Penggunaan Deterjen Khusus untuk Pakaian Bayi, Bagaimana Caranya?

Selain perawatan saat mandi, Anda juga membutuhkan deterjen pakaian bayi secara khusus agar pakaian bisa aman dan nyaman digunakan.

Banyak ibu yang tidak terlalu peduli pada deterjen khusus seperti ini, namun jika dilihat mencuci dengan deterjen bayi lebih baik dan penting. Hal ini karena terdapat bahan kandungan khusus pada deterjen sehingga pakaian bayi lebih aman.

 

Pentingnya Penggunaan Deterjen Khusus Pakaian Bayi

Jika Anda memiliki bayi dengan kulit yang mudah terkena iritasi, dan sebagainya penggunaan deterjen khusus sangatlah penting. Sebab ada beberapa produk yang mencegah iritasi atau gatal pada kulit dan membuat pakaian terasa lebih aman.

Penggunaan yang salah bisa menimbulkan iritasi, namun Anda bisa mencegahnya dengan tips mencuci yang aman seperti berikut ini.

 

Memilih Deterjen untuk Mencuci

Jika Anda ingin mencuci pakaian bayi, tanpa menggunakan deterjen khusus seperti ini, bisa saja namun perlu memperhatikan beberapa hal.

Salah satu yang bisa Anda perhatikan yaitu, kandungan aktif dalam deterjen, serta bahan utama deterjen tersebut. Sehingga Anda bisa mencuci pakaian dengan aman, tanpa takut timbul iritasi kulit  karena salah memilih.

 

Baca juga : cara menghilangkan bau ketiak.

 

Pilih Berdasarkan Bentuk Deterjen

Ada dua jenis deterjen yang bisa dipakai untuk mencuci baju bayi, namun setiap bentuk deterjen memiliki bahan atau keunggulan berbeda. Anda bisa memilih berdasarkan bentuk, serta jenis yang lebih aman saat digunakan ketika mencuci baju.

Biasanya deterjen cair akan lebih mudah dan juga cepat menyerap ke dalam serat kain, sehingga kotoran lebih cepat bersih.

 

Baca juga : tips memilih deodoran.

 

Mencuci Baju Berdasarkan Bentuk Noda

Noda memang bermacam-macam, sehingga membuat cara menghilangkannya pun tidaklah sama. Mencuci baju bisa disesuaikan dengan jenis noda, sehingga lebih mudah dan lebih efektif untuk menghilangkan noda.

Untuk itu, Anda perlu mengenali jenis noda pada pakaian seperti noda urine, noda karena makanan, noda minyak, noda jamur dan lain sebagainya secara tepat.

 

Pakaian di Rendam, Jangan Dikucek

Ketika membersihkan noda yang ada di pakaian, anda tidak perlu menguceknya. Tetapi cukup dengan merendam pakaian tersebut di dalam air. Mengucek bayi sangat tidak disarankan karena membuat bahan kain menjadi cepat rusak dan juga bayi pun jadi tak nyaman lagi menggunakan pakaian tersebut.

Oh ya, saat perendaman sebaiknya pisahkan antara baju putih dan warna lainnya. Pemisahan ini dilakukan untuk mencegah baju luntur sehingga terlihat tidak menarik.

Apalagi jika anda sudah mengetahui pakaian mana saja yang biasanya luntur, sudah seharusnya pemisahan telah dilakukan sejak awal.

Perendaman juga sebaiknya juga dilakukan sebelum pakaian benar-benar dicuci. Disarankan untuk merendam pakaian anak yang kotor dengan air hangat selama sepuluh hingga menit.

Air hangat dinilai lebih cepat dalam mengangkat noda membandel yang ada di pakaian si kecil.

 

Baca juga : tips memilih kacamata hitam.

 

Hindari Mencampur Cucian Selimut dan Pakaian

Anda bisa mencuci baju dan selimut dengan deterjen yang sama baik itu deterjen khusus bayi atau yang biasa.

Namun Anda jangan mencampur selimut dalam cucian baju, untuk menghindari perpindahan noda dari baju yang bisa menempel pada selimut.

Trik ini akan membuat Anda aman mencuci deterjen untuk pakaian bayi, secara khusus atau dengan deterjen biasa.

 

Hindari Pelembut atau Pewangi Pakaian

Untuk pakaian bayi, disarankan tidak menggunakan pelembut atau pengawi pakaian seperti orang dewasa.

Kulit bayi sangatlah sensitif sehingga tidak cocok jika harus bersentuhan dengan pewangi atau pelembut yang notabene mengandung zat kimia. Zat kimia inilah yang membuat kulit si kecil menjadi beriritasi.

 

Keringkan Hanya di Bawah Sinar Matahari

Mengeringkan baju mungkin bisa dimana saja, bahkan ada yang mengeringkannya dengan kipas angin jika sudah terlanjur terburu-buru.

Tetapi, jika anda mencuci baju bayi sebaiknya hanya dijemur atau dikeringkan di bawah sinar matahari. Hal ini bertujuan agar pakaian si kecil tidak lembab dan tidak tumbuh jamur.

 

Jadi, mencuci pakaian bayi itu tak bisa dilakukan secara sembarangan. Perlu kehati-hatian karena menyangkut kesehatan anak, jangan sampai kulitnya bermasalah hanya karena pakaian yang ia kenakan.

Seorang ibu sebaiknya melakukan hal ini demi kesehatan si buah hati. Mari terapkan mulai saat ini.

Tinggalkan komentar