3+ Cara Menghilangkan Noda Jamur pada Pakaian, Terbukti Ampuh!

  • 3 min read
  • Okt 26, 2020
Cara menghilangkan noda jamur pada pakaian

Tentu saja setiap insan ingin memakai pakaian yang bersih, harum, dan wangi, kamu juga merupakan salah satunya. Salah satu cara terbaik untuk membuat pakaian selalu dalam keadaan bersih yaitu dengan mencucinya.

Kelihatannya memang mudah, tapi pada faktanya masih banyak orang yang tidak dapat mencuci pakaiannya hingga benar-benar bersih. Masih meninggalkan banyak noda dengan bau yang sangat apek.

Terlebih lagi jika pakaian yang dicuci terlalu banyak noda membandel, salah satunya adalah jamur. Noda jamur ini biasanya disebabkan karena beberapa hal seperti pakaian yang tidak dikeluarkan dari tas dalam waktu yang lama, kondisi lemari yang tidak layak, terlalu lama menggantung pakaian, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jamur pada pakaian membuatnya menjadi jelek serta merusak serat lainnya. Tak sekadar itu saja, jamur juga bisa meninggalkan bau yang cukup menyengat.

Untuk itulah, kamu perlu tau bagaimana cara menghilangkan noda jamur pada pakaian. Selengkapnya, mari simak konten ini hingga selesai.

 

Cara Menghilangkan Noda Jamur pada Pakaian

3+ Cara Menghilangkan Noda Jamur pada Pakaian, Terbukti Ampuh! 1

Jangan khawatir kalau di baju, celana, rok, atau jenis pakaian lain yang kamu miliki banyak terdapat jamur. Kamu bisa menghilangkannya sendiri dengan sangat mudah.

Tak perlu sewa ART ataupun sewa jasa-jasa yang lainnya. Bagaimana caranya? langsung saja, berikut ini saya berikan beberapa cara membasmi noda jamur di pakaian tanpa menimbulkan efek negatif sedikit pun :

 

Menggunakan Cuka

Selain deterjen, cuka merupakan salah satu bahan yang terbukti efektif untuk meninggalkan noda jamur di pakaian kamu. Tak hanya itu saja, cuka juga bisa menghilangkan noda lainnya pada pakaian putih yang sulit dihilangkan dengan deterjen biasa.

Selain itu, cuka aman digunakan untuk segala jenis pakaian. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan merendam pakaian yang akan dicuci dengan segelas cuka dalam seember air, biarkan semalaman dan esok harinya cuci seperti biasa.

 

Jeruk Nipis dan Garam

Cara menghilangkan noda jamur pada pakaian berikutnya dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan perpaduan jeruk nipis dan juga garam. Kedua bahan ini insyaallah tidak akan merusak serat pakaian kamu.

Caranya yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan garam ke dalam air perasan jeruk nipis. Berikutnya campurkan larutan ini ke dalam air hangat.

Rendam jemur ke dalam larutan air jeruk nipis dan garam. Setelah 30 menit, angkat pakaian dan cek apakah masih tersisa noda ataukah tidak. Bila masih belum, kamu bisa menuangkan deterjen cair ke noda tersebut dan gosok dengan sikat gigi bekas.

 

Menggunakan Boraks

Eits jangan salah, selama ini kamu mungkin beranggapan kalau boraks tidak bisa mendatangkan benefit apa-apa, hanya mendatangkan masalah pada tubuh manusia. Namun nyatanya, ada sisi positif dari boraks yang bisa kamu manfaatkan.

Berbeda dengan bahan lainnya, boraks belum tentu cocok dengan segala jenis pakaian. Kamu perlu melakukan pengujian terlebih dahulu, caranya yaitu dengan meneteskan cairan boraks ke area kecil yang tersembunyi, jika tidak ada masalah maka proses selanjutnya bisa dilanjutkan.

Cara membersihkan noda pakaian dengan boraks yaitu mencampurkan 3 sendok makan boraks dalam seember air lalu aduk hingga rata. Kemudian, rendam pakaian selama 45 menit untuk menghilangkan noda jamurnya.

 

Menggunakan Pemutih

Menghilangkan noda jamur pada pakaian selanjutnya adalah dengan memakai cairan pemutih. Namun, kamu tak bisa asal menggunakannya karena bisa saja merusak atau merubah warna pakaian yang dicuci.

Ada pakaian-pakaian tertentu yang memang tidak boleh dibersihkan dengan cairan pemutih. Maka dari itu, cek label pada produk pemutih untuk memastikan takaran yang pas dan dan petunjuk keselamatan sebelum kamu mencucinya.

 

Baca juga : cara menghilangkan gatal pada tubuh.

 

Tips Menghilangkan Noda Jamur pada Pakaian Lainnya

3+ Cara Menghilangkan Noda Jamur pada Pakaian, Terbukti Ampuh! 2
Sumber gambar : tirto.id

Selain menggunakan beberapa bahan di atas, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini untuk membasmi berbagai jenis noda pada pakaian kamu, tak terkecuali jamur. Apa saja itu?

 

Cuci Dalam Temperatur Tinggi

Ketika mencuci pakaian, disarankan untuk mencucinya dalam suhu yang tinggi. Pasalnya, jamur tidak akan bertahan ketika terkena air yang sangat panas.

Tapi sebelumnya, pastikan cek terlebih dahulu label perawatan baju untuk mengetahui suhu maksimum yang bisa kamu gunakan untuk mencuci pakaian tersebut.

 

Keringkan Di Bawah Sinar Matahari

Saat mengeringkan baju, pastikan kamu benar-benar menjemurnya di bawah sinar matahari yang panas. Selain karena suhu tinggi, matahari memang merupakan pembunuh jamur yang paling ampuh.

 

Baca juga : cara menghilangkan bau ketiak.

 

Jadi itulah beberapa tips dan cara menghilangkan noda jamur membandel pada pakaian kamu. Segera hilangkan agar pakaian kembali bersih dan kamu pun akan nyaman memakainya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.