau Belitung. Beribukota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung berlokasi di bagian timur pulau Sumatra. Provinsi ini terkenal sebagai daerah penghasil timah terbesar di Indonesia.

Selain punya dua pulau besar utama, Bangka Belitung juga memiliki beberapa pulau kecil disekitarnya. Kondisi alamnya didominasi Oleh dataran tinggi, lembah dan sebagian kecil pegunungan dan perbukitan. Dengan suasana yang begitu sejuk, membuat siapapun betah berlama-lama untuk datang ke daerah yang satu ini.

 

Makanan Khas Bangka Belitung yang Populer

Berwisata ke Bangka Belitung, tidak lengkap rasanya apabila kamu belum pernah mencicipi kuliner khasnya yang menggugah selera. Ada yang manis, pedas, gurih, asin, dan berbagai cita rasa terbaik membuat siapa saja merasa ketagihan.

Rasanya yang menggoyang lidah, sangatlah rugi bila kamu tidak mencobanya. Berikut ini, beberapa contoh makanan khas yang ada di Kepulauan Bangka Belitung beserta ulasannya. Yuk, disimak!

 

1. Lempah Kuning

Kuliner bangka Belitung
Gambar via lifestyle Okezone

Lempah kuning merupakan salah satu makanan khas Bangka yang wajib untuk kamu nikmati. Makanan ini memiliki cita rasa yang manis, pedas, dan asam bercampur nikmat di lidah. Sensasi segar dan nikmat membuat siapapun ingin nambah jika sudah mengkonsumsinya.

Lempah kuning terdiri atas ikan tenggiri atau kakap merah dengan kuah yang diberi bumbu bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabai merah, kunyit, dan juga belacan. Warnanya kuning dan biasanya dimasukkan potongan-potongan nanas.

Lempah kuning merupakan salah satu kuliner khas Bangka Belitung yang merupakan hasil olahan laut. Bahkan kuliner ini telah menjadi Cagar Budaya Nasional Tak Benda dan sudah sangat terkenal dan benar-benar diakui kelezatannya. Jadi, kamu tak perlu ragu lagi untuk mencicipinya.

 

2. Lempah Daret

Selain lempah kuning, makanan khas Bangka Belitung lainnya berjenis lempah adalah lempah Daret. Makanan ini berbahan dasar umbi-umbian, sayur-sayuran dan kuah yang berbumbu rempah-rempah. Semakin nikmat jika dikonsumsi bersama ikan asin.

Lempah Daret juga disebut sebagai “sayur asam-nya” Bangka Belitung. Dengan cita rasa gurih dan agak manis. Bahkan, panganan yang satu ini telah ada sejak abad ke 17 silam. Dinamakan Lempah Daret karena hampir semua bahan-bahannya berasal dari daratan.

Baca juga :  10 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

Lempar Daret sering disamakan dengan sayur asam. Namun, sesungguhnya keduanya berbeda termasuk rasanya pun juga tidak sama. Kamu bisa menemukan sayuran ini dimana-mana, baik di desa maupun di kota. Sebab, lempah daret telah menjadi sayuran yang sangat merakyat bagi masyarakat Bangka Belitung.

 

3. Lempah Kulat Pelawan

8+ Makanan Khas Bangka Belitung Reccomended Dinikmati 1

Salah satu makanan khas Bangka Belitung adalah lempah kulat perawan. Makanan ini merupakan masakan yang terbuat dari jamur khas Bangka yang biasanya dimasak dengan santan. Rasanya sudah pasti sangat enak dan menggugah selera.

Kulat sendiri merupakan bahasa lokal Bangka untuk menyebutkan istilah “jamur”. Sementara itu pelawan adalah nama pohon endemik di provinsi Bangka Belitung. Jamur yang dimasak itu merupakan jamur yang ditumbuhi di pohon pelawan tersebut pada saat musim hujan.

Untuk jamurnya sendiri memang dibanderol dengan harga yang sangat tinggi. Yakni mencapai dua juta rupiah. Hal ini membuat harga makanan ini memang cukup mahal, namun sudah sebanding dengan rasa lezat yang ditawarkan. Namun jika kamu ingin berhemat, makanan ini bisa kamu olah sendiri di rumah.

Untuk membuat salah satu jenis makanan Bangka Belitung ini dibutuhkan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah, dan kemiri. Olah bumbu kemudian masak bersama dengan jamur Pelawan dan juga santan. Aduk merata hingga matang sekitar 15 menit. Sangat mudah bukan? (Baca juga : lezatnya makanan khas Lahat, Sumatra Selatan)

 

4. Rusip

Rusip merupakan salah satu kuliner khas Bangka yang berasal dari fermentasi ikan bilis. Rasanya asam dan mirip seperti jeot, makanan khas Korea. Selain punya rasa asam yang kuat, makanan ini juga sangat pedas dan membuat perpaduan dua rasa ini jadi favorit bagi siapapun yang mengkonsumsinya.

Apalagi jika dikonsumsi bersama lalapan, tentu akan semakin mantap rasa dan juga aromanya. Secara sekilas, makanan khas Bangka yang satu ini memang terlihat keruh dan baunya sangat menyengat, namun jika kamu sudah memakannya dijamin bakal merasa ketagihan.

Rusip juga semakin enak jika dimakan dengan belacan atau sambal terasi. Rasanya semakin mantap dan menggoyang lidah bagi siapapun yang menyantapnya. Pokoknya, jika kamu pergi ke Bangka Belitung jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini.

 

5. Bakmi Bangka

8+ Makanan Khas Bangka Belitung Reccomended Dinikmati 2
Sumber gambar : travel kompas

Berkunjung ke Bangka Belitung tidak lengkap rasanya jika kamu belum mencicipi bakmi dengan cita rasa yang lezat. Makanan ini sudah sangat populer dan ada di mana-mana. Mie dengan bumbu asin gurih plus ditambah daging ayam cincang sebagai pelengkap membuat siapapun yang mengkonsumsinya selalu ingin nambah.

Baca juga :  Waspadalah! 8 Bahaya Bakso Bila Dikonsumsi Berlebihan

Makanan khas Bangka Belitung mie Bangka ini bisa ditambahkan kecap asin sehingga membuat rasanya semakin mantap. Sangat cocok dijadikan sebagai menu santap siang yang bisa mengenyangkan perut kamu yang sedang keroncongan.

Kamu bisa menemukan mie Bangka di berbagai lokasi. Bahkan kamu bisa memesannya sebanyak dua jenis, yang pertama memakai kuah dan juga bisa tanpa memakai kuah. Rasanya sama-sama enak tinggal kepada selera kamu sendiri. Yuk, dicoba mie nangkanya!

 

6. Mie Belitung

Masih termasuk golongan mie, berkunjung ke Kepulauan Bangka Belitung tidak lengkap rasanya jika kamu belum pernah mencicipi Mie Belitung. Mie kuning yang satu ini disajikan bersama udang, kuah udang, potongan kentang rebus, irisan timun, dan juga taburan emping di atasnya. Rasanya lezat, nikmat dan menggoyang lidah!

Selain mienya yang enak, kuahnya pun juga tak kalah sedap. Berbahan rempah-rempah alami seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan juga merica membuat kuah menjadi kental dan nikmat untuk dikonsumsi. Semakin mantap nan lezat apabila kamu mengkonsumsinya pada saat masih panas.

Salah satu warung mie Belitung yang cukup terkenal di Bumi Laskar Pelangi adalah Mie Belitung Nyonya Atep. Lokasinya berada tepat di tengah kota,  di Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan. Warung ini sudah sangat terkenal dan telah memiliki banyak sekali pelanggan sejak lebih dari 20 tahun yang lalu. (Baca juga : makanan khas Palembang yang menggugah selera)

 

7. Martabak Bangka

8+ Makanan Khas Bangka Belitung Reccomended Dinikmati 3
Gambar via kumparan

Apakah kamu pecinta martabak? Martabak memang ada dimana-mana, namun untuk di Bangka Belitung tentu berbeda dengan martabak dari daerah lainnya. Martabak Bangka punya rasa yang manis, kering, dan tidak terlalu berminyak.  Tentu saja tidak amis dan lezat rasanya.

Makanan khas Bangka Belitung yang satu ini sudah sangat populer dimana-mana. Bahkan tak hanya di Pulau Bangka dan pulau Belitung saja, makanan ini sudah sangat terkenal di hampir seluruh wilayah Nusantara. Terlebih lagi di kota-kota besar Indonesia, kamu pasti akan lebih mudah menemukannya.

Karena rasanya yang manis, terkadang martabak Bangka juga disebut sebagai martabak manis. Makanan ini bisa dikonsumsi kapan pun yang kamu mau. Namun, khusus bulan Ramadhan, martabak Bangka biasanya jadi menu favorit buka puasa bagi masyarakat Bangka Belitung dan sekitarnya. Kamu, juga harus mencicipinya ya!

 

8. Sup Gangan

Sup Gangan merupakan makanan khas Belitung yang sangat legendaris. Telah ada sejak lama, sup Gangan merupakan sebuah makanan yang berbahan dasar ikan plus kuah sup dengan cita rasa yang lezat nan istimewa. Rasa asam dan pedas beradu di lihat membuat siapapun merasa ketagihan jika memakannya.

Baca juga :  8+ Makanan Khas Bengkulu Lezat dan Menggugah Selera

Sup Gangan sangat pas jika disantap bersama dengan nasi yang masih hangat. Menggunakan rempah-rempah alami membuat rasa masakan ini semakin lezat dan nikmat dikonsumsi. Adanya potongan nanas segar membuat sensasi asam, segar, dan nikmat ada pada makanan yang satu ini.

Makanan tradisional khas Pulau Belitung ini tidak pernah absen dikonsumsi bagi masyarakat di sana. Mereka tak pernah bosan untuk menyantapnya, apalagi jika dimakan bersama sambal lalap bakal menambah cita rasa makanan tersebut menjadi jauh lebih lezat. Yuk, dicoba!

 

9. Kecalo

Kecalo merupakan salah satu makanan khas Bangka yang sudah sangat populer. Kecalo sendiri adalah udang rebon yang difermentasikan. Biasanya dijadikan sambel atau dicocokkan ke makanan lainnya supaya jauh lebih nikmat. Rasanya asin dan bisa ditambahkan ketika kamu memasak telur kocok.

Kecalo dapat dihidangkan sebagai teman lalapan. Rasa asin dan bau yang menyengat, memang membuat sebagian orang tidak menyukainya. Tetapi, hal ini bisa diatasi dengan menambahkan cabai rawit dan bawang merah untuk memberikan rasa pedas yang kuat sehingga rasa asinnya menjadi tertutupi.

Resep membuat makanan khas Bangka Belitung ini sejatinya tak terlalu sulit. Kamu hanya perlu mencampurkan garam pada udang rebon yang masih segar, jika sudah silakan dipermentasi sampai teksturnya lebih halus. Kecalo adalah makanan kebanggaan warga Bangka karena merupakan olahan langsung dari laut. (Baca juga : makanan khas Bengkulu lezat dan menggugah selera)

 

10. Pletek

Oleh oleh khas Belitung
Gambar via umm.ac.id

Pletek merupakan oleh oleh khas Belitung berupa camilan bercita rasa gurih. Biasanya para wisatawan selalu membelinya di Belitung untuk di bawa ke rumah masing-masing. Bentuk camilan ini adalah agak elips dan berwarna putih kecokelatan

Pletek berbahan dasar ikan tenggiri dan diberi tambahan bumbu seperti merica dan juga garam. Ketika dikunyah, penganan ini berasa gurih, asin dan lezat berpadu jadi satu. Kamu pasti merasa ketagihan setelah mencobanya.

Di Belitung, kamu tidak akan kesulitan menemukan camilan yang satu ini. Kamu dapat membelinya dimana pun, termasuk di toko oleh-oleh. Cukup dengan uang 10 ribu saja kamu sudah bisa mendapatkan satu bungkus pelatak dengan rasa yang lezat. Murah, namun benar-benar berkualitas.

 

 

Itulah beberapa makanan khas Bangka Belitung yang wajib untuk kamu cicipi. Nikmati sepuasnya apabila kamu sedang berada di daerah penghasil timah ini, dan jangan lupa jadikan oleh-oleh juga supaya keluarga di rumah bisa sama-sama menikmatinya.

Tinggalkan komentar