4+ Tips Jualan Pulsa untuk Pemula agar Lebih Menguntungkan

Tips jualan pulsa untuk pemula

Jualan pulsa merupakan salah satu dari sekian banyak peluang usaha yang menguntungkan. Tak cuma bisa untung saja, tetapi juga sangat mudah dilakukan. Bahkan oleh pelajar sekalipun. Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang peluang usaha untuk anak SMA, dimana salah satunya adalah bisnis jual pulsa.

Mengapa bisnis pulsa ini harus anda jalankan? Alasannya simple, karena pulsa adalah kebutuhan setiap orang saat ini. Siapapun baik anak-anak, remaja, orang dewasa, maupun lansia yang memiliki ponsel pasti membutuhkan pulsa untuk bisa telpon, sms-an, chatting, ataupun mengakses internet. Tanpa pulsa, semua hal tersebut tidak dapat dilakukan.

Memang tidak semua orang memiliki hp, jika dibandingkan dengan orang-orang yang sudah mempunyai handphone perbandingannya sangat jauh sekali. Bahkan jumlah pengguna ponsel di Indonesia mencapai 371,4 juta pengguna atau 142% dari total populasi (data 2017). Satu orang bisa memegang lebih dari 1-2 telepon seluler. Jadi, kepemilikan ponsel seseorang bisa dijadikan ladang bisnis untuk meraih keuntungan dan pendapat, dimana salah satunya adalah dengan berbisnis pulsa elektrik.

Saya pun pernah menjalankan usaha ini ketika SMA. Dan alhamdulilah dari penghasilan bisnis ini bisa meringankan sedikit beban orang tua yang telah berusaha keras mencari uang untuk biaya sekolah kita. Dan berbisnis menurut saya adalah salah satu cara terbaik untuk meringankan beban yang dimiliki oleh kedua orang tua saya.

 

Cara Memulai Bisnis Pulsa

Memulai berjualan pulsa tidaklah sulit untuk dilakukan. Bahkan modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Anda tak harus memiliki ponsel cerdas (smartphone) untuk menjalankan bisnis ini. Dengan hp jadul pun bisa berbisnis pulsa. Intinya, modal yang dibutuhkan sama sekali tidak memberatkan kamu.

 

Jadi, bagaimana memulainya?

 

Daftar dan Isi Saldo di Server Pulsa

4+ Tips Jualan Pulsa untuk Pemula agar Lebih Menguntungkan 1

Mendaftar dan mengisi saldo adalah langkah awal yang wajib kamu lakukan sebelum bisa berjualan pulsa. Nantinya saldo inilah yang digunakan untuk mengirimkan pulsa ke pelanggan. Kamu bisa membelinya secara online maupun offline. Tetapi saya sarankan beli secara offline di wilayah kamu, tanya saja kepada keluarga atau tetangga yang pernah atau sedang berjualan pulsa pasti mereka mengetahui dimana lokasi tempat pengisian saldo pulsa.

Apalagi untuk kalian yang masih sekolah dan belum memiliki rekening sudah pasti tidak bisa membeli saldo secara online. Selain itu, jika terjadi masalah kedepannya komplain akan jadi lebih mudah. Kamu tinggal telpon saja cs server pulsa tersebut atau mendatangi langsung tempatnya.

Berhati-hatilah dalam memilih server pulsa. Mengingat saat ini sudah banyak yang abal-abal hingga akhirnya membuat banyak penjual pulsa yang tertipu. Pastikan memilih layanan Server pulsa dengan beberapa kriteria seperti berikut :

Baca juga  4 Manfaat Domain untuk Bisnis yang Luar Biasa

 

  • Cek Track dan Recordnya

Penting bagi kamu untuk mengecek bagaimana track record dari penyedia server pulsa tersebut. Pastikan kredibilitasnya baik dan tidak pernah tersandung masalah serius dengan pelanggan. Sebelum memesan, kamu bisa melihat atau menanyakan terlebih dahulu mengenai testimoni dari pelanggan yang lainnya.

Oh ya, akan lebih baik lagi bagi kamu memilih layanan server pulsa yang telah berbentuk PT/CV. Tentunya penyedia Server pulsa yang sudah berupa perusahaan sangat jauh lebih kredibel. Selain itu bila perlu, cek lokasi untuk memastikan apakah perusahaan tersebut benar-benar ada.

 

  • Pelayanan yang Baik

Tentu siapapun yang jadi pembelinya, sangat ingin mendapatkan pelayanan yang baik bukan? Untuk itulah, sebelum anda benar-benar jualan pulsa pilihlah terlebih dahulu penyedia server pulsa yang memiliki customer service yang bisa memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggannya.

Idealnya memang pelayanan server pulsa adalah 24 jam penuh. Namun saya rasa, layanan support 20 jam itu sudah bagus. Jangan pilih penyedia server yang tidak ramah terhadap pelanggan dan tidak cepat dalam merespon setiap pertanyaan, kritik, maupun problem dari pelanggan.

 

  • Harga Murah

Memilih server pulsa dengan harga murah perlu dilakukan jika anda ingin mendapatkan  keuntungan yang lebih bagus. Kamu bisa melakukan riset dan survei harga terlebih dahulu sebelum memutuskan semuanya. Biasanya antara penyedia satu dengan yang lainnya pasti memiliki perbedaan harga.

Namun, janganlah hanya memilih yang murah saja. Pilihlah juga yang sebanding dengan kualitas dan pelayanan yang diberikan. Jangan sampai tergiur dengan harga murah tetapi justru berujung penipuan. Bukannya untung, tetapi malah menjadi rugi.

 

  • Pilih yang Gratis Pendaftaran

Sebelum saldo kamu diisi deposito pulsa, pendaftaran sebagai member harus dilakukan terlebih dahulu. Biasanya mereka akan meminta data-data kita. Seharusnya ini gratis dan tanpa biaya administrasi apa-apa. Mayoritas penyedia server pulsa sudah menggratiskan biaya pendaftaran.

Jika kamu masih menemukan agen pulsa yang menarik biaya pendaftaran, lebih baik tinggalkan saja. Membayar biaya pendaftaran hanya akan menambah beban modal saja untuk berjualan pulsa. Jika yang gratis sudah bagus, mengapa harus memilih yang berbayar?

 

  • Pilih yang Banyak Produk

Banyak produk? Bagaimana maksudnya min? Begini, memang disini kita membahas tentang tips jualan pulsa untuk pemula namun agen pulsa biasanya tidak hanya menyediakan layanan pulsa saja tetapi juga paket internet dan tagihan yang lainnya. Dengan banyaknya layanan tentunya membuat pelanggan membeli segala kebutuhan pulsa, paket internet, token listrik, dan tagihan lainnya kepada kamu.

 

  • Pilih Server yang Tidak Sering Gangguan

Jika kamu di posisi pembeli, tentu sangat kesal bukan apabila pulsa yang telah kita beli lama Masuknya? Apalagi kita sangat membutuhkannya saat itu. Sebenarnya keterlambatan ini disebabkan karena server yang sedang bermasalah. Siapapun penjual pulsa pasti pernah mengalami hal ini.

Tak ada server yang sempurna, pasti pernah gangguan walaupun sekali atau dua kali saja. Namun jika terlalu sering tentu bukanlah sesuatu yang bagus. Sebelum memulai berjualan pulsa, pastikan kamu mengisi saldo di penyedia yang mempunyai server yang bagus sehingga jarang sekali gangguan. Ini penting, demi kenyamanan pelanggan kamu.

Baca juga  Merealisasikan Resolusi Bisnis 2019 Bersama Ralali.com

 

  • Pilih yang Mudah Transaksinya

Lagi-lagi ini soal kenyamanan. Transaksi yang mudah bisa dilakukan dengan beberapa hal yaitu melalui SMS, telegram, website dan aplikasi android. Menurut saya, penting bagi kamu untuk memilih agen pulsa yang mendukung kemudahan transaksi seperti itu. Transaksi bisa jadi lebih cepat sehingga pembeli pun akan merasa puas.

 

  • Pilih yang Menawarkan Banyak Keuntungan yang Menarik

Sebenarnya, ketika menjual pulsa kita sudah mendapatkan pulsa tersebut (dengan catatan pulsanya laku ya). Biasanya 1 pulsa denom 10 ribu untungnya 1500 – 2000). Jumlah ini dapat dikatakan sedikit, apalagi jika pulsa tidak laku. Tapi tak perlu khawatir, kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan cara lainnya.

Salah satunya adalah dari sistem downline. Kamu akan mendapatkan komisi jika berhasil mendapatkan downline dan juga membeli saldo langsung di kamu. Dengan sistem tersebut maka keuntungan yang didapat semakin cepat dan jauh lebih besar. Kamu bisa memilih layanan server pulsa yang menawarkan sistem tersebut, karena hasilnya pasti lebih menggiurkan. Menarik bukan?

Berkaitan dengan pengisian saldo sendiri, sejatinya kamu bisa mengisinya dengan 50 ribu saja. Namun supaya tidak terlalu sering bolak balik untuk mengisi saldo, lebih baik isi saja dalam jumlah yang cukup banyak. Menurut pengalaman Mimin, 200 ribu itu sudah ideal. Kamu bisa mengisinya lebih banyak lagi jika memiliki modal yang lebih besar.

 

Mulai Berjualan Pulsa

4+ Tips Jualan Pulsa untuk Pemula agar Lebih Menguntungkan 2
Gambar via hipwee

Sekarang saatnya kamu mulai berjualan. Sebagai langkah awal, tawarkan terlebih dahulu ke kelurga kamu, selanjutnya ke tetangga kamu, berikutnya ke teman kamu. Jangan lupa manfaatkan juga sosial media untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Kamu bisa memanfaatkan Facebook dan juga Instagram yang notabene merupakan sosial media dengan jumlah pengguna paling banyak.

Cara kerja bisnis pulsa ini sangat mudah sekali. Dari saldo yang telah kamu beli, saldo itulah yang dipakai dan dikirimkan kepada pembeli. Apabila kamu belum paham, coba simak penjelasannya di bawah ini :

Anggap saja, kamu telah mengisi saldo sebanyak 200 ribu rupiah dan pembeli pertamamu membeli pulsa denom 10 ribu. Itu berarti saldo kamu sekarang tersisa sekitar 190 ribu rupiah. Tapi, harganya bukan 10 ribu pas ya, ada yang 9800, 9900, 10100, 10500 pokok intinya jika dibulatkan masih 10 ribu. Beda operator seluler maka beda pulsa harga beli pulsanya.

Jadi dapat diestimasikan jika seluruh pelanggan membeli pulsa denom 10 ribu maka butuh 19 kali transaksi plus 1 transaksi pulsa 5 ribu untuk menghabiskan saldo tersebut. Dan jika ingin mengisinya lagi, harus di tempat kamu mendaftar menjadi agen pulsa sewaktu itu. Nah, sampai saat ini udah dapat gambaran besarnya kan?

 

Beberapa Tips Jualan Pulsa untuk Pemula

Tips jual pulsa
Sumber gambar : jurnalapps

Bagi kamu yang baru pertama kali menjalani bisnis yang satu ini, sangat penting untuk mengetahui tips-tips dasar berbisnis pulsa untuk meminimalisir kerugian dan juga memperbesar keuntungan. Langsung saja, simak beberapa tips jualan pulsa agar tidak rugi berikut ini :

Baca juga  Daftar Bisnis Paling Laris 2019, Kaum Milinieal Harus Coba!

 

Sukses Tidaknya Kamu Dalam Berjualan Pulsa Dimulai Ketika Mendaftar dan Mengisi Saldo

Dengan Server yang baik, Membuat pulsa sampai ke pembeli dengan begitu cepat. Namun jika lambat masuk maka pembeli akan kecewa. Inilah alasan mengapa pada paragraf-paragraf sebelumnya saya memberikan tips terlebih dahulu memilih Server pulsa terbaik.

Jika pelanggan sudah kecewa, maka kemungkinan besar mereka akan pergi. Akan sulit bagi kamu untuk mengembalikan kepercayaan mereka meskipun masalah pulsa yang terlambat masuk bukan sepenuhnya kesalahan kamu.

 

Jangan Jual dengan Harga yang Terlalu Tinggi

Menjual pulsa dengan harga yang tinggi memang bisa memberikanmu lebih banyak keuntungan. Tapi percayalah, untuk sebuah pulsa masyarakat Indonesia tidak terlalu tertarik dengan harga yang mahal. Ibarat kata, mengapa saya harus keluar uang banyak untuk sekadar membeli pulsa? Lebih baik jual saja sesuai harga pasaran dan kamu tetap mendapatkan keuntungan.

 

Nominal Pulsa Kecil Memberikan Lebih Banyak Keuntungan.

Tips jualan pulsa berikutnya adalah dengan menjual nominal yang kecil supaya bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Bagaimana bisa hal tersebut bisa terjadi? Jadi kurang lebih seperti ini gambarannya.

Anggap saja kamu memiliki saldo sebanyak 100 ribu rupiah. Dan kamu menjual pulsa seharga denom + 2k. Pertama, mari kita beranggapan pembeli pulsa kamu semuanya membeli pulsa denom 5 ribu seharga 7 ribu rupiah.

Harga Beli : 5000 x 20 = 100.000

Hasil penjualan : 7000 x 20 = 140.000

Jadi keuntungan yang bisa kamu dapatkan berkisar 40 ribu rupiah. Berbeda halnya jika hanya satu orang yang membeli pulsa 100 ribu, maka keuntungan yang didapatkan hanya 2 ribu saja.

Tentu akan sangat sulit mendapatkan pembeli yang semuanya membeli pulsa dengan nominal kecil. Terkadang juga pasti ada yang membeli pulsa dengan nominal besar. Kamu bisa menargetkan konsumen kelas bawah atau Menengah supaya mendapatkan konsumen yang rutin membeli pulsa bernominal kecil.

 

Sebisa Mungkin Jangan Memberikan Utang Pulsa

Utang pulsa adalah penyebab klasik yang membuat bisnis ini sulit untuk berkembang. Biasanya ada rasa tak enak jika menolak permohonan utang dari orang yang sudah lama kenal dengan kita. Namun bisnis tetaplah bisnis, sebisa mungkin kamu harus menghindari hal ini untuk meminimalisir kerugian.

 

Jangan Lupa Berikan Pelayanan Terbaik

Apapun bisnis yang kamu gelutti, selalu berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Apapun kondisimu, selalu berikan yang terbaik untuk pelanggan. Saat pembeli datang, bersikaplah yang ramah dan sambut dengan nada bersambat. Pebisnis juga harus mendengarkan setiap saran, kritik, dan masukan dari pihak manapun demi kemajuan bisnis yang kini tengah dijalani.

 

Nah itulah beberapa tips jualan pulsa yang dapat kamu lakukan, semoga bermanfaat dan ingatlah utamakan juga kejujuran agar bisnis yang kamu jalankan menjadi lebih barokah. Sekian dan semoga bermanfaat.

Bagikan tulisan ini

Tinggalkan komentar