6 Makanan Khas Lahat yang Nikmat Dikonsumsi

Makanan khas lahat
Makanan khas Lahat, Sumatra Selatan tak kalah dengan makanan yang berasal dari daerah lainnya. Bila kamu berkunjung ke lahat, tentu tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi aneka kuliner lezat yang ada daerah ini. Selain rasanya yang lezat, makanannya pun bisa kamu dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Lahat merupakan salah satu dari sekian banyak Kabupaten/kota yang ada di Sumatra Selatan. Secara geografis, daerah ini berbatasan dengan beberapa Kabupaten lainnya yang ada di Sumatra Selatan seperti Muaraenim, Pagar Alam, dan Tebing Tinggi. Memiliki luas sekitar 4.361 km2, daerah ini memiliki total 22 kecamatan.

 

Daftar Makanan Khas Lahat, Sumatra Selatan

6 Makanan Khas Lahat yang Nikmat Dikonsumsi 1

Sudah sekitar 1 tahun saya menjadi salah satu bagian dari salah satu warga di kota ini. Saya pun mulai bisa mengenali tentang kebudayaan yang ada di sini, termasuk juga makanannya. Bila kamu berkunjung ke kota ini, saya rekomendasikan untuk membeli dan mengkonsumsi makanan khas kota Lahat berikut ini :

 

Pempek

Pempek Lahat

 

Pempek ini merupakan makanan khas provinsi Sumatra Selatan, selain dapat kamu temukan di Palembang, pempek juga bisa kamu dapatkan di Kabupaten Lahat. Makanan yang terbuat dari tepung kanji dan daging ikan ini memiliki rasa yang begitu lezat, apalagi jika dicocol kuah cuko membuat kenikmatan pempek semakin bertambah.

Di sepanjang jalan kota Lahat kamu dapat dengan mudah menemukannya. Pada umumnya, pempek dibandrol seharga seribu hingga dua ribu rupiah per buahnya. Sangat murah, namun soal rasa begitu lezat dan menggugah selera. Ada banyak jenis pempek yang tersedia di sini seperti pempek ikan, pempek telur, pempek kapal selam, pempek adaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga  Beragam Khasiat dan Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

 

Model

Model Lahat
Sumber gambar : Okezone Lifestyle

Saat pertama kali mendengar kata “model”, mungkin kamu tidak akan menyangka jika istilah tersebut merupakan salah satu makanan khas Lahat. Panganan ini terbuat dari adonan ikan ataupun gandum dan biasanya juga dipadukan dengan campuran timun, ebi, bawang gareng, dan juga bihun.

Sama seperti pempek, model pun bisa kamu dapatkan di kota Palembang dan daerah lainnya yang ada di Sumatra Selatan. Makanan ini paling nikmat dikonsumsi ketika masih hangat, perpaduan rasa yang menyatu di kuah dan juga daging ikan/gandumnya semakin menambah lezat cita rasanya dan dijamin bakal membuat kamu merasa puas.

 

Tekwan

6 Makanan Khas Lahat yang Nikmat Dikonsumsi 2

Tak kalah lezatnya dengan pempek dan juga model, kamu juga bisa menikmati salah satu makanan khas dari Kabupaten Lahat yaitu Tekwan. Makanan yang satu ini terbuat dari campuran daging ikan dan tapioka. Dengan bentuk kecil-kecil serta disajikan dengan kuas udang membuat cita rasa panganan ini semakin lezat dan mantap.

Biasanya tekwan dijual sepaket dengan model dan juga pempek. Jadi, ketika kamu pergi ke salah satu wisata kuliner yang ada di lahat, pasti bakal bisa menemukan 3 makanan tersebut dalam satu lokasi yang sama. Tekwan merupakan singkatan dari kata “Berkotek Samo Kawan”, yang dalam bahasa Palembang artinya duduk mengobrol bersama teman. Wah, menarik bukan?

Baca juga  7 Rekomendasi Tempat Wisata di Merauke, Surga di Timur Indonesia

 

Kemplang

6 Makanan Khas Lahat yang Nikmat Dikonsumsi 3

Makanan khas Lahat berikutnya dapat kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di kampung, namanya kemplang. Oleh oleh yang satu ini merupakan kerupuk gurih yang terbuat dari tepung sagu, ikan, dan bahan penyedap. Selain bisa kamu dapatkan di Lahat, kerupuk kemplang juga bisa kamu temukan di daerah lainnya di Sumatra Selatan, Lampung, dan juga Bangka Belitung.

Makanan ini cocok dijadikan camilan lezat di rumah. Bisa dimakan secara langsung ataupun dicocol kuah cuko pempek. Rasanya yang gurih pasti cocok dan mudah diterima semua lidah. Bila mampir ke kota ini, jangan lupa untuk membeli kemplang dan nikmati gurihnya bersama keluarga di rumah.

 

Tempoyak

Tempoyak

Saat pertama kali saya datang ke kota ini, pihak tuan rumah langsung menyuguhkan saya sebuah makanan yang berbau durian. Tentu, pada awalnya, saya bingung dengan makanan tersebut. Ternyata setelah diceritakan nama masakan tersebut adalah tempoyak. Makanan satu ini merupakan masakan yang terbuat dari durian yang telah difermentasikan.

Sensasi asam nan lezat langsung terasa ketika kamu mulai memasukkan makanan tersebut ke dalam mulut. Saya sendiri benar-benar pernah mencobanya dan merasa makanan ini bukanlah makanan biasa. Mungkin bagi seseorang yang alergi terhadap durian, pasti menghindari tempoyak untuk dijadikan sebagai makanan. Kamu bisa membuat tempoyak sendiri di rumah dengan menggunakan beberapa bahan dasar seperti ikan emas (bisa diganti dengan ikan lainnya), bumbu tempoyak, serai, cabe, dan juga kunyit.

Baca juga  Waspadalah! 8 Bahaya Bakso Bila Dikonsumsi Berlebihan

 

Ayam Nanas

Gambar via cookpad
Gambar via cookpad

Kamu juga bisa menikmati makanan khas Lahat yang merupakan perpaduan daging ayam dan juga nanas yang dimasak dalam satu wadah. Rasanya sudah pasti lezat nan nikmat, dengan aroma yang benar-benar menggugah selera. Masakan ayam nanas sangat cocok dijadikan sebagai menu favorit keluarga di rumah.

Dan yang lebih membanggakan lagi, masakan yang benar-benar berasal dari tanah Lahat ini pernah meraih Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Untuk bisa mencicipi ayam nanas, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah atau membelinya di pasar tradisional. Dijamin, dengan cita rasa yang dimiliki ayam nanas, membuat kamu ketagihan saat mengkonsumsinya.

 

Sejatinya masih banyak lagi makanan khas Lahat yang bisa kamu temui di sini. Tapi keenam kuliner itu yang paling sering saya nikmati dan memiliki cita rasa yang lezat dan tak tertandingi. Sekian dan semoga bisa menjadi referensi terbaik bagi kamu yang tengah berburu kuliner di Sumatra Selatan.

Bagikan tulisan ini

Tinggalkan komentar