7+ Cara Menghilangkan Gatal pada Tubuh paling Efektif

Gatal merupakan suatu gangguan penyakit yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Tak hanya itu saja, gatal juga dapat mengganggu aktivitas penting karena harus menggaruk ketika rasa gatal itu sudah tidak tertahankan lagi.

Bagi sebagian orang, mungkin gangguan ini dianggap hal yang biasa dan cenderung dibiarkan. Namun, pada kenyataannya ada bahaya yang bisa terjadi jika penyakit gatal-gatal ini dibiarkan begitu saja.

Gatal dapat meningkatkan resiko penyakit lainnya, salah satunya adalah gangguan ginjal. Membiarkan rasa gatal merupakan kesalahan besar yang sebaiknya tidak Anda lakukan.

 

Penyebab Gatal pada Tubuh

Ada banyak hal-hal yang membuat seseorang bisa merasakan gatal pada tubuhnya. Salah satunya disebabkan karena kulit kering.

Selain itu, gatal juga bisa disebabkan karena gangguan penyakit atau kelainan yang lainnya. Tak hanya itu saja beberapa faktor eksternal seperti gigitan serangga, jamur, dan stres juga bisa jadi penyebab rasa gatal tersebut bisa muncul.

 

Cara Menghilangkan Gatal pada Tubuh

7+ Cara Menghilangkan Gatal pada Tubuh paling Efektif 1

Teruntuk Anda yang saat ini merasakan gatal yang sangat mengganggu, tak perlu khawatir. Firdaus Artikel punya beberapa cara/metode untuk menghilangkan/meminimalisirnya. Bagaimana itu? Simak selengkapnya pada konten berikut ini :

 

Menghentikan Konsumsi Makanan Tertentu

Salah satu cara efektif mengatasi gatal-gatal di tubuh adalah dengan menghentikan konsumsi makanan tertentu. Terutama makanan yang jika dikonsumsi bisa membuat alergi pada tubuh Anda.

Jika Anda terus menerus mengonsumsinya, tentu membuat semakin parah gatal-gatal Anda. Jadi, usahakan jangan memakannya dulu ya.

 

Mengonsumsi Obat Antihistamin

7+ Cara Menghilangkan Gatal pada Tubuh paling Efektif 2

Antihistamin merupakan obat yang berguna untuk meredakan alergi pada tubuh, dimana alergi juga disertai dengan rasa gatal.  Dengan mengonsumsinya, rasa gatal pun bisa diminimalisir.

Pastikan Anda hanya mengonsumsi obat ini sesuai dengan petunjuk dokter ya. Dokter akan memberikan dosis yang sesuai kepada Anda.

 

Menggunakan Lidah Buaya

Salah satu cara menghilangkan gatal di badan secara alami adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Tanaman ini berkhasiat meredakan gatal pada seluruh tubuh manusia, termasuk juga gatal di ketiak.

Lidah buaya memiliki kandungan yang membuat tingkat air di dalam kulit tetap terjaga. Akan tetapi, tidak semua orang cocok dengan cara ini. Oleskan sedikit demi sedikit, jika Anda tak mengalami alergi berarti pengobatan ini aman dilakukan.

 

Baca juga : manfaat buah kiwi untuk kecantikan kulit.

 

Menggunakan Minyak Kelapa

7+ Cara Menghilangkan Gatal pada Tubuh paling Efektif 3

Selain menggunakan lidah buaya, cara menghilangkan gatal pada tubuh secara alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa. Minyak memiliki sifat antiinflamasi sekaligus dapat menghilangkan rasa sakit akibat peradangan.

Caranya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada bagian kulit yang gatal. Maka, rasa gatal berangsur-angsur akan berkurang.

 

Menggunakan Es Batu

Untuk meredakan gatal, Anda bisa memanfaatkan es batu. Caranya cukup dengan meletakkan kantong es atau es batu yang dilapisi kain ke permukaan kulit yang terasa gatal. Secara perlahan, rasa gatal pun bakal berkurang.

Jika tidak ada es batu, mengompres menggunakan air dingin saja pun tidak masalah.

 

Baca juga : cara mengobati diabetes secara alami.

 

Menggunakan Oatmeal

7+ Cara Menghilangkan Gatal pada Tubuh paling Efektif 4

Makanan berasa lezat yang satu ini juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi kulit yang terasa gatal, kering, dan kasar. Oatmeal memiliki sifat humektan yang dapat melembabkan kulit.

Tak sekadar itu saja, oatmeal juga bermanfaat mengatasi rasa alergi yang ditimbulkan setelah gatal muncul. Cara penggunaannya yaitu dengan mandi menggunakan oatmeal, maka rasa gatal di kulit tubuh pun akan berkurang

 

Menggunakan Soda Kue

Soda kue atau Natrium Bikarbonat merupakan salah satu bahan yang berguna mengatasi gatal-gatal pada kulit tubuh. Pasalnya, soda kue membuat ph kulit menjadi seimbang.

Cara penggunaannya yaitu dengan mencampurkan satu hingga dua cangkir baking soda ke dalam bak berisi air hangat. Selanjutnya, silakan berendam pada air soda tersebut untuk meredakan gatal.

 

Baca juga : tips memilih deodoran untuk kulit ketiak.

 

Menggunakan Cuka Apel

7+ Cara Menghilangkan Gatal pada Tubuh paling Efektif 5

Cuka apel juga dipercaya bisa mengatasi masalah gatal-gatal pada kulit karena adanya sifat antimikroba. Namun, penggunaan cuka apel ini hanya dikhususkan untuk mengobati gatal pada kulit kepala bukan kulit tubuh karena bisa menimbulkan luka.

 

Oles Salep atau Bedak Gatal

Untuk mengurangi rasa gatal yang mengganggu kulit, Anda bisa mengoleskan salep atau bedak gatal. Disarankan sebelum melakukannya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit atau lihat petunjuk penggunaan pada kemasan.

Tujuannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti iritasi kulit ataupun kerusakan kulit lainnya. Bedak mampu menghilangkan rasa gatal karena mampu memberikan rasa dingin pada kulit.

 

Baca juga : cara menghilangkan bau ketiak.

 

Bilamana cara menghilangkan gatal pada tubuh tersebut belum bisa menyelesaikan masalah, saya sarankan untuk berobat ke dokter kulit agar mendapatkan penanganan yang efektif. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar