5+ Jenis Usaha Desain Grafis paling Banyak Dicari

Berbicara soal bisnis desain grafis, bisa dibahas dengan lebih luas. Sebab, tidak hanya satu macam saja desain grafis tetapi terdiri atas beberapa jenis.

Dan hubungannya dengan dunia usaha, semua jenis bisnis graphic design pasti dibutuhkan oleh banyak kalangan. Baik itu personal, pemilik usaha atau UMKM, organisasi, komunitas, hingga perusahaan ternama.

Selain itu dengan mengetahui hal ini juga bermanfaat bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis desain menjadi lebih besar lagi. Untuk lebih jelasnya, mari simak konten ini sampai selesai.

 

Jenis Usaha Desain Grafis paling Banyak Diburu

Desain grafis tergolong sebagai bisnis minim modal. Yang Anda butuhkan setidaknya hanya laptop saja dan bisa dijalankan oleh siapapun, termasuk anak sekolah.

Asalkan memiliki skill dan kemampuan di bidang desain, saya yakin memulai dan mengembangkan usaha desain grafis online maupun offline tidaklah sulit untuk dilakukan.

Bisnis ini juga memiliki prospek yang sangat bagus dan selalu dicari ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Utamanya untuk jenis usaha desain grafis berikut ini.

 

Jasa Pembuatan Logo atau Banner

5+ Jenis Usaha Desain Grafis paling Banyak Dicari 1
sumber : freepik.com

Bisnis jasa ini tergolong yang sering saya pesan dari seorang desainer grafis. Jika Anda jago desain dan bisa mengoperasikan software desain seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, atau Adobe Illustrator, jangan pendam skill Anda buka jasa tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Logo adalah identitas brand atau merek, sedangkan banner biasanya dibutuhkan untuk kepentingan promosi. Perusahaan rintisan banyak yang membutuhkan kedua hal tersebut, dan Anda bisa mencari peluang di sana.

 

Baca juga : contoh pekerjaan freelance yang menjanjikan.

 

Desain dan Cetak Foto

5+ Jenis Usaha Desain Grafis paling Banyak Dicari 2
gambar via Tokopedia

Desain foto juga merupakan bisnis yang menjanjikan. Contohnya seperti desain foto untuk prewedding, foto ulang tahun, foto wisuda, ataupun acara-acara yang lainnya.

Tidak banyak yang Anda butuhkan untuk memulainya. Cukup laptop atau komputer dan juga software untuk mendesain foto yang ada.

 

Baca juga : peluang usaha bidang otomotif.

 

Layout Media Cetak

5+ Jenis Usaha Desain Grafis paling Banyak Dicari 3

Perusahaan Media sangat membutuhkan tenaga desainer grafis dan ini menjadi peluang bagi Anda untuk menawarkan bisnis ini. Tentu saja mereka bakal membayar dengan harga tinggi, bahkan semua peralatannya sudah disiapkan.

 

Baca juga : tips jualan pulsa untuk pemula.

 

Sablon Kaos Digital

5+ Jenis Usaha Desain Grafis paling Banyak Dicari 4
Gambar via Bukalapak

Kalau selama ini Anda sudah menjalankan bisnis sablon kaos konvensional, cobalah untuk merintis usaha sablon digital yang juga dibutuhkan oleh organisasi maupun komunitas.

Dan kini sablon konvensional perlahan sudah mulai ditinggalkan karena harganya yang lebih mahal. Itulah alasan mengapa Anda wajib mencoba menjalankan bisnis sablon kaos digital.

 

Desain Kartu Nama

5+ Jenis Usaha Desain Grafis paling Banyak Dicari 5

Bisnis desain kartu nama bisa dijalankan oleh siapa saja, bahkan oleh pemula sekalipun. Pembuatan kartu nama tergolong cukup mudah, terlebih lagi bagi orang-orang yang familiar dengan aplikasi desain.

Apakah kartu nama banyak dibutuhkan? Tentu saja iya. Kartu nama merupakan identitas penting bagi orang maupun perusahaan sebagai informasi agar mudah dihubungi.

 

Desain Website atau Blog

Selain kemampuan mendesain gambar, untuk menjalankan bisnis yang satu ini diperlukan kemampuan koding terutama seputar HTML, CSS, dan juga JavaScript. Istilahnya adalah web designer yang tugasnya adalah membuat desain situs yang responsif dan nyaman dilihat oleh siapa saja.

Selain membutuhkan laptop/komputer dan software desain, Anda juga memerlukan software untuk kepentingan coding salah satunya adalah notepad.

Banyak sekali yang membutuhkan jasa seperti ini. Termasuk perusahaan yang memiliki website sendiri tentunya ingin tampilan websitenya menjadi semakin bagus dan enak dipandang oleh klien atau pengunjungnya.

 

Baca juga : jasa promosi website terbaik.

 

Desain Sosial Media

Sosial media saat ini menjadi ladang untuk mendapatkan penghasilan. Untuk itu, diperlukan tampilan yang sangat bagus. Karena hal itulah banyak selebgram, influencer, buzzer yang membutuhkan jasa desain sosial media untuk mempercantik tampilan akun sosmednya.

Bisa dicoba untuk Anda yang jago menggunakan aplikasi Photoshop atau sejenisnya dan lebih bagus lagi jika Anda memiliki kemampuan copywriting.

 

Baca juga : jenis usaha bidang pariwisata.

 

Itulah beberapa jenis-jenis usaha desain grafis yang bisa Anda jalankan. Bisnis tersebut bisa ditawarkan di mana saja, baik itu sosial media maupun situs freelancer Indonesia. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar