10+ Cara Menghilangkan Bau Ketiak paling Ampuh

  • 4 min read
  • Sep 22, 2020
cara menghilangkan bau ketiak

Bau ketiak merupakan salah satu masalah pada tubuh yang membuat siapapun yang mengalaminya merasa tidak nyaman. Bau ketiak bisa terjadi oleh siapa saja, baik laki-laki maupun remaja terutama bagi mereka yang sudah memasuki usia puber.

Bau ketiak merupakan bau dimana keringat telah bercampur dengan bakteri yang ada pada kulit ketiak. Pada masa-masa pubertas, kelenjar keringat apokrin berproduksi lebih banyak sehingga menyebabkan keringat berlebih.

Sebenarnya keringat ini tidak berbau, selama tidak ada bakteri di dalamnya. Bila keringat bercampur dengan bakteri, maka bau tidak sedap tersebut bisa tercium.

Jika dibandingkan dengan perempuan, bau ketiak laki-laki lebih tajam daripada perempuan. Alasannya adalah laki-laki kurang bisa menjaga kebersihan tubuh, masalah tubuh, dan hormon testosteron.

 

Penyebab Bau Ketiak

penyebab bau ketiak
Ilustrasi bau ketiak. Sumber gambar : freepik.com

Ketiak Anda bau bukanlah tanpa sebab. Ada hal-hal yang menjadi penyebab adanya bau pada bagian ketiak, salah satu dan paling utama adalah adanya bakteri yang memecah protein di keringat dan mengubahnya menjadi zat asam.

Bakteri tersebut bernama anaerobik dan berkembang biak melalui keringat. Adanya bau badan, bau keringat, atau bau ketiak ini muncul sebagai hasil dari pemecahan protein keratin oleh bakteri pada permukaan kulit.

Jadi, penyebab utamanya adalah bakteri dan produksi keringat berlebih. Selain itu, bau keringat juga bisa disebabkan karena beberapa hal lainnya yaitu obesitas, kulit yang terinfeksi, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Baca juga : manfaat buah kiwi untuk kecantikan kulit.

 

Cara Menghilangkan Bau Ketiak paling Ampuh

Mengalami bau ketiak membuat kepercayaan diri menurun. Tentu saja, siapapun tidak mau dekat-dekat jika badan kita bau. Benar begitu bukan?

Nah, teruntuk Anda yang saat ini sedang mengalami bau keringat atau bau ketiak Firdaus Artikel akan menyampaikan beberapa tips penting untuk menghilangkan bau yang tidak sedap ini dari tubuh Anda. Bagaimana caranya? Simak saja ulasan selengkapnya berikut ini.

 

Menggunakan Deodoran

10+ Cara Menghilangkan Bau Ketiak paling Ampuh 1

Salah satu cara termudah untuk mengurangi atau menghilangkan bau ketiak adalah dengan memakai deodoran. Salah satu alasan mengapa deodoran atau antipersprint bagus untuk menghilangkan bau keringat adalah kandungan aluminiumnya yang bisa menutupi pori-pori kulit sementara.

Alasan lainnya, saat memakai deodoran produksi keringat semakin berkurang. Alhasil, bau yang dihasilkan juga semakin sedikit.

 

Baca juga : tips memilih deodoran.

 

Kurangi Makanan Pedas

Makanan bercitarasa pedas menyebabkan peningkatan bau ketiak yang lebih tajam. Karena hal itulah Anda perlu mengurangi konsumsi makanan pedas.

Selain itu, ahli juga berpandangan jika makanan yang mengandung kari dan bawang-bawangan juga menyebabkan bau ketiak sehingga Anda harus mengurangi konsumsinya.

 

Menggunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

10+ Cara Menghilangkan Bau Ketiak paling Ampuh 2
sumber gambar : merdeka.com

Penggunaan pakaian yang menyerap keringat juga menjadi salah satu cara mengatasi bau ketiak yang menyengat. Contohnya adalah pakaian berbahan katun dan linen.

Pakaian-pakaian tersebut dapat membuat kulit menjadi tidak lembab sehingga bakteri tidak mudah tumbuh. Saat tubuh berkeringat, disarankan untuk mengganti pakaian dengan bahan yang menyerap keringat.

 

Mencukur Bulu Ketiak Secara Teratur

Anda wajib rutin mencukur bulu ketiak untuk setidaknya mengurangi bau tajam pada ketiak Anda. Penyebabnya Bulu ketiak ini bisa menahan penguapan keringat, sehingga ketiak jadi lembap dan bakteri penyebab bau keringat menjadi lebih cepat berkembang.

Karena hal itulah, Anda perlu rutin mencukur bulu ketiak. Paling tidak, seminggu sekali.

 

Baca juga : manfaat potong rambut kepala.

 

Menjaga Kebersihan Tubuh

10+ Cara Menghilangkan Bau Ketiak paling Ampuh 3

Untuk mengurangi bau ketiak yang tajam, tak perlu mengeluarkan biaya besar. Cukup dengan cara sederhana yaitu menjaga kebersihan tubuh, badan Anda bisa menjadi lebih wangi. Apalagi setelah mandi memakai parfum dan deodorant.

Selain mandi secara teratur, Anda juga harus rutin mengganti baju yang sekiranya sudah basah dan bercampur dengan keringat.

 

Baca juga : cara mengurangi gatal pada tubuh.

 

Mengoleskan Lidah Buaya

Lidah buaya tidak ternyata bermanfaat untuk rambut saja, tetapi juga bermanfaat untuk ketiak Anda. Lidah buaya mengandung antioksidan dan antibakteri yang bisa menghilangkan bau ketiak.

Cara pengaplikasiannya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya secara secukupnya. Oleskan pada malam hari dan pada pagi harinya bilas sampai bersih dengan air

 

Baca juga : manfaat dan bahaya kunyit.

 

Menggunakan Kentang

10+ Cara Menghilangkan Bau Ketiak paling Ampuh 4

Kentang yang mengandung asam alami dapat menurunkan PH di kulit ketiak. Selain itu, kentang juga bisa mengontrol produksi ketiak sehingga dapat mencegah bakteri pada ketiak.

Caranya sangat mudah yaitu dengan menggosokkan perlahan kentang yang telah diiris tipis ke ketiak Anda. Setelah itu, diamkan sejenak hingga sari kentangnya kering lalu balurkan deodoran di ketiak.

 

Menggunakan Minyak Kelapa

Cara mengatasi bau ketiak yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa. Minyak ini mengandung asam lemak rantai sedang yang bisa mengandung mikroba.

Jika mikroba hilang, maka bau tidak sedap pun jadi hilang. Cara pengaplikasiannya sangat mudah, oleskan minyak kelapa ke ketiak dengan jari-jari Anda. Lakukan sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari, dan alangkah lebih baik jika dilakukan setelah mandi.

 

Baca juga : cara mengatasi keputihan secara alami.

 

Menggunakan Soda Kue

10+ Cara Menghilangkan Bau Ketiak paling Ampuh 5

Soda kue juga bisa Anda andalkan untuk mengatasi bau menyengat pada ketiak Anda. Bahkan, bahan makanan ini juga membuat ketiak tetap kering dan mengurangi produksi keringat berlebih.

Cukup dengan mencampur soda kue dengan ekstrak lemon. Kemudian oleskan langsung ke ketiak 2-3 menit sebelum mandi dan membilasnya.

 

Menggunakan Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis, oleskan potongan jeruk nipis ke ketiak dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas ketiak Anda dengan air hangat.

Jeruk nipis dipercaya bisa mengatasi berbagai kotoran. Termasuk juga mengatasi bakteri yang menjadi penyebab bau keringat atau bau badan.

 

Baca juga : cara mengobati asma secara alami.

 

Menggunakan Lemon

10+ Cara Menghilangkan Bau Ketiak paling Ampuh 6

Cara menghilangkan bau ketiak selanjutnya adalah dengan memanfaatkan lemon. Lemon dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab bau keringat.

Cari lemon segar dan potong menjadi dua bagian. Lalu gosokkan separuh bagiannya pada ketiak Anda, biarkan sejenak hingga mengering.

Jika sudah kering, bilas ketiak bersamaan dengan saat Anda sedang mandi. Lakukan setiap hari maka bau badan pun akan menghilang.

 

Rajin Berolahraga

Dan cara menghilangkan bau ketiak keduabelas adalah dengan rutin berolahraga. Mengapa bisa? Bukankah olahraga menyebabkan seseorang mengeluarkan banyak keringat?

Memang betul faktanya seperti itu. Akan tetapi, hal tersebut bisa membuang bakteri yang ada pada pori-pori ketiak Anda. Dengan begitu, masalah bau ketiak bisa teratasi.

 

Artikel lainnya : cara mengatasi gatal di ketiak.

 

Itulah beberapa tips mengatasi bau ketiak paling ampuh dan efektif yang bisa dilakukan. Silakan terapkan dengan sebaik mungkin agar ketiak Anda menjadi lebih harum.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.