5+ Tips Memilih Deodorant Demi Ketiak yang Aman

Deodorant merupakan zat yang dibutuhkan untuk menghilangkan bau badan pada tubuh. Terutama bagi pria dan wanita yang telah mengalami masa pubertas, benda ini sangat dibutuhkan dan menjadi barang wajib untuk dibawa kemana-mana.

Deodorant adalah produk kosmetik yang memang dibuat khusus untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab bau badan. Namun sebenarnya fungsi deodorant tak hanya untuk menghilangkan bau badan saja, tetapi juga bisa menghilangkan bau kaki maupun bau yang ada di lemari pakaian.

Masyarakat Indonesia sendiri sudah bisa memakai deodorant, baik itu laki-laki maupun perempuan. Berdasarkan hasil survey, 53,60% responden menggunakan deodorant setidaknya satu kali dalam sehari dan 39,62% memakai deodorant dua kali dalam sehari.

Dari sekian banyak jenis deodorant, jenis roll-on yang paling banyak diminati. Diikuti oleh spray, lotion, stick, dan juga bedak.

 

Tips Memilih Deodorant

5+ Tips Memilih Deodorant Demi Ketiak yang Aman 1

Perlu untuk Anda ketahui, setiap manusia memiliki jenis kulit ketiak yang tidak sama. Karena hal itulah, jenis deodorant yang harus dipakai juga berbeda.

Supaya tidak salah pilih, Anda harus mengetahui bagaimana tips memilih deodorant baik untuk laki-laki maupun perempuan. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut ini :

 

Pilih Deodorant Anti Persiprant

Tips pertama, Anda wajib memilih deodorant tanpa persiprant. Anti persiprant sendiri merupakan bahan yang bisa menghilangkan bau, keringat, serta mengurangi kelembapan pada ketiak.

Deodorant tanpa persiprant sangat cocok untuk Anda yang punya keringat berlebih dan ketiak dengan aroma yang kurang sedap.

 

Jangan Pilih Deodorant yang Mengandung Alkohol

Pilihlah deodorant non alkohol, bukan deodorant yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol dapat membuat kulit ketiak mengalami iritasi.

Selain itu, alkohol pada deodorant juga tidak cocok diaplikasikan pada orang dengan kulit sensitif. Walau jenis kulit Anda bukan termasuk kulit sensitif, tetap saya sarankan untuk tidak menggunakan deodorant berbahan alkohol guna mencegah terjadinya iritasi.

 

Baca juga : manfaat potong rambut kepala.

 

Jangan Pilih Deodorant yang Mengandung Pemutih

Selain alkohol, sebaiknya Anda jangan memilih deodorant yang mengandung pemutih. Sama halnya seperti alkohol, pemutih pada deodorant juga menyebabkan iritasi kulit dan tidak cocok diterapkan pada kulit sensitif.

 

Pilih Brand yang Terpercaya

Tips memilih deodorant selanjutnya adalah memilih deo dari brand yang terpercaya. Sebut saja dove, rexona, wardah, nivea, dan casablanca. Pastikan brand tersebut memiliki reputasi yang baik.

Tak hanya itu saja, Anda juga harus memastikan produk memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, Departemen Kesehatan, serta berlogo halal. Terkait hal ini, Anda bisa mencari informasinya di internet.

 

Baca juga : merawat rambut dengan susu.

 

Hindari Deodorant dengan Kandungan Whitening

Alangkah lebih baik bila Anda tidak memilih deodoran yang mengandung whitening. Whitening merupakan produk yang bertujuan untuk mencerahkan dan meremajakan kulit.

Kelihatannya memang bermanfaat, tapi Anda harus tau bila terlalu sering menggunakannya dapat menyebabkan kulit ketiak mengalami iritasi.

 

Ganti Deodoran Bila Kulit Terasa Gatal

Jika setelah menggunakan deodorant kulit ketiak Anda terasa gatal maka jangan lanjutkan! Hentikan penggunaannya dan ganti dengan deodorant yang baru.

Bukan hanya karena bahan yang berbahaya, tetapi juga deodorant tersebut tidak cocok dengan tipe kulit Anda. Hal ini juga untuk menghindari berbagai bahaya yang mungkin terjadi pada ketiak Anda.

 

Pilih Deodoran dengan Aroma yang Sama dengan Parfum

Tips memilih deodorant berikutnya adalah memilih dengan aroma yang tidak terlalu berbeda jauh dengan parfum yang Anda gunakan. Bukan tanpa alasan, sebab jika terlalu dominan maka akan menghilangkan bau parfum pada pakaian Anda.

Pilih deodorant dengan bau yang netral dan aman bila dikombinasikan dengan parfum yang Anda pakai. Salah memadukan parfum dan deodoran bisa-bisa membuat aroma tubuh menjadi tidak sedap.

 

Jadi itulah beberapa kiat-kiat dalam memilih dan menggunakan deodorant untuk kulit ketiak Anda. Demi kondisi kulit yang lebih baik, saya sarankan untuk mengikuti tips-tips yang sudah dijelaskan di atas

Tinggalkan komentar